Gara-gara teknologi AI, format kode QR berubah lebih unik

Ardi Nugraha

Format kode QR terdiri dari kotak hitam dan putih yang tersusun dalam pola tertentu di dalam persegi. Namun, dengan teknologi AI, format itu berubah.

QR | cover: topik.id

Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan pesat dalam bidang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menghasilkan perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Salah satu dampak menarik dari penggunaan AI adalah perubahan dalam format kode QR (Quick Response). 

Kode QR, yang sebelumnya sudah dikenal dan digunakan secara luas, kini mengalami transformasi visual yang menarik.

Dulu, format kode QR terdiri dari kotak-kotak hitam dan putih yang tersusun dalam pola tertentu di dalam persegi. Namun, dengan bantuan teknologi AI, format kode QR menjadi lebih unik dan dinamis. 

Sekarang, kode QR tidak lagi terbatas pada pola kotak-kotak hitam dan putih, tetapi bisa mengadopsi berbagai desain yang lebih kreatif dan menarik.

QR 
Berkat kemampuan AI untuk memproses dan memahami informasi visual, kode QR kini dapat diubah menjadi berbagai bentuk dan warna yang lebih variatif. 

Misalnya, sebuah kode QR dapat diubah menjadi bentuk logo perusahaan dengan tampilan yang mengikuti identitas merek tersebut. 

Hal ini membantu dalam meningkatkan branding dan menciptakan kesan visual yang kuat.
QR
Selain itu, AI juga memungkinkan untuk menyesuaikan tampilan kode QR dengan latar belakang atau gambar tertentu. 

Sebagai contoh, kode QR dapat diintegrasikan ke dalam sebuah gambar atau poster dengan tetap mempertahankan fungsinya untuk menyimpan dan mengirimkan informasi.

Dalam hal keamanan, teknologi AI juga dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan kode QR. 

Dengan algoritma pengenalan visual yang canggih, AI dapat mendeteksi dan membedakan antara kode QR asli dan kode QR palsu yang dapat digunakan untuk tujuan penipuan.

QR
Perubahan format kode QR ini membawa unsur kreativitas dan keindahan baru. Kode QR yang terlalu rumit atau sulit dibaca dapat mengurangi efektivitasnya dalam mentransmisikan informasi.

Dalam era AI yang terus berkembang, format kode QR telah berevolusi menjadi lebih menarik dan fleksibel. 

Dengan sentuhan kreativitas AI, kode QR menjadi lebih dari sekadar alat praktis, tetapi juga menjadi elemen desain yang dapat memikat dan berinteraksi dengan audiens secara visual.

QR
Penggunaan teknologi AI dalam perubahan format kode QR merupakan contoh nyata bagaimana inovasi dapat mengubah cara berinteraksi dengan teknologi yang sudah ada. 

Dalam beberapa tahun ke depan, kemungkinan ada lebih banyak perkembangan menarik yang dihasilkan dari kolaborasi antara AI dan berbagai aspek kehidupan.

Berikut adalah beberapa nama situs web yang dapat digunakan untuk mendesain QR code:
Pastikan untuk memeriksa fitur dan opsi desain yang disediakan oleh masing-masing situs web, serta pastikan untuk memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks