Januari-Juni 2023, perdagangan RI-Prancis capai USD 1,3 miliar

Ardi Nugraha

Ekspor Indonesia ke Prancis sebesar USD 470,0 juta, sedangkan impor Indonesia dari Prancis sebesar USD 857,9 juta.


Mendag Zulkifli Hasan saat bertemu dengan Menteri Perdagangan Prancis, Olivier Becht | foto: @kemendag
Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, menyatakan bahwa banyak sektor bisnis yang dapat dijajaki dan dikembangkan antara Indonesia dan Prancis. 

Banyak ruang tumbuh dari perdagangan kedua negara yang saat ini sekitar EUR 3 miliar. Pemerintah Indonesia tidak akan menghambat produk Uni Eropa, khususnya Prancis, dan mengajak lebih banyak pengusaha Prancis mencari peluang usaha dengan pengusaha Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan oleh Mendag Zulkifli Hasan saat bertemu dengan Menteri Perdagangan, Daya Tarik Ekonomi, dan Warga Negara Prancis di Luar Negeri, Olivier Becht, pada Jumat (25/8/2023). 

Pertemuan bilateral tersebut dilaksanakan di sela Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan dan Industri (Trade and Investment Ministerial Meeting/TIMM) G20 di Jaipur, India yang berlangsung pada 24—25 Agustus 2023.
"Banyak perusahaan Prancis yang berinvestasi di Indonesia dan total perdagangan kedua negara yang sekitar EUR 3 miliar berpotensi untuk terus dikembangkan. Kami akan membantu pelaku usaha kedua negara untuk menjalin kerja sama dan meningkatkan hubungan perdagangan antara Indonesia dan Prancis," kata Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/8/2023).
Sementara itu, terkait dengan Uni Eropa, Mendag Zulkifli Hasan meminta dukungan Prancis untuk mendorong kerja sama Uni Eropa dengan Indonesia agar dapat memastikan tidak ada hambatan akses pasar produk-produk Indonesia di kawasan tersebut. 

"Kami harap bisa terwujud kerja sama yang lebih baik lagi antara Indonesia dan Uni Eropa. Indonesia tidak menghambat produk-produk dari Uni Eropa, khususnya Prancis. Tapi di sisi lain, Uni Eropa mengeluarkan European Union Deforestation-free Regulation (EUDR) yang mengancam petani di Indonesia," ungkap Mendag.

Mendag Zulkifli Hasan juga meminta dukungan Prancis agar perundingan Perjanjian Ekonomi Komprehensif Regional antara Indonesia dan Uni Eropa (IEU—CEPA) dapat segera selesai. 

Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan dalam pertemuan bilateral tersebut yaitu Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Djatmiko Bris Witjaksono, dan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Hasibuan.

Perdagangan Indonesia - Prancis

Pada Januari-Juni 2023, total perdagangan antara Indonesia dan Prancis mencapai USD 1,3 miliar. Ekspor Indonesia ke Prancis sebesar USD 470,0 juta, sedangkan impor Indonesia dari Prancis sebesar USD 857,9 juta. 

Sementara itu, pada tahun 2022, total perdagangan antara Indonesia dan Prancis mencapai USD 2,4 miliar, dengan ekspor Indonesia ke Prancis sebesar USD 1,0 miliar dan impor Indonesia dari Prancis sebesar USD 1,3 miliar. 

Beberapa komoditas ekspor utama Indonesia ke Prancis pada tahun 2022 antara lain mesin dan peralatan listrik, kendaraan dan bagiannya, pakaian jadi bukan rajutan, perabot dan penerangan rumah, serta lemak dan minyak hewan maupun nabati. 

Sedangkan komoditas impor utama Indonesia dari Prancis antara lain mesin dan pesawat mekanik, minyak atsiri, kosmetik, dan wangi-wangian, mesin dan peralatan listrik, susu, mentega, dan telur, serta produk industri farmasi.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks