4 layanan cloud computing untuk pebisnis

cloud computing inovasi digital saat ini

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover

Cloud computing ialah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet dengan menggunakan konsep virtualisasi. 

Tentu ini menjadi jadi salah satu inovasi baru dalam dunia digital. Inovasi Cloud computing ini juga bisa memberikan layanan untuk bisnis bagi penggunanya.

Dengan menggunakan inovasi ini, pengguna bisa membuka data dan program kapan saja, di mana saja, dan menggunakan perangkat apa saja.

Para pelaku bisnis UKM di Indonesia menyadari pentingnya kebutuhan teknologi bagi usaha mereka. Namun biasanya pelaku usaha masih ragu untuk memberi, memelihara, dan mengamankan sistem informasi mereka sendiri. 

Investasi yang cukup besar menjadi kendala pelaku usaha untuk mengembangkan teknologi informasi bagi pengembangan bisnisnya. 

Maka, ada solusi yang ditawarkan oleh Cloud Computing. Pasalnya, teknologi ini memungkinkan pelaku usaha untuk menyewa jasa layanan tersebut tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk infrastruktur, pengelolaan, platform, maupun aplikasi layanan IT lainnya.

Berikut ulasan 4 layanan cloud computing untuk pebisnis  yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber, Jumat (16/10/2020).

1. Platform as a Service 

Platform as a Service (PaaS) adalah layanan berbasis cloud dengan cara menyewa perangkat keras (hardware), sistem operasi, storage, dan kapasitas jaringan via internet. Pengguna bisa menyewa virtual server dan layanan untuk menjalankan software berbasis web yang telah dikembangkan. Selain itu, pengguna juga dapat menguji software berbasis web yang sedang dikembangkan.

Biasanya, PaaS berupa framework yang digunakan oleh pengembang (developer) untuk berfokus membangun atau membuat perangkat lunak. Dengan menggunakan PaaS, pengguna bisa memperoleh sumber daya untuk membuat perangkat lunak tanpa harus membeli hardware yang diperlukan. Contoh PaaS yang sudah tersedia di dunia antara lain : Google App Engine, Windows Azure, Amazon Web Service Elastic Beanstalk, Stratos Apache, dan OpenShift.

2. Infrastructure as a Service 

Infrastructure as a Service (IaaS) adalah sebuah layanan infrastruktur komputasi awan yang berupa, satu paket perangkat hardware komputer virtual, bersama dengan jaringan internet, bandwidth, dan dukungan alamat IP. Terdapat jaminan online secara real time dan keamanan dalam ‘ruang lingkup’ satu unit layanan IaaS.

Penyedia layanan yang biasa disebut vendor atau provider IaaS biasanya menyediakan berbagai spesifikasi infrastruktur, baik CPU, RAM maupun Data Storage dalam bentuk virtual tanpa sistem operasi. Contoh Iaas antara lain, Cisco yang menyediakan fitur dasar solusi telepon dan Biznet GIO Cloud sebagai pusat data virtual untuk korporasi.

3. Data-Storage as a Service 

Data-Storage as a Service (DaaS) adalah layanan cloud dengan model penyediaan fasilitas sistem penyimpanan data secara remote dan dapat mengaksesnya kapan saja dan dari mana saja. Intinya, pengguna hanya perlu membayar biaya sesuai dengan besarnya resource yang digunakan. 


4. Software as a Service 

Software as a Service (SaaS) adalah layanan yang mengacu pada perangkat lunak (software) berbasis cloud via online melalui internet dan bisa dibeli secara berlangganan. Aplikasi tersedia dalam bentuk langganan sesuai kebutuhan pengguna atau on-demand. Jadi, pengguna tidak perlu lagi membeli lisensi dan menginstal aplikasi, melainkan cukup membayar biaya sesuai pemakaian. 

Model ini adalah salah satu layanan cloud yang paling sering digunakan oleh perusahaan untuk membangun dan mengembangkan bisnis karena mudah dikelola dan sangat terjangkau. Pengguna tidak perlu mengunduh dan memasang di masing-masing perangkat untuk menyebarkannya ke seluruh tim. Layanan ini sangat berguna bagi tim yang bekerja dengan terpisah ruang dan jarak.

Model layanan cloud ini juga memberi kemudahan untuk banyak hal. Mulai dari software pengelolaan akuntansi online seperti Jurnal by Mekari, software manajemen Human Resources Talenta, atau software pembayaran pajak Klikpajak.


Bagikan:
Komentar

Terbaru