5 Fakta Benua Asia dan polemik panjang geografis secara politik

Hendrik Syahputra

Daftar negara di Asia Barat atau dikenal pula dengan sebutan Timur Tengah hingga kini menjadi polemik panjang dalam wilayah geografis Benua Asia.

cover | topik.id


Timur Tengah merupakan wilayah yang secara politik, budaya dan geografis bagian dari Benua Asia Barat, atau Afrika-Eurasi.

Wilayah ini memiliki beragam suku, dan budaya termasuk suku Yahudi, Yunani, Berber, Assyria, Turki dan Kurdi.

Mengenai daftar negara di Asia Barat atau dikenal pula dengan sebutan Timur Tengah hingga kini menjadi polemik panjang dalam wilayah geografis Benua Asia.

Pusat dari wilayah ini adalah daratan di antara Laut Mediterania dan Teluk Persia serta wilayah yang memanjang dari Anatolia, Jazirah Arab dan Semenanjung Sinai.

Batas Wilayah Asia Barat:

Barat: Berbatasan dengan Benua Afrika dan Terusan Suez.
Timur: Berbatasan dengan Kawasan Asia Tengah dan Asia Selatan.
Utara: Berbatasan dengan Pegunungan Kaukasus dan Benua Eropa.
Selatan: Berbatasan dengan Samudera Hindia, Teluk Benggala, dan Laut Andaman.

Melansir dari laman Wikipedia, para ahli geografi terusik dengan sebutan 'Timur Tengah' yang lebih populer daripada istilah 'Asia Barat'. 

Negara seperti India lebih suka menggunakan istilah 'Asia Barat', kemungkinan karena istilah 'Timur Tengah' lebih condong istilah ke-Eropaan. 

Ada kalangan yang menganggap Timur Tengah juga meliputi negara-negara di bagian Afrika Utara atau paling tidak negara Mesir saja. 

Turki di Benua Asia bagian Barat atau Eropa?

Secara politik Turki (Türkiye) kini berperan penting dalam wilayah Eropa, Turki sebuah negara kesatuan dengan sistem presidensial di kawasan Eurasia. 

Melansir dari laman VOA, Presiden Turki, Tayyip Erdogan, menegaskan negaranya menganggap diri sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Eropa, tetapi tidak akan menyerah pada serangan dan standar ganda. Turki adalah kandidat resmi untuk keanggotaan Uni Eropa.

"Kami melihat diri kami sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Eropa. Tetapi, ini tidak berarti bahwa kami akan tunduk pada serangan terbuka terhadap negara dan bangsa kami, ketidakadilan terselubung dan standar ganda," tegas Erdogan dalam pidato kepada anggota Partai AK.
Namun, secara geografis wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Laut hingga daerah Balkan di Eropa Tenggara.

Sebagian besar wilayah Turki berada di wilayah Asia dan hanya sebagian kecil wilayahnya yang berada di daratan Eropa. 

Daratan Turki yang berada di Asia terletak di sebuah wilayah yang dikenal sebagai Anatolia atau Asia Kecil.

Namun, sebagian kecil wilayah Turki terletak di wilayah yang dikenal sebagai Thrace, yang merupakan sudut tenggara Semenanjung Balkan. Di sinilah ditemukan bagian dari kota terbesar Turki yaitu Istanbul. 

Kendati begitu, Turki telah lama berperan dalam sejarah Eropa. Faktanya, wilayah Turki pernah terbentang jauh ke Eropa selama puncak Kesultanan Utsmaniyah.

Meskipun Turki sekarang hanya menempati sebagian kecil dari Eropa saat ini, pengaruh politik Turki masih terlihat di benua itu. 

Turki juga telah mengadopsi banyak unsur budaya Eropa, dan telah mensetarakan diri dengan Barat secara politik dan ekonomi. 

Lantas, negara-negara mana saja yang termasuk pembagian wilayah Asia Barat dan Timur Tengah secara politik global dari bagian Benua Asia? Berikut faktanya.
[cut]
cover | topik.id

1. Asia Barat.

Asia Barat terletak di wilayah antara Asia Tengah dan Afrika, sebelah selatan Eropa Timur. Sebagian besar wilayah tersebut sering disebut sebagai Timur Tengah, meskipun secara geografis tidak termasuk daratan Mesir (yang secara budaya dianggap sebagai negara Timur Tengah). 

Asia Barat secara politik terbagi menjadi 19 negara: Georgia, Armenia, Azerbaijan, Turki, Siprus, Suriah, Lebanon, Israel, Palestina, Yordania, Irak, Kuwait, Bahrain, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Iran dan Yaman. 

Pembagian ini juga termasuk Semenanjung Sinai Mesir. Wilayah ini mencakup luas total sekitar 2,415 juta mil persegi dan memiliki jumlah populasi 313,428 juta.

Negara-Negara di Asia Barat (Timur Tengah):

1. Arab Saudi - Riyadh

2. Armenia - Yerevan

3. Azerbaijan - Baku

4. Bahrain - Manama

5. Georgia - Tbilisi

6. Iran - Tehran

7. Irak - Baghdad

8. Israel - Tel Aviv

9. Kuwait - Kuwait City

10. Turki - Ankara

Daftar Negara di Kawasan Asia Barat.

11. Lebanon - Beirut

12. Oman - Muscat

13. Palestina - Ramallah

14. Qatar - Doha

15. Siprus - Nicosia

16. Suriah - Damaskus

17. Uni Emirat Arab - Abu Dhabi

18. Yaman - Sanaa

19. Yordania - Amman

2. Asia Tengah.

Asia Tengah berada di sebelah barat China, selatan Rusia, dan utara Afghanistan. Perbatasan barat wilayah ini membentang di sepanjang Laut Kaspia. 

Asia Tengah secara politik dibagi menjadi 5 negara: Tajikistan, Uzbekistan, Kazakhstan, Turkmenistan, dan Kyrgyzstan. 

Mengingat bahwa nama masing-masing negara ini diakhiri dengan "-stan", Asia Tengah terkadang secara informal disebut sebagai "The Stans". 

Wilayah ini mencakup luas total 1.545.741 mil persegi dan memiliki ukuran populasi lebih dari 69,78 juta orang. 

Asia Tengah memainkan peran penting dalam pengangkutan barang antara Tiongkok dan Eropa selama era perdagangan Jalur Sutra.
[cut]
cover | topik.id

3. Asia Timur.

Asia Timur, salah satu dari lima wilayah Asia, terletak di sebelah timur Asia Tengah, dengan perbatasan timurnya membentang di sepanjang Laut China Timur. 

Asia Timur secara politik dibagi menjadi 8 negara dan wilayah: China, Mongolia, Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Taiwan, dan Makau. 

Wilayah ini mencakup luas total 4.571.092 mil persegi dan memiliki jumlah populasi lebih dari 1,641 miliar, yang mewakili 22% dari populasi global dan 38% dari total populasi Asia. 

Banyak penduduk Asia Timur terkonsentrasi di wilayah metropolitan utama seperti Beijing dan Tokyo.

Geografi Asia Timur bervariasi tergantung pada zonanya. Wilayah benua bagian dalam mengalami iklim sedang.

Sementara itu, Mongolia ditutupi oleh gurun Gobi yang gersang. China, negara terbesar di kawasan ini, adalah tempat bagi pegunungan dan dataran tinggi, sedangkan Jepang dicirikan oleh ribuan pulau dan garis pantai. 

Saat ini, Asia Timur memiliki beberapa teknologi tercanggih dan mempuni di dunia, yang mendorong pembangunan ekonomi di negara-negera tersebut.

4. Asia Selatan.

Asia Selatan memiliki bentuk seperti semenanjung yang dibatasi oleh tiga perairan: Samudra Hindia di selatan, Teluk Benggala di timur, dan Laut Arab di barat. 

Wilayah ini mencakup anak benua India dan negara-negara sekitarnya. Asia Selatan secara politis terbagi menjadi 8 negara: Sri Lanka, Bangladesh, India, Afghanistan, Pakistan, Bhutan, Nepal dan Maladewa. 

Wilayah ini mencakup luas total sekitar dua juta mil persegi dan memiliki ukuran populasi lebih dari 1,74 miliar, yang hampir seperempat dari populasi global. 

Selain itu, Asia Selatan memiliki perbedaan sebagai daerah dengan populasi terpadat di dunia.

5. Asia Tenggara.

Asia Tenggara terletak di utara Australia, selatan Asia Timur, barat Samudra Pasifik, dan timur Teluk Benggala. 

Ini mencakup beberapa negara kepulauan dan kepulauan yang membentang antara belahan utara dan selatan, menjadikannya satu-satunya wilayah Asia yang terletak di kedua sisi garis khatulistiwa. 

Asia Tenggara secara politik dibagi menjadi 11 negara: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Asia Tenggara mencakup luas total 1.735.121 mil persegi dan memiliki ukuran populasi lebih dari 641 juta orang. 

Geografi Asia Tenggara dicirikan oleh sejumlah besar kepulauan. Kepulauan Indonesia adalah yang terbesar di dunia dan merupakan tempat bagi jumlah gunung berapi aktif terbesar di dunia. 

Pentingnya kawasan ini dalam perdagangan global dimulai selama perdagangan rempah-rempah, yang dimulai sebelum eksplorasi Eropa. Saat ini, ekonomi Asia Tenggara berkembang pesat. 

Indonesia dianggap sebagai ekonomi terbesar di kawasan ini dan merupakan satu-satunya anggota G20 di Asia Timur.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks