5 Negara komunis yang tersisa di muka bumi, mayoritas di Asia

Hendrik Syahputra

Komunis mulai runtuh dan pudar seperti ditelan zaman dengan keterbukaan informasi global. Saat ini, hanya ada lima negara tersisa.

cover | topik.id


Komunisme atau komunis dalam pandangan umum, merupakan parameter ideologi yang terkait dengan filsafat, politik, sosial dan ekonomi yang tujuan utamanya menciptakan kesetaraan masyarakat dengan aturan sosial ekonomi.

Melansir dari laman wikipedia, ideologi komunis mengambil istilah komunisme sering dikombinasikan dengan komunis internasional. 

Hal itu berdasarkan kepemilikan bersama, salah contoh seperti alat produksi dan tidak adanya kelas sosial.

Komunisme atau Marxisme merupakan ideologi dasar yang umumnya digunakan oleh partai komunis di seluruh dunia. 

Sementara itu, komunisme internasional merupakan racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut "Marxisme–Leninisme".

Memang, negara-negara komunis semuanya telah memperkenalkan setidaknya beberapa reformasi pada sektor ekonomi untuk menjadikan negaranya lebih kapitalis dan sosialis. 

Namun, pada akhir 1980-an dan awal 90-an, komunis mulai runtuh dan pudar seperti ditelan zaman dengan kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi global. Saat ini, hanya ada lima negara di dunia yang berideologi komunis. 

Negara-negara tersebut mayoritas berada di Benua Asia, siapa saja? Berikut lima negara komunis yang tersisa di muka bumi yang dirangkum TOPIK.ID, Senin (5/12/2022).
[cut]
Bendera Vietnam 

1. Vietnam.

Vietnam, bernama lengkap Republik Sosialis Vietnam adalah negara di Asia Tenggara Daratan. Vietnam berbatasan dengan Tiongkok di utara, Laos di barat laut, Kamboja di barat daya, dan dengan Laut Tiongkok Selatan di timur. Laut Tiongkok Selatan di Vietnam disebut Laut Timur.

Vietnam berada di Benua Asia, tepatnya bagian Asia Tenggara, negara ini telah diperintah oleh rezim komunis sejak 1975, ketika negara itu dipersatukan kembali setelah Perang Vietnam. 

Negara ini adalah negara satu partai, diperintah oleh Partai Komunis Vietnam. Tidak seperti Korea Utara, bagaimanapun, komitmen rezim terhadap ideologi komunis sekarang sangat minim. 

Pada tahun 1986, Vietnam memperkenalkan kebijakan yang dikenal sebagai Doi Moi , yang berupaya mengubah ekonomi negara dari ekonomi komunis yang direncanakan secara terpusat menjadi ekonomi yang lebih kapitalis dan digerakkan oleh pasar.

Sejak reformasi ekonomi berlangsung, pertumbuhan ekonomi di negara itu meroket tajam. Meski demikian, Partai Komunis Vietnam terus memonopoli kekuasaan di negara tersebut. 

Dengan demikian, Vietnam secara resmi tetap menjadi kediktatoran komunis, tetapi ideologi komunis telah ditinggalkan.
[cut]
Bendera Laos

2. Laos.

Tetangga barat Vietnam, Laos, telah memiliki rezim komunis sejak 1975. Partai komunis negara itu dikenal sebagai Partai Revolusi Rakyat Laos (LPRP). 

Laos berada di Benua Asia, tepatnya bagian Asia Tenggara, tidak seperti rezim komunis lainnya, pemerintah Laos tidak mengakui komunisme secara terbuka.

Faktanya, kata 'komunisme' tidak muncul dalam dokumen resmi, juga tidak ada negara yang dipenuhi patung pemimpin komunis seperti Marx dan Lenin. 

Ranah politik di Laos dikenal sangat rahasia, dengan tidak ada seorang pun di luar rezim yang benar-benar mengetahui apa yang terjadi di koridor kekuasaan.

Seperti Vietnam, Laos memperkenalkan reformasi ekonomi pada tahun 1986. Sejak saat itu, Laos menikmati pertumbuhan ekonomi yang stabil dan pengurangan kemiskinan yang signifikan. 

Pada tahun 1991, negara mengadopsi konstitusi yang seharusnya menjamin hak asasi manusia. Tetapi beberapa hak, seperti hak untuk hidup, kebebasan berekspresi, kebebasan berkumpul, kebebasan dari penangkapan sewenang-wenang. 

Selain itu kebebasan dari penyiksaan juga tidak termasuk dalam konstitusi, begitu pula hak atas peradilan yang adil atau peradilan yang independen.

Dalam praktiknya, tantangan terhadap kekuatan LPRP tidak diperbolehkan, dan dengan cepat dipadamkan. Seperti halnya di negara-negara komunis lainnya, rezim mempertahankan kontrol ketat atas media negara. 

Dengan demikian, ia mengontrol sebagian besar media, meskipun dalam beberapa tahun terakhir, beberapa majalah hiburan yang tidak memuat konten politik telah muncul. 

Penggunaan media sosial juga meluas, namun pemerintah memantaunya untuk setiap konten yang mereka anggap negatif. Memposting konten semacam itu dapat menyebabkan hukuman. 
[cut]
Bendera Korea Utara

3. Korea Utara.

Korea Utara terletak di Asia Timur di wilayah utara Semenanjung Korea. Korea Utara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok yang dipisahkan oleh Sungai Amnok.

Perbatasan dengan Rusia oleh Sungai Duman serta Korea selatan oleh Zona Demiliterisasi Korea. Laut Kuning berada di sebelah barat dan Laut Jepang di sebelah timur.

Tidak ada negara lain dengan karakter kuat pada ideologi komunis melebih negara Korea Utara. Negara ini menganut jenis komunis pribumi yang dikenal sebagai Juche, yang mempromosikan kemandirian dan kemerdekaan penuh dari seluruh dunia. 

Dengan demikian, Korea Utara telah dianggap sebagai salah satu negara paling terisolasi di dunia. Sesuai dengan ideologi Juche, negara memiliki kendali penuh atas perekonomian negara.

Pada 1990-an, bencana alam, kebijakan pertanian yang buruk, dan salah urus ekonomi lainnya menyebabkan kelaparan di negara tersebut, dengan banyak warga Korea Utara yang menderita kekurangan gizi atau meninggal karena kelaparan. 

Sementara itu, alih-alih berinvestasi pada kesejahteraan rakyatnya, rezim yang berkuasa terus berinvestasi besar-besaran pada militernya, yang kini dianggap memiliki senjata nuklir.

Hari ini, Korea Utara tetap menjadi kediktatoran totaliter di bawah pemimpin saat ini Kim Jong Un. Orang-orang Korea Utara diajari untuk memandang dia dan para pendahulunya sebagai dewa. 

Berita media dikontrol dengan ketat. Faktanya, warga biasa Korea Utara hampir tidak memiliki cara untuk berhubungan dengan dunia luar. 

Setiap tanda perbedaan pendapat dengan cepat dihancurkan. Selain itu, meskipun beberapa reformasi ekonomi kecil telah dilembagakan di negara tersebut, ekonomi Korea Utara tetap berada di bawah kendali ketat rezim yang berkuasa. 
[cut]
Bendera Kuba

4. Kuba.

Kuba secara resmi disebut Republik Kuba adalah negara berdaulat yang terdiri dari pulau Kuba, Isla de la Juventud, serta beberapa kepulauan kecil. Kuba terletak di Karibia Benua Amerika Utara pada pertemuan Laut Karibia, Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik.

Negara pulau Kuba adalah satu-satunya negara komunis di Belahan Barat. Itu telah berada di bawah kekuasaan komunis sejak 1959, ketika gerilyawan Marxis, yang dipimpin oleh Fidel Castro , merebut kekuasaan dari diktator militer Fulgencio Batista.

Castro memimpin Kuba hingga pensiun pada 2008. Dia meninggal delapan tahun kemudian. Setelah komunis mengambil alih kekuasaan di Kuba, mereka mulai memperbaiki infrastruktur negara dan menyediakan layanan kesehatan dan pendidikan gratis untuk semua warga Kuba. 

Semua bisnis swasta dinasionalisasi. Hingga hari ini, Kuba terus menyediakan layanan kesehatan dan pendidikan universal bagi warganya. 

Dengan demikian, Kuba memiliki beberapa standar kesehatan dan pendidikan tertinggi di Amerika Latin.

Namun seperti di negara komunis lainnya, Partai Komunis Kuba memonopoli kekuasaan di negara tersebut. Perbedaan pendapat tidak ditoleransi. 

Kuba terpaksa memperkenalkan reformasi pasar bebas untuk membantu meningkatkan prospek ekonomi setelah jatuhnya sekutu abadi, Uni Soviet.

Pengetatan embargo ekonomi AS di negara tersebut. Reformasi ini dipercepat pada akhir 2000-an dan awal 2010-an. 

Pemerintah Kuba bahkan melegalkan kepemilikan pribadi atas ponsel dan komputer. Kuba juga menjadi kurang terisolasi karena hubungan diplomatik dengan Uni Eropa telah dipulihkan. 

Pada tahun 2014, AS memulai pemulihan hubungan dengan Kuba, melonggarkan beberapa pembatasan dan memulihkan beberapa hubungan diplomatik dengan negara komunis tersebut.

Meskipun reformasi dan upaya untuk de-isolasi negara, bagaimanapun, ekonomi Kuba terus berjuang. Selain itu, pemulihan hubungan dengan AS terhenti setelah pemilihan Presiden AS Donald Trump pada tahun 2016. 

Trump membalikkan banyak tindakan yang diperkenalkan oleh pendahulunya, Barack Obama yang menyebabkan mencairnya hubungan antara AS dan Kuba. 
[cut]
Bendera Tiongkok/China

5. China.

Republik Rakyat Tiongkok atau secara umum disebut Tiongkok atau China merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Timur. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia dengan luas daratan 9,59 juta kilometer persegi.

China sebagai negara komunis terbesar di dunia. Rezim komunisnya dimulai pada tahun 1949, ketika pasukan komunis yang dipimpin oleh Mao Zedong mengalahkan pasukan nasionalis dalam perang saudara dan memproklamasikan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. 

Partai Komunis China adalah partai komunis terbesar di dunia, dengan sekitar 90 juta anggota. Selama beberapa dekade setelah berdirinya pemerintahan komunis di China, lahan pertanian dikolektivisasi dan semua bisnis berada di bawah kendali negara. 

Kebijakan ekonomi pemerintah komunis hingga tahun 1970-an menyebabkan kematian puluhan juta warga China akibat kelaparan, penyiksaan, kerja paksa, dan bunuh diri.

Namun pada tahun 1976, Mao Zedong meninggal dunia dan digantikan oleh Deng Xiaoping, yang mulai melembagakan reformasi ekonomi. 

Hasil dari reformasi ini adalah ekspansi ekonomi Tiongkok yang cepat. Hari ini, China memiliki ekonomi terbesar kedua di dunia. Negara ini telah meninggalkan komponen ekonomi dari ideologi komunis. 

Namun, yang belum ditinggalkan adalah tindakan represif untuk mengendalikan perbedaan pendapat yang dikenal dengan rezim komunis. 

Meskipun China telah menjadi raksasa ekonomi kapitalis, negara ini masih dianggap sebagai kediktatoran satu partai, di mana Partai Komunis China memonopoli kekuasaan. 

Tantangan terhadap monopoli ini tidak diperbolehkan dan ditekan dengan keras. Media, termasuk internet, sangat disensor. 
Share:
Baca berita berbasis data.

Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks