Anies dan Ganjar paling dicari warganet, siapa teratas?

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, selalu berada di dua teratas dalam berbagai hasil survei.

Taufik author photo
Simpan
iklan
cover | topik.id


Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 masih relatif jauh, setidaknya sudah mulai terlihat siapa yang kira-kira berpeluang dan potensial di kontestasi pemilihan presiden mendatang untuk Indonesia yang lebih baik.

Sejauh ini, nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, selalu berada di dua teratas dalam berbagai hasil survei.

Popularitas dan elektabilitas kedua tokoh tersebut kerap dibandingkan dengan calon-calon lain, sebut saja seperti Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maupun Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dari mana datanya? 

Google Trends dapat melihat apa yang lagi ngetren di Indonesia dengan parameter tiga platform Google, yaitu Google Search, Google News, dan media berbagi video terpopuler di dunia, YouTube.

"Beranda  Google Trends  menampilkan topik-topik yang dikelompokkan yang dideteksi Google terkait dan menjadi tren bersama di Penelusuran, Google Berita, atau YouTube," keterangan di laman Google News Initiative (GNI), halaman khusus yang dibuat Google untuk para jurnalis itu.

Lantas, kenapa Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo paling dicari warganet Indonesia?

penetrasi pencarian Pemilihan umum Presiden Indonesia 2024 | Google Trends

Minat penelusuruan topik 'Pemilihan umum Presiden Indonesia 2024' semangkin meningkat, hal ini dibuktikan dari penetrasi penelusuran warganet Indonesia di halaman pencarian Google. Data itu menunjukan nilai 100 di Provinsi Riau pertanggal 20 November 2022 dengan rentan waktu 19:00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Berikut rinciannya:

1. Kepulauan Riau: Nilai 100
2. Daerah Istimewa Yogyakarta: Nilai 93
3. Sumatera Utara: Nilai 30
4. Jawa Barat: Nilai 4 

Data real-time untuk minat penelusuruan warganet dengan topik 'Pemilihan umum Presiden Indonesia 2024' dapat di lihat secara real-time di sini.

"Angka mewakili minat penelusuran berdasarkan poin tertinggi pada diagram untuk wilayah dan waktu tertentu. Nilai 100 menunjukkan istilah berada di puncak popularitas. Nilai 50 menunjukkan istilah dengan popularitas separuhnya. Nilai 0 menunjukkan tidak tersedia cukup data untuk istilah tersebut," keterangan tertulis di  laman Google Trends dari hasil pencarian itu.

Google Trends juga memungkinkan warganet untuk melihat topik yang sedang diikuti atau tidak diikuti seseorang, hampir dalam waktu nyata (secara real-time). 

"Wartawan dapat menggunakan informasi ini untuk menjelajahi ide cerita potensial, dan juga dapat menampilkan data Trends dalam berita untuk mengilustrasikan tingkat minat umum, katakanlah, kandidat politik, masalah sosial, atau peristiwa," jelas Google kembali.


Namun kali ini, TOPIK.ID mencoba merangkum lebih spesifik dari Google Trends sesuai nama kedua tokoh Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam tujuh hari terakhir.

Parameter yang digunakan kategori 'rakyat & masyarakat', wilayah seluruh Indonesia dengan statistik data ketiga platform Google terpopuler:  Google Search, Google News dan YouTube.

Berikut rangkuman head to head Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam pencarian warganet secara real-time di tiga platform Google paling populer pertanggal 20 November 2022, rentan waktu 19:00 WIB: 
[cut]
Google Trend


1. Penelusuran warganet di Google Search


Dalam hasil statistik yang dihasilkan untuk pencarian di Google Search, Anies Baswedan mendapatkan nilai rata-rata 34 di Google Search dan Ganjar Pranowo dengan nilai rata-rata 24.

Lihat data minat real-time untuk Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam Google Search di sini.

Apa itu Google Search?

Google Penelusuran merupakan mesin pencari web yang dimiliki Google LLC. Google Penelusuran adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya.

Sekian ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan.
[cut]
Google Trend


2. Penelusuran warganet di Google News


Dalam hasil statistik yang dihasilkan untuk Google News (Berita), Ganjar Pranowo unggul dari Anies Baswedan, Ganjar mendapatkan nilai rata-rata 12 dan Anies dengan nilai rata-rata 7.

Lihat data minat real-time untuk Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam Google News di di sini.

Apa itu Google News? 

Google Berita merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. 

Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci yang lebih spesifik.
[cut]
Google Trend


3. Penelusuran warganet di YouTube


Hasil statistik yang dihasilkan untuk di platform berbagi video terpopuler di dunia itu menujukan nilai rata-rata Anies Baswedan 35 dan Ganjar Pranowo dengan nilai 27.

Lihat data minat real-time untuk Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam Platform YouTube di sini.

Apa itu YouTube?

YouTube merupakan platform untuk menonton video secara online paling populer saat ini yang di miliki Google. 

Bahkan platform ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan membagikannya melalui link tautan berbagi video.
Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini