Melihat masa depan moda Indonesia dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Hendrik Syahputra

Bentuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung terinspirasi dari bentuk Komodo.


Indonesia kini memiliki moda trasnportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang direncanakan beroperasi pertengahan tahun 2023. 

Seperti penelusuran TOPIK.ID, Rabu (30/11/2022) dari laman resmi PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), desain dari kereta cepat ini merupakan KCIC 400AF dengan bentuk terinspirasi dari hewan Komodo, yaitu hewan asli Indonesia. 


Rangkaian kereta cepat ini bakal ada 8 kereta dan akan dibagi menjadi beberapa kelas, mulai dari VIP Class, First Class, hingga Second Class. 

Untuk para penumpang difabel, KCIC 400AF juga menyediakan gerbong khusus penyandang disabilitas dengan ruang yang lebih luas untuk pengguna kursi roda.

Kereta Rel Listrik (KRL) berkecepatan tinggi yang disesuaikan untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung dirancang dan diproduksi oleh CRRC Qingdao Sifang Co., Ltd.

Dengan penyesuaian berdasarkan lingkungan operasi lokal dan kondisi penyelarasan, serta penyerapan budaya lokal Indonesia.

Masa depan moda transportasi Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung penuh percepatan operasionalisasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). 

Komitmen itu ditunjukkan melalui dukungan konsorsium BUMN yang terlibat dalam proyek ini, antara lain PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pemimpin konsorsium BUMN bersama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Perkebunan Nusantara VIII.

Selain melalui konsorsium tersebut, dukungan juga diberikan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk/WIKA sebagai anggota konsorsium kontraktor yang mendukung pekerjaan subgrade, stasiun dan beberapa pekerjaan kritikal lain serta PLN untuk penyediaan listrik dan Telkomsel untuk frekuensi GSM-R (Global System for Mobile Communications-Railway). 

"Untuk menunjang kesiapan operasional dan komersialisasi proyek, sedang dibahas skema dukungan yang melibatkan Jasa Marga untuk akses tol, InJourney, Sarinah dan Peruri terkait pengembangan retail bisnis, serta Bank Mandiri dan Telkomsel terkait digitalisasi," jelas Menteri BUMN Erick Thohir dalam siaran persnya, Jumat (18/11/2022) lalu.

Proyek KCJB merupakan salah satu proyek strategis nasional yang diproyeksikan akan memberikan dampak positif tidak hanya di sektor transportasi tetapi juga perekonomian.

"Ini momen bersejarah. Tak hanya menjadi salah satu ikon kerjasama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Tiongkok, namun juga akan makin mengintegrasikan antar moda transportasi di Jakarta dan Bandung. Kami akan terus optimalkan kereta cepat pertama di tanah air ini. Nanti jika sudah terhubung antar moda LRT di Jakarta, lalu kereta cepat, dan kereta lokal di Bandung, maka kita memiliki paket integrasi antar moda terbaik di tanah air," jelas Erick.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks