Ini misi baru kapal pelacak Yuanwang-3 milik China

Yuanwang-3 merupakan kapal pelacak antariksa generasi kedua milik China.

Hendrik Syahputra author photo
Simpan
iklan
Kapal Yuanwang-3 | foto: China Xinghua News

Kapal Yuanwang-3 milik China diberangkatkan dari pelabuhan untuk menjalani misi baru pemantauan pesawat antariksa. pada Minggu (18/12/2022) waktu setempat.

Para kru akan menghabiskan liburan Tahun Baru dan Festival Musim Semi di atas kapal selama pelayaran tersebut. 

China Xinhua News melaporkan sebelum mengangkat sauh (jangkar), mereka telah memeriksa fasilitas, menerima pelatihan, dan mengisi kembali perbekalan guna memastikan keberhasilan misi.


Tahun ini, kapal itu telah menghabiskan lebih dari 120 hari di laut, berlayar sejauh lebih dari 33.000 mil laut, dan merampungkan empat misi pemantauan, termasuk misi pemantauan pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-14.

Pelacak antariksa generasi kedua milik China.

Yuanwang-3 merupakan kapal pelacak antariksa generasi kedua milik China. 

Kapal ini melakukan misi pelacakan dan pemantauan maritim untuk satelit orbit tinggi, sedang, maupun rendah, pesawat luar angkasa, serta modul stasiun luar angkasa.

Sejak diluncurkan lebih dari 20 tahun yang lalu, kapal ini telah melakukan lebih dari 60 pelayaran dan merampungkan 100 misi.

Kapal ini termasuk juga pelacakan pesawat luar angkasa Shenzhou, wahana antariksa Chang'e, dan satelit BeiDou, yang mempertahankan tingkat keberhasilan 100 persen.

Cek berita, wawasan dan video lainnya di
Google News

iklan
Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini