7 Tips mengambil foto di malam hari pakai HP

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover | topik.id

Belajar seni fotografi bisa dari berbagai sumber. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali seluk beluk ilmu ini agar nantinya, Anda bisa belajar ilmu ini secara lebih mendalam. 

Fotografi adalah seni mengabadikan objek dari sebuah lensa, Apalagi pengambilan gambar menggunakan ponsel yang anda punya, yang kemudian biasanya hasilnya akan dicetak menjadi karya visual yang indah, Akan menjadi kepuasan tersendiri.

Mengambil foto dimalam hari dengan pencahayaan yang gelap bukan hal yang mudah, Sering kali , hasil foto tidak fokus, Blur atau shaking dan penuh noise.

beberapa teknik pengambilan foto menggunakan ponsel juga harus kita kuasai di tambah objek foto yang gelap di malam hari menjadi tantangan tersendiri. 

Berikut ulasan 7 cara mengambil foto di malam hari pakai HP yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber, Rabu (07/10/2020).

1. Manfaatkan fitur night mode, Apabila ada

Tidak semua gadget memiliki fitur night mode di dalamnya. Beberapa saja smartphone yang punya fitur ini, Anda bisa mengakalinya dengan menginstall google camera (gcam) kalau ingin menggunakan fitur ini.

Cara night mode bekerja biasanya kamera smartphone akan menggunakan kecepatan rana yang panjang (shuter speed yang lambat) untuk menangkap detail pemandangan sekaligus mengambil lebih banyak cahaya.

2. Memakai pencahayaan tambahan untuk menerangi objek

Sebenarnya memakai flash smartphone tidak terlalu dianjurkan. Karena cahaya flash ini bersifat keras serta terkadang bisa merusak detail dan kedalaman foto. Namun, jika benar-benar perlu menambil gambar dalam kondisi yang gelap, maka flash adalah pilihan terbaik, Saran lama android authority.

Ada opsi selain flash, Yakni membeli lampu LED portable yang bisa dipasang di smartphone milikmu. Beberapa lampu LED dilengkapi dengan diffuser sehinga cahaya menjadi lebih lembut.

3. Memakai mode manual

Tidak semua smartphone punya fitur ini Manual Mode di kameranya. Beberapa smartphone terbaru biasanya sudah memiliki fitur ini, Dan sebagian yang lain perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan Manual Mode. Dengan mode ini, kamu bebas mengatur ISO, Shutter Speed, dan Aperature sesuai yang kamu inginkan.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu install adalah : camera FV-5 lite, Open Camera, Footej Camera, ProShot, Manual Camera, Camera Zoom FX dan lainnya. Dan masing-masing aplikasi punya keunggulan tersendiri.

4. Memakai tripod agar hasil tidak shaking/blur

Memotret di malam hari rentan akan goncangan yang bisa membuat hasil foto jadi blur. Untuk mencegahnya, kamu bisa memakai aksesoris tambahan seperti tripod. Gunanya, agar pegangan lebih mantap dan tahan goncangan.

5. Memotret dengan opsi RAW, Jika fitur ini tersedia

Memotret engan mode RAW bukan hanya milik kamera DSLR/Mirorrless saja. Sekarang semakin banyak Smartphone terbaru yang sudah menanamkan fitur RAW di dalamnya.

6. Gunakan Shutter Speed yang lambat

Ingin menciptakan hasil foto dengan pencahayaan oke di malam hari?, Coba ubah pengaturan kamera jadi manual dan gunakan Shutter Speed yang lambat. Semakian lambat kecepatan rana, Semakin banyak cahaya yang masuk. Namun kecepatan rana lambat membuat gambar menjadi blur dan shaking.

7. Teraakhir, jangan lupa edit fotomu

Mengedit foto sebelum di upload hal yang wajib dilakukan. Rasanya, belum afdol kalau belum edit. Apalagi, hasil foto di malam hari biasanya cenderung gelap dan banyak noise.

Untuk hasil yang lebih baik, kalian bisa menggunakan aplikasi editing seperti :
Lightroom, VSCO, Snapseed, dan lainnya.


Bagikan:
Komentar

Terbaru