Produksi kendaraan cerdas, Mercedes-Benz gunakan ChatGPT

Ardi Nugraha

ChatGPT berfungsi sebagai antarmuka berbasis suara dalam analisis data untuk identifikasi kesalahan dalam manajemen kualitas.

Foto: Mercedes-Benz AG
Mercedes-Benz Group AG merupakan sebuah perusahaan otomotif multinasional yang berkantor pusat di Stuttgart, Baden-Württemberg, Jerman. Perusahaan ini merupakan salah satu produsen mobil terpopuler di dunia.

Kini Mercedes-Benz AG sedang menguji ChatGPT yang dikembangkan OpenAI dalam produksi, mempercepat penggunaan alat cerdas dalam ekosistem produksi digital MO360, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020. 

Dengan tujuan mengoptimalkan analisis data produksi, misalnya dari manajemen kualitas, kini ChatGPT akan mendukung karyawan produksi sebagai antarmuka universal berbasis suara. Penggunaan kecerdasan buatan (AI) mempercepat misalnya identifikasi dan analisis kesalahan serta manajemen kualitas dan optimalisasi proses di Mercedes-Benz. 

Mercedes-Benz mengintegrasikan ChatGPT melalui Azure OpenAI Service, memanfaatkan kemampuan tingkat perusahaan dari platform cloud dan AI Microsoft.

Jörg Burzer, Anggota Dewan Manajemen Mercedes-Benz Group AG, yang bertanggung jawab atas Produksi dan Manajemen Rantai Pasokan mengutarakan digitalisasi membawa produksi di Mercedes-Benz ke tingkat berikutnya.
"Menggunakan ChatGPT melalui Microsoft sebagai bagian dari ekosistem digital MO360 adalah contoh lain bagaimana digitalisasi membawa produksi di Mercedes-Benz ke tingkat berikutnya. Melalui perangkat digital baru, karyawan semakin diberdayakan untuk mengoptimalkan proses produksi dan manajemen kualitas secara berkelanjutan. Setelah fase uji coba yang sukses, ChatGPT akan digunakan di seluruh jaringan produksi global Mercedes-Benz," jelas Jörg Burzer dalam keterangan resminya.
Analisis berbasis obrolan dalam Platform Data MO360

Foto: Mercedes-Benz AG
Alat analisis otomatis memungkinkan jaringan cerdas data berkualitas dari pengembangan, pengalaman pelanggan, dan produksi. Kerusakan potensial dapat diidentifikasi dan dianalisis secepat mungkin. 

ChatGPT juga dapat mendukung teknisi berkualitas Mercedes-Benz dalam mengidentifikasi kesalahan dengan mengelompokkan data. Misalnya, dengan bantuan ChatGPT, evaluasi dan presentasi yang rumit dari data yang relevan dengan produksi dan manajemen kualitas disederhanakan secara signifikan untuk karyawan.

Alih-alih fungsi pemrograman yang rumit, kueri diarahkan dalam dialog, sehingga tidak hanya insinyur tetapi juga karyawan tanpa pengetahuan pemrograman sebelumnya dapat memiliki data yang diperlukan. Mereka menggunakan Microsoft AI untuk pemrosesan data produksi secara real-time, yang tetap menjadi Platform Data MO360. 

Pertanyaan semakin dipersempit dalam proses evaluasi digital dalam dialog dengan chatbot hingga tingkat detail baru tercapai. Tinjauan perencanaan produksi harian dapat diperiksa secara real-time dan disesuaikan secara fleksibel jika diperlukan. 

Pada titik ini, ChatGPT dimaksudkan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis untuk seluruh rantai produksi dalam waktu sesingkat mungkin. Berkat demokratisasi semua data yang relevan.

MO360 Support Bot: Penasihat karyawan sepanjang waktu

Bidang lain yang menjadi fokus pengintegrasian ChatGPT dalam produksi adalah menyediakan penghubung digital berbasis AI kepada karyawan di seluruh dunia. Karyawan produksi berkomunikasi melalui MO360 melalui portal swalayan yang tersedia di semua perangkat perusahaan - termasuk tablet, smartphone, dan laptop. Bot Dukungan MO360 dirancang untuk menerima pertanyaan dan mengklarifikasinya dalam dialog dengan karyawan.

Mercedes-Benz menjamin perlindungan data

Foto: Mercedes-Benz AG
Dasar integrasi ChatGPT merupakan kerjasama dengan Microsoft. Melalui Azure AI, Mercedes-Benz menggunakan model AI generatif skala besar yang dikombinasikan dengan kemampuan keamanan, privasi, dan keandalan tingkat perusahaan dari Azure. 

Mercedes-Benz memiliki kedaulatan atas proses TI di latar belakang setiap saat. Input suara karyawan diproses secara anonim di cloud Azure. Data produksi tetap berada di Platform Data MO360. Perlindungan data adalah hal yang tinggi bagi Mercedes-Benz.

ChatGPT sejalan dengan prinsip AI Mercedes-Benz

GPT adalah singkatan dari "Generative Pre-trained Transformer". Di balik ini adalah jaringan saraf canggih yang telah dilatih untuk membuat teks, yang disebut model bahasa besar. Sistem menjawab pertanyaan, membuat atau meringkas teks, dapat menerjemahkan dan bahkan menghasilkan kode program.

Untuk mengeksploitasi peluang yang ditawarkan oleh kecerdasan buatan secara bertanggung jawab, Mercedes-Benz salah satu produsen mobil pertama yang mengadopsi prinsip untuk menangani AI. 

"Penggunaan yang bertanggung jawab", "dapat dijelaskan", "perlindungan privasi", dan "keamanan dan keandalan" adalah empat prinsip panduan yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan dan menggunakan AI. 

Mercedes-Benz mengambil pendekatan untuk mengintegrasikan ChatGPT yang sejalan dengan prinsip-prinsip ini sambil tetap memperhatikan potensi risiko. Sistem tersebut akan terus ditingkatkan demi kepentingan seluruh karyawan.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks