Kementerian Koperasi dan UKM: Hati-hati formulir bantuan hoax

Hati-hati dengan formulir online yang meminta data lengkap dengan iming-iming bantuan usaha darurat mengatasnamakan Kementerian Koperasi dan UKM.

Editor: Hendrik Syah
Bagikan:
@kemenkopukm
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) menghimbau kepada masyarakat agar waspada terkait maraknya situs pendaftaran Bantuan Tunai Langsung (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dalam akun resmi fanspage @kemenkopukm masyarakat diminta selalu cek jika ada akun yang mengatasnamakan Kementerian Koperasi dan UKM.

"#SobatKUKM hati-hati dengan peredaran formulir online yang meminta data lengkap dengan iming-iming bantuan usaha darurat mengatasnamakan Menteri Koperasi dan UKM," tulis @kemenkopukm akun yang bercenteng biru menandakan akun tersebut terverifikasi, Senin (19/10/2020).

Perlu diketahui bahwa program Banpres Produktif Usaha Mikro diusulkan oleh Dinas Koperasi dan UKM di masing-masing daerah dan lembaga yang ditunjuk seperti koperasi dan perbankan. Pastikan informasi data pribadi diberikan kepada pihak bertanggung jawab.

"Kepada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi dengan menyebarkan formulir hoax dimohon segera menghentikan karena terancam pidana pelanggaran UU ITE. Tetap semangat dan optimis dan tetap berkoordinasi dengan Dinas Koperasi serta bank penyalur bagi Sobat yang memenuhi syarat menerima bantuan ini," terang @kemenkopukm.




Sebelumnya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah program bantuan pemerintah Indonesia berjenis pemberian uang tunai, Pemerintah Indonesia kembali membuka kesempatan mendapatkan BLT untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19.

Pendaftaran BLT UMKM Tahap II dibuka hingga 25 November 2020 untuk tiga juta pemilik UMKM infonya bisa diperoleh di website depkop.go.id

Seperti penelusuran TOPIK.ID, Sabtu (17/10/2020) dari laman depkop.go.id, BLT UMKM Tahap II dan sebelumnya adalah stimulus yang dikeluarkan pemerintah untuk UMKM. 

BLT UMKM ini merupakan dana hibah, bukan pinjaman ataupun kredit. Pemerintah berharap dana hibah diharapkan bisa membantu UMKM kembali produksi dan beraktivitas seperti semula. 

"Kita berharap dengan bantuan ini para UMKM bisa bersama-sama kembali berusaha karena kemarin modal mereka digunakan untuk keperluan konsumsi keluarga," jelas Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki seperti dilansir dari laman depkop.go.id.

Berikut syarat dan cara daftar BLT UMKM Tahap II: 

A. Cara daftar BLT UMKM Tahap II

BLT UMKM Tahap II hanya bisa diperoleh pengusaha jika diusulkan:

1. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM di wilayah setempat

2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum

3. Kementerian/Lembaga

4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK

B. Syarat daftar BLT UMKM Tahap II

Calon penerima BLT UMKM Tahap II harus melengkapi syarat kepada pengusul yaitu:

1. Nomor Induk Kependudukan

2. Nama Lengkap

3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP

4. Bidang Usaha

5. Nomor Telepon.
Bagikan:
Komentar

Terbaru