Fakta menarik Chromebook, OS besutan Google semangkin populer

Apa kelebihan Chromebook dari laptop dengan OS Windows lainnya?

Editor: Dharma Putra
Share:
Chromebook |  foto: google.com
Chromebook tidak seperti laptop lain. Perangkat ini hanya menjalankan operasi sistem (OS) Chrome, sistem operasi yang dibuat oleh Google sepenuhnya. 

Seperti penelusuran TOPIK.ID, Sabtu (10/4/2021) dari laman resmi chromebook.com, Google mengutarakan Chrome OS adalah sistem operasi yang cepat, sederhana, dan aman.

Chromebook semangkin populer di tengah pandemi Covid-19, dikutip dari laman Engadget, menurut laporan dari 9to5Google, Canalys memperkirakan bahwa pengiriman Chromebook telah meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2020 dari 14,7 juta laptop menjadi 30,7 juta.

Samsung telah mengirimkan chromebook-nya sebanyak lebih dari empat kali lipat meskipun masih di angka 1,9 juta, sementara Lenovo membuat lompatan serupa menjadi 6,8 juta. 

Pertumbuhan meroket pada kuartal terakhir tahun 2020. Acer yang pengirimannya 'hanya' tumbuh 76% dan Leonovo melonjak secara mengejutkan sebanyak 1.766%.

Lantas apa kelebihan Chromebook dari laptop dengan OS Windows lainnya? berikut ulasannya:




Tombol Segalanya.

Chromebook memiliki Tombol Semuanya. Itu salah satu tombol yang membantu Anda menemukan apa yang Anda butuhkan dengan cepat. Seperti file. Dan aplikasi. Dan jawaban online. Tekan, dan dapatkan yang Anda butuhkan - semuanya dari satu tempat.

Baterai tahan lama.

Bekerja dan bermain hingga 12 jam dengan sekali pengisian daya. Dengan Chromebook, bahkan tidak perlu mengingat pengisi daya.

*Masa pakai baterai dapat bervariasi berdasarkan perangkat dan penggunaan serta kondisi lainnya.

Akses offline.

Tidak ada Wi-Fi, tidak masalah. Dokumen, spreadsheet, presentasi, dan email terbaru semuanya tersedia dengan akses offline. *

*Pra-unduh konten dan aktifkan akses offline untuk dokumen, presentasi, dan email untuk dilihat secara offline nanti.

Layar sentuh.

Geser, ketuk dan gulir sesuai keinginan Anda. Ada banyak Chromebook * yang mendukung layar sentuh.

*Faktor bentuk dan ketersediaan layar sentuh bervariasi menurut perangkat.

Penambatan instan.

Penambatan Instan dengan Chromebook membuat Anda tetap terhubung ke hotspot Wi-Fi ponsel Anda secara otomatis.

Kompatibel dengan Microsoft Office.

Dengan akses ke Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint dari Google Play Store, Anda dapat yakin bahwa Chromebook akan memungkinkan Anda menggunakan perangkat lunak produktivitas yang Anda butuhkan.

Tampilan gambar-dalam-gambar.

Jadilah keajaiban multitasking. Dengan Chromebook, Anda dapat menikmati tampilan gambar-dalam-gambar dengan aplikasi video paling populer. Anda dapat berbelanja online atau membaca email, sementara acara TV favorit Anda atau pertandingan besar diputar di jendela di sudut.

Pencadangan otomatis file Drive.

Pernahkah komputer Anda menjadi korban secangkir kopi? Dengan Chromebook, pembaruan yang Anda lakukan pada Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide dalam Google Drive disimpan secara otomatis saat Anda tersambung ke Internet.

Meja Virtual.

Atur ruang kerja dan multitask Anda dengan lebih mudah dengan Meja Virtual di Chromebook. Pikirkan Meja Virtual sebagai ruang kerja terpisah dalam Chromebook Anda.

Konektivitas LTE.

Dengan konektivitas LTE di Chromebook, * Anda dapat tetap terhubung ke Internet di mana pun Anda berada.

*Ketersediaan LTE bervariasi menurut perangkat.


Pengaturan sederhana.

Menyiapkan Chromebook baru Anda itu mudah. Cukup masuk ke Akun Google Anda dan Anda akan menemukan semua file Google Drive dan preferensi Chrome di Chromebook baru Anda.


Keamanan.

Keamanan, ada di dalamnya.
Dengan fitur seperti perlindungan virus di dalamnya dan dukungan aman untuk banyak pengguna, Chromebook menjaga Anda dan data Anda tetap terlindungi.

Sandboxing.

Chrome OS memisahkan perangkat lunak yang berbeda di Chromebook Anda dengan Kotak Pasir. Jadi, meskipun satu bagian terinfeksi, bagian lainnya dirancang agar tetap aman.

Booting terverifikasi.

Setiap kali Chromebook Anda dinyalakan, Chromebook menjalani Boot Terverifikasi - pemeriksaan keamanan yang ketat dan mulus di latar belakang yang mencegah perangkat lunak jahat.

Chip Keamanan.

Setiap Chromebook menyertakan chip keamanan bawaan untuk mengenkripsi data Anda yang paling sensitif dan menjauhkannya dari pengintai. Ketahuilah bahwa Chromebook Anda akan tetap aman.

Perlindungan virus bawaan.

Perlindungan virus yang ada di dalamnya melindungi Chromebook Anda dari malware secara otomatis. Anda dapat fokus pada apa yang perlu Anda lakukan, daripada menginstal perangkat lunak keamanan pihak ketiga.

Mode Tamu.

Mode Tamu memungkinkan Anda berbagi Chromebook dengan teman tanpa memberi mereka akses ke login Anda. Tamu tidak akan melihat file apa pun yang disimpan di akun pengguna lain. Dan setelah keluar, riwayat atau file lokal mereka tidak akan disimpan - sesuai desain.

Powerwash.

Jika terjadi kesalahan yang jarang terjadi, permulaan baru hanya dengan sekali klik. Dengan fitur powerwashing di Chromebook, Anda dapat dengan mudah mengatur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik dan menghilangkan malware dalam prosesnya.

Dukungan multi-pengguna.

Bagikan Chromebook, tanpa membagikan apa yang bersifat pribadi - satu Chromebook dapat mendukung banyak pengguna sambil menjaga privasi setiap orang.
Share:
Komentar

Terbaru