Kurangi kecelakaan pekerja kontruksi, Mahasiswa ITB kembangkan SCSS

H. Muttaqin

Muhammad Sulthan Mazaya dan Muhammad Naufal Aurora ini mengembangkan Smart Camera Surveillance System (SCSS), yaitu sistem kamera pengawas.

Schlumberger Agora Hackathon 2022

D
ua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu Muhammad Sulthan Mazaya dan Muhammad Naufal Aurora berhasil meraih juara 2, bersama dua mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dalam lomba Schlumberger Agora Hackathon 2022, Jumat (23/09/2022) lalu. 

Lomba ini diadakan oleh company Schlumberger, perusahaan minyak dan gas yang saat ini sedang mengembangkan produk baru bernama Agora Gateway.

Muhammad Sulthan Mazaya dan Muhammad Naufal Aurora ini mengembangkan Smart Camera Surveillance System (SCSS), yaitu sistem kamera pengawas yang bertujuan untuk mengurangi kecelakaan saat mengerjakan sebuah proyek pada pekerja kontruksi. 

Karya mahasiswa ini dapat mendeteksi alat pelindung diri (APD), kobaran api, hingga pelanggaran keamanan oleh pekerja.

Mahasiswa Teknik Fisika dan Teknik Perminyakan ITB ini mengaku SCSS dapat mengurangi insiden dengan mengirimkan peringatan kemungkinan adanya kecelakaan sebelum terjadi. Juga, dalam jangka waktu yang panjang penggunaan SCSS lebih menguntungkan secara finansial.

"Lebih dalam lagi, implementasi masing-masing feature meliputi: model detector flare, menggunakan machine learning model dengan arsitektur U-Net dan EfficientNet-B4 sebagai enkoder; serta model detektor equipment dan model detektor breach safe zone menggunakan YOLOv5," jelas Mazaya seperti dilansir TOPIK.ID dari laman resmi ITB.

Sementara itu, berbeda dari IoT gateway lainnya, Agora Gateway dapat melakukan Edge Computing, yaitu penyimpanan pipeline transformasi data yang didapatkan langsung dari sensor. 

Gateway ini bekerja lebih cepat (low latency), lebih aman dan dapat diandalkan karena data tersebut tidak pelu diolah dalam cloud. Dalam hackathon ini, peserta diekspektasikan mengembangkan Edge Application, yaitu pipeline transformasi data yang akan digunakan dalam Agora Gateway.

SCSS terdiri dari dua bagian yaitu The Edge and The Cloud. The Edge merupakan machine learning model yang akan dipasangkan pada Agora Gateway. Bagian ini lah yang memungkinkan pengguna mendapatkan data dari sensor.

Data ini kemudian akan dikirim melalui protokol MQ Telemetry Transport (MQTT) dan disimpan serta ditampilkan secara online dan real time. Saat data dari sensor dianggap berbahaya, maka sebuah peringatan akan dikirimkan ke email yang terdaftar.
Share:
Baca berita berbasis data.

Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks