Akun Facebook ditandai link video mesum, begini cara menangkalnya

Disinyalir orang-orang yang ditandai telah menjadi korban peretasan akun. Lantas bagaimana menangkal hal seperti ini dari sisi keamanan Facebook?

Editor: Hendrik Syah
Share:
cover | topik.id
Dalam dua pekan terakhir warganet Facebook ramai-ramai memposting dan mengeluh terkait adanya ditandai oleh orang tidak dikenal pada postingan video mesum. 

Dari penelusuran TOPIK.ID, Senin (19/4/21), di beberapa wall beranda warganet Facebook ada notifikasi masuk pemberitahuan dari orang asing. Ketika diklik isinya link video mesum.

Namun ada juga warganet yang memberikan keterangan dalam postingannya tidak mengetahui postingan tersebut, berikut kutipan di beberapa akun:

"Disamping video porno dan gambar, ada hack baru di Facebook. Akan kelihatan komentar datang dari anda, termasuk perkataan kotor, beserta kata-kata yang menyakitkan.Anda tidak bisa melihatnya tetapi rekan-rekan anda melihatnya. 

Keadaan ini dapat membuat banyak orang salah paham. Saya ingin mengatakan kepada semua kenalan saya, bahwa jika sesuatu yang memalukan muncul itu adalah BUKAN datang dari saya.

Saya akan berterimakasih jika anda memberitahukannya kepada saya. Selain itu ada juga pencurian akun Facebook yang meminta dikirimkan pulsa, uang, harus berhati hati karena pemilik akun aslinya tidak mengetahui kalo akunnya di hack.

Harap segera memberitahukan kepada pemilik akun.
Terima Kasih"

Disinyalir orang-orang yang ditandai telah menjadi korban peretasan akun. Lantas bagaimana menangkal hal seperti ini agar akun Anda terhindar dari orang yang tidak bertanggung jawab di media sosial Facebook? 

Berikut cara sederhananya untuk mengamankan akun Facebook Anda dari kasus seperti ini:

1. Klik menu di kanan atas Facebook.

2. Pilih Pengaturan & Privasi, Lalu klik Pengaturan.

3. Di kolom kiri, klik Linimasa dan Penandaan.

4. Cari pengaturan Tinjau tanda yang ditambahkan orang ke postingan Anda sebelum tanda itu muncul di Facebook?

5. Pilih Diaktifkan dari menu pilihan.

Jika tinjauan tanda diaktifkan, Anda akan menerima pemberitahuan ketika ada postingan yang perlu Anda tinjau. Anda dapat menyetujui atau mengabaikan permintaan tanda dengan membuka postingan tersebut.

Ketika Anda menyetujui tanda, orang yang menandai dan temannya bisa melihat postingan Anda. Jika tidak ingin postingan Anda terlihat oleh teman dari orang yang menandai, Anda bisa tidak mennyetujuinya.

Anda bisa menggunakan tinjauan tanda untuk menyetujui atau mengabaikan tanda yang ditambahkan orang ke postingan Anda. Jika Anda mengaktifkan tinjauan tanda, ketika seseorang menandai postingan Anda, tanda itu tidak akan muncul hingga Anda menyetujui.

Pelaku ingin melakukan phising.

Phising (pengelabuhan/penipuan) adalah situs web yang dirancang untuk melakukan bentuk penipuan dengan cara percobaan untuk mendapatkan informasi sensitif, seperti nomor kartu kredit, kata sandi, atau data-data credentials lainnya.

Web phising biasanya berbentuk menyerupai website asli baik dari segi tampilan maupun nama domain dengan tujuan untuk meminimalisir kecurigaan calon korban, biasanya sasaran link seperti ini dikirim melalui email dan messenger.

Dari definisi tersebut, secara umum bisa menarik kesimpulan bahwa web phising adalah sebuah website biasa yang memang sengaja dibuat untuk melakukan tindak kejahatan dan penipuan.

Tujuan utama pembuat web phising di Indonesia biasanya untuk mengambil alih akun sosial media orang lain.

Selain itu di luar negeri kasusnya bisa lebih parah karena melibatkan informasi credentials seperti kartu kredit dan akun bank online seseorang.

Apa langkah yang bisa diambil untuk melindungi diri dari phishing di Facebook?

Phishing adalah saat seseorang mencoba mengakses akun Facebook Anda dengan mengirimkan pesan atau tautan mencurigakan yang meminta informasi pribadi Anda. 

Jika berhasil mengakses akun Anda, pelaku mungkin akan menggunakannya untuk mengirimkan spam.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  • Jika Anda bisa login ke akun, pelajari cara mengamankan akun Anda dengan mereset kata sandi dan logout dari perangkat yang bukan milik Anda.
  • Jika tidak bisa login ke akun Anda dan nama pengguna atau kata sandi Anda tidak berfungsi, pelajari cara memulihkan akun Anda.
  • Jika Anda melihat sesuatu yang aneh di akun Anda, pelajari cara meninjau aktivitas terbaru dan memeriksa email terbaru yang dikirim Facebook.
  • Anda selalu bisa melaporkan email aneh ke phish@fb.com.
  • Waspadai email atau pesan yang mencurigakan
  • Jangan percayai pesan yang meminta uang, menawarkan hadiah, atau mengancam untuk menghapus atau memblokir akun Facebook Anda.
  • Email dari Facebook tentang akun Anda selalu berasal dari fb.com, facebook.com, atau facebookmail.com. Anda bisa mengunjungi www.facebook.com atau membuka aplikasi Facebook Anda untuk memeriksa pesan penting dari kami.
  • Jangan klik tautan yang mencurigakan.
  • Jika Anda mendapatkan email atau pesan mencurigakan yang mengklaim berasal dari Facebook, jangan klik tautan atau lampiran apa pun.
  • Jangan tanggapi email tersebut.
  • Jangan jawab pesan yang meminta kata sandi, nomor jaminan sosial, atau informasi kartu kredit Anda.
  • Dapatkan peringatan tentang login yang tidak dikenal dan aktifkan autentikasi dua faktor untuk meningkatkan keamanan akun Anda.
Share:
Komentar

Terbaru