Data Universitas Tanjungpura diduga bocor, 3 halaman exemple jadi bukti

Disclaimer: Guna menjaga data privasi, redaksi topik.id mengaburkan tiga halaman exemple yang berisi data privasi pengguna.

Hardi Muttaqin
A- A+
Data exemple. | foto: breachforums.st
Universitas Tanjungpura (UNTAN) diduga mengalami insiden kebocoran data. Sebuah akun AngelGF di dalam postingan forum breachforums.st mempublikasikan tiga halaman contoh data yang dapat diakses sebanyak 52.000.
"Situs basis data: untan.ac.id Universitas Tanjungpura, Negara basis data: Indonesia. Total data basis data: 52K (52.000)," tulis AngelGF di dalam postingan forum breachforums.st, dikutip Selasa (9/7/2024).
Dari hasil investigasi topik.id, Selasa (9/7/2024) sore 15.30 WIB menemukan sedikitnya tiga halaman exemple yang menunjukan, nama, alamat, email dan nomor handphone pengguna, namun tim invsetigasi topik.id tidak menemukan username dan password di tiga halaman ini: 

Data exemple 1.

Data exemple 1

Data exemple 2.

Data exemple 2

Data exemple 3.

Data exemple 3.
Sementara itu, redaksi topik.id telah mencoba mengkonfirmasi kebenaran data tersebut ke email [email protected] namun belum mendapat tanggapan lebih lanjut.

Dari hasil investigasi ini juga menemukan grup komunitas yang diarahkan ke aplikasi chat Telegram sebagai bentuk komunikasi satu arah untuk jual-beli data. 

Tankapan layar pada portal breachforums. | cover
Terpisah, berita sebelumnya Universitas Tanjungpura, salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Pontianak, Kalimantan Barat, menjadi korban pencurian data besar-besaran pada Senin (8/7/2024).

Salah satu perusahan keamanan siber FalconFeedsio mengungkapkan dalam postingannya di media sosial X, data yang dibobol mencakup ID, email, nama pengguna, kata sandi, dan nomor telepon.

Selain itu, dalam tangkapan layar sebuah forum terkenal di dark web, mengungkapkan bahwa data pribadi sekitar 52.000 individu dari universitas tersebut telah dibobol dan dijual secara online. 
"Seorang anggota BreachForums telah mengunggah tentang pelanggaran data signifikan yang melibatkan Universitas Tanjungpura, sebuah universitas negeri yang berlokasi di Pontianak. Data yang disusupi mencakup sekitar 52.000 data seperti ID, email, nama pengguna, kata sandi, dan nomor telepon," ungkap FalconFeedsio dalam postingannya di X, Senin (8/7/2024) malam.

Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks