Google rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dalam Doodle

"Panjat Pinang mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia. Ini untuk mengangkat satu sama lain," tulis Google.

Editor: Taufik
Bagikan:
Google Doodles

Hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-75, tepat hari ini Senin, 17 Agustus 2020, perusahaan teknologi dunia Google merayakannya dalam Doodle. 

Dari laman Doodle, diilustrasikan oleh seniman yang berbasis di Jakarta Martcellia Liunic , merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, yang dikenal secara lokal sebagai Tujuhbelasan (dari bahasa Indonesia untuk "tujuh belas"). 

Pada hari ini di tahun 1945, proklamasi kemerdekaan Indonesia secara resmi menetapkan negara yang memproklamirkan diri di jalan menuju kedaulatan. Semboyan nasional Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika , yang artinya “ Bhinneka Tunggal Ika ”. 

"Karya seni Doodle hari ini menyoroti keragaman yang membentuk kesatuan Indonesia dengan ilustrasi seperti Harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldii (yang mekar terbesar di dunia), hanya beberapa contoh dari keanekaragaman fauna dan flora asli nusantara yang melimpah," tulis dalam halaman resmi Google, Senin (17/8).

Selain itu ditampilkan dalam karya seni adalah penggambaran Panjat Pinang , salah satu permainan liburan paling populer yang mengharuskan tim bekerja sama untuk mencapai puncak tiang licin dan mengklaim hadiah. 

"Lebih dari sekedar permainan, Panjat Pinang mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia. "Ini untuk mengangkat satu sama lain. Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia!," tulis Google.

Seperti diketahui Doodle adalah gambar yang dibuat saat perhatian seseorang didekati. Doodle adalah gambar sederhana yang dapat memiliki makna representasi konkret atau hanya terdiri dari garis acak dan abstrak.

Namun pada umumnya tanpa pernah mengangkat perangkat gambar dari kertas, dalam hal ini biasanya disebut "coretan".
Bagikan:
Komentar

Terbaru