Mulai bisnis online, lakukan 5 hal ini

Pandemi corona telah mendorong para entrepreneur untuk beralih dari toko fisik ke e-commerce atau bisnis online.

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover

Perkembangan dunia maya saat ini di skala nasional saat ini terlihat begitu menjanjikan terutama dibidang bisnis online.

Pandemi corona telah mendorong para entrepreneur untuk beralih dari toko fisik ke e-commerce atau bisnis online. Pada tahun 2020 saja, menurut Indeks Ritel AS IBM, bisnis e-commerce diperkirakan akan tumbuh hampir 20%.

Tentu ini menjadi peluang besar untuk memanfaatkan bisnis e-commerce yang memang sudah saat nya untuk beralih, mengingat costumer ingin lebih mudah dan hemat waktu.

Ada beberapa hal yang harus anda mulai tak hanya memikirkan hal yang mendasar terkait bisnis seperti produk dan layanan namun startegi pasar dan pemanfaatan teknologi juga menjadi hal yang penting. 

Berikut ulasan Memulai Bisnis online dengan 5 hal ini yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber,  Rabu (21/10/2020).

1. Buat dan Bangun Konten

Salah satu strategi marketing ialah memberikan konten untuk menyuapi pengunjung selama bertahun-tahun yang akan datang. Hal ini bisa mengarahkan traffic pengunjung ke websitemu.

Membuat konten yang menarik. Akan lebih baik jika menggunakan berbagai format konten untuk mendiversifikasi traffic seperti posting blog, video, posting sosial, webinar, dan podcast.

2. Memikat pelanggan untuk berkunjung di platform

Demi menghindari penularan covid-19, banyak orang memilih berbelanja dari rumah. Karenanya ini seharusnya menjadi caramu untuk mendorong pengunjung melihat beragam hal di etalase tokomu. Jadikan platform sebagai tempat promosi yang baik dan juga pemanfaatan sosial media yang maksimal.

3. Maksimalkan Pengalaman Pengguna (UX)

Memaksimalkan pengalaman pengguna atau user experience (UX) adalah hal penting ketika memasuki berbicara mengenai bisnis online. UX merupakan tampilan pada sebuah website.

Hal ini penting dilakukan untuk kepuasan pengguna alias pengunjung website. Ini akan memberikan interaksi antara pengguna dan produk. Buatlah website mudah digunakan yang mana tidak membingungkan saat dikunjungi.

4. Tampilan Produk Yang Menarik

Karena tampilan visual itu penting dalam bisnis online, maka penting sekali menyuguhkan foto yang bagus. Selain itu, hal ini penting karena kamu harus bersaing dengan platform lainnya.

Bila tak pede dengan fotografi, kamu bisa menyewa seorang profesional untuk membantu mendapatkan foto yang menarik.

Gambar-gambar bagus yang kamu miliki bisa jadi investasi bagus untuk mengundang pengunjung ke website Anda.

5. Teknologi

Manfaatkan teknologi yang ada untuk memaksimalkan platform. Kamu harus mau berkreasi dengan teknologi paling mutahir. Misalnya menggunakan (Augmented Reality) AR.

AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Contoh pengapliasannya adalah Sephora yang menggunakan AR sehingga kamu bisa mencoba berbagai warna lipstik dan IKEA yang memungkinkan kamu melihat pratinjau furnitur di ruangan melalui HP.

Contoh lainnya bisa dengan membuat kunjungan ke Virtual Reality (VR) store atau dengan kode QR. Misalnya saat mengirimkan produk ke pelanggan, kirimkan juga kode QR yang memperkenalkan lebih banyak tentang produk, seperti pembaruan produk atau konten bersumber pelanggan tentang layananmu.

Bagikan:
Komentar

Terbaru