OpenAI resmi jadi mitra Apple, Sam Altman angkat bicara

Integrasi ChatGPT ke dalam iOS 18 oleh Apple memicu reaksi keras dari Elon Musk.

Dharma Putra
A- A+
Sam Altman, CEO OpenAI | cover: topik.id
Dua perusahaan raksasa teknologi Apple dan OpenAI resmi menjalin kemitraan yang mengubah wajah industri teknologi global dan bersiap untuk berkompetisi dengan perusahaan xAI besutan Elon Musk. Kemitraan ini diumumkan secara resmi dalam gelaran WWDC 2024, Senin (10/6/2024) waktu setempat.

CEO OpenAI, Sam Altman angkat bicara memberikan pernyataan resmi mengenai kemitraan ini, menjelaskan menghadirkan ChatGPT kepada pengguna Apple dengan cara baru. Apple memiliki komitmen yang sama dengan OpenAI terhadap keselamatan dan inovasi.
"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Apple untuk menghadirkan ChatGPT kepada penggunanya dengan cara baru. Apple memiliki komitmen yang sama dengan kami terhadap keselamatan dan inovasi, dan kemitraan ini selaras dengan misi OpenAI untuk menjadikan AI canggih dapat diakses oleh semua orang. Bersama Apple, kami mempermudah masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari apa yang ditawarkan AI," terang Sam Altman dalam blog resmi OpenAI, dikutip Rabu (12/6/2024).
Seperti diketahui, Apple mengintegrasikan ChatGPT ke dalam pengalaman di iOS, iPadOS, dan macOS, memungkinkan pengguna mengakses kemampuan ChatGPT, termasuk pemahaman gambar dan dokumen, tanpa perlu beralih antar alat. 

Siri juga dapat memanfaatkan kecerdasan ChatGPT bila berguna. Pengguna Apple ditanyai sebelum pertanyaan apa pun dikirim ke ChatGPT, bersama dengan dokumen atau foto apa pun, dan Siri kemudian menyajikan jawabannya secara langsung.

Selain itu, ChatGPT akan tersedia di Alat Penulisan seluruh sistem Apple, untuk membantu pengguna menghasilkan konten untuk apa pun yang mereka tulis. Pengguna juga dapat memanfaatkan alat gambar ChatGPT untuk menghasilkan gambar dalam berbagai gaya untuk melengkapi apa yang mereka tulis.

Perlindungan privasi sudah ada saat mengakses ChatGPT dalam Siri dan Alat Tulis, permintaan tidak disimpan oleh OpenAI, dan alamat IP pengguna dikaburkan. Pengguna juga dapat memilih untuk menghubungkan akun ChatGPT mereka, yang berarti preferensi data mereka akan berlaku berdasarkan kebijakan ChatGPT.

Integrasi ChatGPT, yang didukung oleh GPT-4o, akan hadir di iOS, iPadOS, dan macOS akhir tahun ini. Pengguna dapat mengaksesnya secara gratis tanpa membuat akun, dan pelanggan ChatGPT dapat menghubungkan akun mereka dan mengakses fitur berbayar langsung dari pengalaman ini.

Sementara itu, CEO Apple mengutarakan babak baru dalam inovasi Apple. Apple Intelligence akan mengubah apa yang dapat dilakukan pengguna.

"Kami sangat gembira memperkenalkan babak baru dalam inovasi Apple. Apple Intelligence akan mengubah apa yang dapat dilakukan pengguna dengan produk kami dan apa yang dapat dilakukan produk kami bagi pengguna kami," kata Tim Cook, CEO Apple dalam keterangan resminya, Selasa (11/6/2024).

Kritik Elon Musk ke Apple.

Integrasi ChatGPT ke dalam iOS 18 oleh Apple memicu reaksi keras dari Elon Musk. Di platform media sosial miliknya X, bos xAI itu menyuarakan kekhawatirannya tentang langkah Apple terkait kemanan dan data privasi.

Elon Musk menganggap bahwa Apple seharusnya mampu mengembangkan AI sendiri daripada harus mengandalkan OpenAI. 

a menyiratkan bahwa Apple kurang dalam hal inovasi atau kemampuan teknis jika mereka perlu beralih ke pihak ketiga untuk fitur AI penting di produk mereka.

"Sungguh tidak masuk akal bahwa Apple tidak cukup pintar untuk membuat AI mereka sendiri, namun mampu memastikan bahwa OpenAI akan melindungi keamanan & privasi Anda!" cetus Elon Musk dalam postingannya di platform X, dikutip Selasa (11/6/2024).
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks