Google dorong puluhan startup kesehatan global pakai AI

Dukungan proyek teknis dari para ahli dari Google Research, Google Health, Verily, Fitbit, Google DeepMind.

Ardi Nugraha
A- A+
Google for Startup
Google for Startups Growth Academy: Artificial Intelligence (AI) for Health merupakan program hybrid yang didedikasikan untuk mendukung startup yang berpotensi besar menggunakan teknologi AI untuk tumbuh dan berinovasi secara bertanggung jawab di industri kesehatan.

Wakil Presiden, Teknik dan Riset, Yossi Matias serta Head of Google for Startups EMEA, Sofia Benjumea mengungkapkan pengobatan baru hingga meningkatkan akurasi diagnosis dan mempersonalisasi perawatan pasien, perusahaan rintisan atau startup menggunakan AI untuk menjadikan layanan kesehatan lebih baik bagi semua orang.
"Untuk mendukung upaya mereka dan membantu para pendiri meningkatkan hasil kesehatan bagi masyarakat di seluruh dunia, pada bulan Mei kami mengumumkan Google for Startups Growth Academy: program AI untuk Kesehatan untuk perusahaan yang berbasis di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika," tulisnya di laman resmi Google, dikutip (26/9/2023).
Selain itu, program ini juga mencakup sesi bimbingan tatap muka dan dukungan proyek teknis dari para ahli dari Google Research, Google Health, Verily, Fitbit, Google DeepMind, dan banyak lagi. 

"Program tiga bulan ini terdiri dari lokakarya virtual tentang praktik terbaik AI dan pengembangan kepemimpinan, inovasi yang bertanggung jawab, desain produk, dan akuisisi pelanggan. Ini juga mencakup sesi bimbingan tatap muka dan dukungan proyek teknis dari para ahli dari Google Research, Google Health, Verily, Fitbit, Google DeepMind, dan banyak lagi," terangnya kembali.

Akan ada dua pertemuan tatap muka termasuk program yang dimulai di London pada tanggal 27 dan 28 September yang dirancang untuk menghubungkan para pendiri dengan pemodal ventura, pakar industri, dan pendiri lain yang membangun AI di bidang perawatan kesehatan dan kesejahteraan. 

"Setelah program berakhir, para pendiri akan terus menerima dukungan ahli melalui jaringan alumni Google for Startups," jelasnya.

Berikut 30 startup terpilih untuk program ini, mewakili 15 negara dari seluruh kawasan:
  1. Acorai (Swedia): Platform pemantauan gagal jantung.
  2. Activate Health (Estonia): Sebuah platform yang menggunakan data, AI, dan gamifikasi untuk membantu pengguna meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental mereka.
  3. ADNTRO GENETICS (Spanyol): Kit DNA yang hanya memerlukan sampel air liur untuk mengetahui nutrisi yang dipersonalisasi, pelatihan, kecenderungan terhadap penyakit, dan banyak lagi.
  4. Anya (Inggris Raya): Sebuah startup yang mendukung orang tua selama 1.001 hari pertama perjalanan mereka sebagai orang tua — mulai dari konsepsi hingga masa balita.
  5. Biocam (Polandia): Kapsul endoskopi untuk penentuan potensi ancaman sistem pencernaan secara real-time.
  6. Cara Care (Jerman): Pendamping holistik untuk orang-orang dengan masalah pencernaan.
  7. clare&me (Jerman): Pelatih suara AI untuk kecemasan, kekhawatiran, atau pemikiran yang beredar.
  8. Deemea (Prancis): Platform kerja sama yang didedikasikan untuk data pencitraan medis.
  9. Doctomatic (Spanyol): Perangkat lunak pemantauan pasien jarak jauh di mana pasien dapat memindai hasilnya dan secara otomatis memberikan datanya kepada dokter mereka.
  10. Eden Care (Rwanda): Solusi asuransi kesehatan, yang menawarkan cakupan layanan kesehatan digital yang lancar dan terjangkau bagi bisnis di seluruh Afrika.
  11. EQL (Inggris): Alat penilaian layanan mandiri untuk orang-orang dengan masalah otot dan sendi yang memungkinkan akses cepat ke perawatan terbaik yang tersedia.
  12. ExactCure (Prancis): Digital Twin yang mensimulasikan konsentrasi obat dalam darah pasien.
  13. iZola (Kenya): Platform terapi online untuk keluarga dengan anak-anak neurodivergen.
  14. Kahun (Israel): Platform asisten AI yang dirancang khusus untuk dokter.
  15. Labplus (Polandia): Perangkat lunak perangkat medis yang mengotomatiskan analisis hasil tes laboratorium.
  16. Likehearted (Jerman): Sebuah platform yang mendukung dan meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan.
  17. mDoc (Nigeria): Perusahaan kesehatan digital yang memberikan pelatihan kesehatan perawatan mandiri virtual kepada orang-orang yang hidup dengan atau berisiko mengalami kebutuhan kesehatan kronis.
  18. Mindstep (Inggris Raya): Sebuah aplikasi untuk mengoptimalkan perawatan kesehatan otak dan mental.
  19. MX Labs (Estonia): Sebuah startup yang memberikan saran kesehatan dalam hitungan detik berdasarkan pemeriksaan kesehatan berbasis kamera hanya dengan menggunakan smartphone.
  20. Pharmacy Marts (Mesir): Pasar digital yang menghubungkan apotek dan pemasok medis.
  21. Pharmarun (Nigeria): Platform berdasarkan permintaan yang menyederhanakan cara masyarakat Afrika mengakses pengobatan melalui penggunaan teknologi.
  22. Rayscape (Rumania): Asisten digital lengkap untuk ahli radiologi yang menyediakan alat AI untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.
  23. StethoMe (Polandia): Stetoskop cerdas untuk orang tua.
  24. Talkie.ai (Polandia): Sebuah perusahaan yang menyederhanakan akses terhadap layanan kesehatan dengan mengotomatiskan kontak telepon dengan pasien menggunakan asisten virtual berbasis AI.
  25. Techspert (Inggris Raya): Jaringan pakar yang menyediakan wawasan kesehatan terbaru dan paling tepat.
  26. Tucuvi (Spanyol): Sebuah startup yang mengotomatiskan percakapan telepon medis melalui AI yang empatik.
  27. Vitadio (Ceko): Aplikasi seluler yang membalikkan resistensi insulin dengan modifikasi gaya hidup berbasis AI.
  28. VOS.health (Ceko): Pendamping kesejahteraan dengan wawasan kesehatan mental harian, rencana yang disesuaikan, dan alat lengkap.
  29. Wellx (Uni Emirat Arab): Sebuah platform yang mendorong dan menghargai kebiasaan sehat.
  30. Zuri Health (Kenya): Perusahaan yang menyediakan solusi layanan kesehatan yang terjangkau dan mudah diakses bagi orang-orang yang tidak memiliki ponsel pintar dan tinggal di daerah yang kurang terlayani.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks