5 Negara termuda di dunia dan catatan kelam sejarah Indonesia

Di antara daftar negara termuda di dunia ini, salah satunya menjadi catatan sejarah kelam Indonesia, di mana wilayah tersebut terpisah dari NKRI.

Dharma Putra author photo
Simpan
iklan
cover | topik.id


Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat ada sekitar 195 negara yang diakui secara resmi. Dari total 195 negara di dunia tersebut tersebar di enam benua.

Di antaranya 48 negara di Benua Asia, 33 negara di benua Amerika Latin, 54 negara di benua Afrika, 44 negara di benua Eropa, dua negara di benua Amerika Utara, dan 14 negara di Osenia.

Data PBB.
Dari daftar negara benua di atas, ada yang telah berdiri sejak ribuan tahun seperti Mesir sebagai negara tertua di dunia. Negara ini sudah memiliki peradaban kuno pada tahun 6000 SM. 

Di masa tersebut, Mesir Hulu dan Hilir Bersatu dan dipimpin oleh raja Menes. Menes merupakan sebutan untuk pendiri Mesir.

Namun, ada juga beberapa negara yang baru merdeka dan berdaulat dalam beberapa tahun terakhir dan masuk daftar negara termuda di dunia. 

Lantas, di antara daftar negara termuda ini salah satunya menjadi catatan sejarah kelam Indonesia, di mana wilayah tersebut terpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Berikut deretan 5 negara termuda di dunia dan catatan kelam sejarah Indonesia yang dirangkum TOPIK.ID, Sabtu (22/10/2022).
[cut]
Timor Laste

1. Timor Leste (2002).

Timor Leste, atau secara resmi bernama Republik Demokratis Timor Leste, yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, merupakan sebuah negara di Asia Tenggara. 

Negara ini berada di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor.

Timor Leste masuk daftar sebagai negara termuda di dunia yang letaknya sangat berdekatan dengan Indonesia. Negara ini mencakup area seluas 15.007 kilometer persegi.

Negara ini memiliki sejarah panjang penjajahan oleh bangsa lain. Antara tahun 1500-an hingga 1975.

Setelah terbebas dari Portugal, lantas Indonesia mengakui wilayah tersebut sebagai provinsi ke-27. 

Baru pada 20 Mei 2002, Timor Leste memperoleh kemerdekaannya dan secara resmi terpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang menjadi catatan kelam sejarah Indonesia.

Dalam referendum yang ditengahi PBB pada tahun 1999, mayoritas rakyat Timor Leste memilih merdeka dari Indonesia.

Pasca referendum tahun 1999, Timor Leste pada tahun 2002 resmi menjadi negara merdeka dan berdaulat yang diakui secara resmi di dunia.
[cut]
Montenegro

2. Montenegro (2006).

Sama seperti Kosovo, Montenegro terletak di Semenanjung Balkan Eropa. Montenegro berdiri di atas area seluas 13.812 kilometer persegi dengan populasi sebanyak 678.931 jiwa.

Setelah Yugoslavia dibubarkan pada tahun 1992, Montenegro bergabung dengan Serbia dan membentuk Republik Federal Yugoslavia yang tak diakui oleh PBB. Pada tahun 2003, republik ini berubah nama menjadi Serbia dan Montenegro.

Montenegro dipisahkan dari Serbia melalui referendum pada 23 Mei 2006. Kala itu, lebih dari 55 persen penduduk Montenegro memilih untuk merdeka.

Negara yang masuk daftar negara termuda di dunia ini secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya pada 3 Juni 2006 dan telah diakui secara resmi oleh Uni Eropa dan menjadi anggota tetap PBB.
[cut]
Serbia

3. Serbia (2006).

Serbia berada di urutan ketiga daftar negara termuda di dunia. Serbia merupakan sebuah negara di Benua Eropa yang berdiri di atas area seluas 88.361 kilometer persegi. 

Namun, luasan wilayah ini masih diperdebatkan karena Serbia tidak mengakui kemerdekaan Kosovo.

Tak termasuk Kosovo, Serbia memiliki populasi penduduk sekitar lebih dari 6,908 juta jiwa (2020). 

Setelah Yugoslavia dibubarkan, Serbia membangun satu wilayah politik dengan Montenegro. Kedua negara tersebut kemudian resmi berpisah pada 3 Juni 2006
[cut]
Kosovo

4. Kosovo (2008).

Kosovo menjadi salah satu negara termuda di dunia yang resmi berdiri pada 2008 lalu. (Photo by Armend NIMANI / AFP)

Kosovo terletak di Semenanjung Balkan Eropa. Negara ini mencakup area seluas 10.887 kilometer persegi dengan populasi lebih dari 1,873 juta jiwa (2020).

Salah satu negara termuda di dunia ini memproklamirkan kemerdekaannya pada Februari 2008 dari Serbia. Kemerdekaan Kosovo telah diperdebatkan dan hanya diakui secara resmi oleh 110 dari 193 anggota PBB.

Sebelumnya, Kosovo dianggap sebagai wilayah politik yang terpisah di bawah Kekaisaran Ottoman. Namun, saat kekaisaran itu jatuh pada 1913, Kosovo terbagi antara Montenegro dan Serbia.

Setelah Perang Dunia I, semua negara ini menjadi bagian dari Yugoslavia. Di bawah Yugoslavia, Kosovo dianggap sebagai wilayah otonom.
[cut]
Sudan Selatan

5. Sudan Selatan (2011).

Sudan Selatan merupakan negara termuda di dunia. Resmi didirikan pada 9 Juli 2011.

Negara Sudan Selatan memiliki area seluas 619.745 kilometer persegi dengan populasi sekitar 13,7 juta jiwa pada tahun (2021).

Negara termuda di dunia ini resmi berdiri setelah puluhan tahun berkonflik dengan Sudan.

Kendati telah dianggap merdeka, namun konflik antara Sudan dan Sudan Selatan masih terus berlangsung. 

Perang saudara yang terjadi sejak 2013 lalu menewaskan sekitar 300 ribu orang dan membuat 3 juta orang lainnya mengungsi.
Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini