7 Platform berbasis kecerdasan buatan gratis untuk digunakan

F. Aliefsya

Kemajuan teknologi kecerdasaan buatan semangkin canggih dan diperlukan untuk mendorong kreativitas masa depan.

cover | topik.id

Kecerdasan buatan (AI, atau Artificial Intelligence) merupakan teknologi yang digunakan untuk membuat komputer atau mesin lainnya dapat melakukan tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. 

Kecerdasan buatan dapat memecahkan masalah, mengambil keputusan, atau berkomunikasi. AI dapat dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  • Kecerdasan buatan terprogram (Rule-based AI): AI yang dibuat dengan menggunakan aturan-aturan yang telah ditentukan sebelumnya, yang digunakan untuk memecahkan masalah yang telah ditentukan.
  • Kecerdasan buatan belajar otomatis (Machine learning AI): AI yang dapat belajar sendiri dengan menganalisis data yang tersedia dan menemukan pola-pola yang tersembunyi di dalamnya.
  • Kecerdasan buatan cerdas (Intelligent AI): AI yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia, seperti memecahkan masalah yang tidak terstruktur, berkomunikasi dengan manusia, atau membuat keputusan.

AI telah digunakan dalam berbagai bidang, seperti pemrosesan bahasa alami, pengenalan wajah, pengenalan suara, sistem rekomendasi, dan banyak lagi. 

AI juga telah digunakan dalam industri, seperti manufaktur, perbankan, perawatan kesehatan, dan pengiriman.

Lantas platform apa yang dapat digunakan secara gratis saat ini? berikut rangkuman TOPIK.ID 7 platform berbasis kecerdasan buatan gratis untuk digunakan.

1. OpenAI

OpenAI adalah organisasi penelitian yang berfokus pada pengembangan dan promosi kecerdasan buatan (AI) yang bersahabat. 

Organisasi ini didirikan pada tahun 2015 oleh sekelompok pengusaha, peneliti, dan dermawan dengan tujuan memajukan bidang AI dengan cara yang aman dan bermanfaat bagi umat manusia. 

OpenAI melakukan penelitian di berbagai bidang terkait AI, termasuk pemrosesan bahasa alami, pembelajaran mesin, dan robotika. 

Ini juga mempromosikan pengembangan dan penggunaan AI yang bertanggung jawab melalui pendidikan, kebijakan, dan inisiatif lainnya. 

Situs web OpenAI adalah sumber informasi tentang penelitian dan proyek organisasi, serta sumber daya dan alat untuk pengembang dan peneliti yang bekerja di bidang AI.

Sebagai platform terkemuka yang dulunya digawangi Elon Musk itu banyak mengembangkan beberapa fitur AI lainnya, namun paling populer adalah ChatGPT salah satu fitur kecerdasan buatan untuk menghasilkan teks yang sangat mirip dengan teks yang ditulis oleh manusia. 

ChatGPT dapat digunakan untuk menghasilkan teks yang bervariasi dan dapat menanggapi pertanyaan yang diajukan kepadanya dengan cara yang mirip dengan seorang manusia. 

ChatGPT dibangun dengan menggunakan teknologi transformers, yang memungkinkan model ini untuk menghasilkan teks yang berkualitas tinggi dengan cepat dan dapat digunakan secara gratis.

2. FaceApp.

FaceApp merupakan platform buatan Wireless Lab yang dirilis pada tahun 2017. Memiliki fitur untuk mengubah foto wajah menggunakan beberapa efek.

Salah satu fitur yang digemari adalah efek yang membuat wajah terlihat lebih tua.

FaceApp merupakan aplikasi pengeditan foto yang dapat diunduh gratis yang tersedia di platform Android dan iOS.

Aplikasi ini merupakan salah satu contoh terbaik dari apa yang dapat dilakukan oleh aplikasi bertenaga AI.

FaceApp bukanlah aplikasi edit foto biasa, ia dapat mengubah karakteristik wajah dan membuat penggunanya tua dari muda bahkan mengubah gaya rambut hanya dalam beberapa detik. 

Selain itu, trik terbesar dari aplikasi ini adalah dapat bertukar jenis kelamin hanya dengan satu klik.

Jika memilih versi pro, pengguna harus membayar terlebih dahulu. Namun tidak semua orang tahu, bahwa versi pro aplikasi ini bisa diperoleh secara gratis.

3. Magic Eraser.

Penghapus Ajaib adalah contoh bagus lainnya dari situs web bertenaga AI. Ini memungkinkan pengguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto.

Pengguna cukup pilih ukuran kuas dan setelah memilihnya, sorot saja apa yang ingin dihapus. Setelah selesai, cukup klik pada 'hapus.' Setelah selesai dan pengguna dapat mengunduh gambar.

Magic Eraser Tool, berfungsi untuk menghapus bagian tertentu pada objek atau gambar yang memiliki warna sama.

Aplikasi Penghapus Ajaib ini memungkinkan pengguna ponsel untuk dengan mudah menghapus latar belakang dan elemen dari foto dengan alat Tongkat Ajaib, membuat segalanya lebih cepat dan mudah menggunakan ponsel cerdas.

4. Replika.

Replika adalah pendamping obrolan bertenaga AI yang bebas digunakan. 

Saat pengguna mendaftar di Replika, pengguna dapat memilih teman AI dan memilih antara pria, wanita, dan non-biner. 

Setelah pengguna memilih, beri nama, klik selesai, dan mulailah mengobrol dengan Replika.

Selanjutnya, saat pengguna mengobrol dan mendapatkan XP, dengan itu pengguna dapat pergi ke toko dan membeli aksesori untuk mempersonalisasi AI Replika.

Selain itu, pengguna dapat memilih jenis percakapan yang berbeda, seperti kesenangan, santai, dan belajar.

Replika dapat diakses di web browser dan diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store.

5. Elsa.

Elsa merupakan aplikasi pembelajaran bahasa bertenaga AI yang menganalisis ucapan dan kemudian membuat serangkaian tugas pengguna.

Elsa merupakan kecerdasaan buatan dengan pengucapan Bahasa Inggris paling cerdas di dunia yang dapat mendengarkan cara penggunanya mengucapkan kata-kata dan kalimat untuk menunjukkan kesalahan secara tepat.

Aplikasi ini juga dapat memberikan penilaian yang akurat. Elsa dapat memberi saran yang spesifik untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris untuk para penggunanya.

Didukung oleh Artificial Intelligence (AI) yang eksklusif dan teknologi speech recognition. Elsa tersedia untuk perangkat yang didukung iOS dan Android.

6. Socratic.

Socratic merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu para siswa dalam mengerjakan soal matematika.

Aplikasi ini juga dapat membantu dalam memecahkan berbagai jenis soal yang diberikan.

Aplikasi bertenaga AI ini datang langsung dari Google. Aplikasi Socrates sangat bagus untuk siswa karena dapat membantu matematika dan sains. 

Pengguna harus memindai persamaan atau pertanyaan menggunakan aplikasi Socrates, dan Google akan menggunakan AI untuk mendapatkan jawaban untuk pengguna hanya dalam beberapa detik.

7. Character.ai

Character.ai merupakan aplikasi web bertenaga AI yang dapat menghasilkan teks mirip manusia dalam percakapan kontekstual.

Di Character.ai, pengguna dapat membuat karakter, termasuk kepribadian mereka, dan menerbitkannya ke komunitas untuk berinteraksi dengan orang lain. 

Hal terbaik tentang aplikasi berbasis web ini adalah pengguna dapat terhubung dengan satu karakter atau mengatur obrolan grup dengan banyak karakter.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks