5 Tools desain interior AI terbaik, cocok untuk arsitek dan desainer

Ardi Nugraha

Dasar-dasar desain interior merupakan prinsip utama yang digunakan dalam merencanakan dan menciptakan ruang yang fungsional, estetis dan efisien.

cover: topik.id
Teknologi terus berkembang pesat berkat kehadiran Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang telah membawa dampak positif di berbagai bidang, termasuk desain interior.


Bagi para arsitek yang ingin menciptakan ruang hunian yang sempurna, platform desain interior berbasis AI dapat menjadi solusi yang menarik. 

Memahami dasar desain interior sebelum menggunakan (AI), dasar-dasar desain interior merupakan prinsip utama yang digunakan dalam merencanakan dan menciptakan ruang yang fungsional, estetis dan efisien. 

Prinsip-prinsip ini membantu arsitek dan desainer interior dalam memahami bagaimana mengatur dan mengatur elemen-elemen dalam sebuah ruangan untuk mencapai tujuan desain yang diinginkan. 

Inilah beberapa dasar-dasar desain interior yang umum digunakan:
  • Ruang dan Tata Letak: Dasar desain interior yang penting adalah memahami ruang dan tata letak. Ini melibatkan pemahaman tentang ukuran, proporsi, dan fungsi ruangan yang akan didesain. Arsitek dan desainer perlu mempertimbangkan aspek-aspek seperti aliran lalu lintas, zona fungsional, dan pengaturan perabotan agar menciptakan tata letak yang efisien dan mudah digunakan.
  • Skala dan Proporsi: Skala dan proporsi adalah aspek penting dalam desain interior. Arsitek dan desainer harus mempertimbangkan ukuran perabotan, aksesori, dan elemen-elemen lainnya agar sesuai dengan ukuran ruangan. Keselarasan antara elemen-elemen tersebut dapat menciptakan keseimbangan visual dan menghindari kesan yang terlalu berlebihan atau terlalu kecil dalam ruang.
[cut]
cover: topik.id
  • Pencahayaan: Pencahayaan memainkan peran penting dalam desain interior. Pemilihan pencahayaan yang tepat, baik itu pencahayaan alami maupun buatan, dapat mempengaruhi suasana ruangan dan menyoroti fitur-fitur tertentu. Arsitek dan desainer perlu mempertimbangkan pengaturan pencahayaan yang memadai untuk menciptakan suasana yang diinginkan dan memberikan fungsi yang tepat.
  • Warna dan Pola: Pemilihan warna dan pola dapat memberikan dampak besar pada desain interior. Warna-warna yang cerah dan terang dapat menciptakan suasana yang bersemangat, sementara warna-warna yang lembut dan netral dapat memberikan kesan yang tenang. Pola dan tekstur juga dapat digunakan untuk menambahkan dimensi visual dan memperkaya tampilan ruangan.
  • Material dan Tekstur: Material dan tekstur yang digunakan dalam desain interior dapat memberikan keunikan dan karakteristik pada ruangan. Arsitek dan desainer perlu mempertimbangkan pemilihan material yang sesuai dengan kebutuhan fungsional, estetika, dan gaya desain yang diinginkan. Kombinasi material yang berbeda dapat menciptakan perpaduan yang menarik dan memperkaya tampilan keseluruhan.
  • Fungsionalitas dan Ergonomi: Fungsionalitas dan ergonomi adalah dasar penting dalam desain interior. Ruangan harus didesain agar sesuai dengan kebutuhan pengguna dan memberikan kenyamanan serta kemudahan penggunaan. Arsitek dan desainer perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti ruang penyimpanan, aksesibilitas, dan kenyamanan dalam merancang tata letak dan memilih perabotan yang tepat.
  • Kesatuan dan Konsistensi: Kesatuan dan konsistensi adalah prinsip dasar untuk menciptakan desain interior yang harmonis. Elemen-elemen dalam ruangan, seperti warna, gaya, dan tema, harus saling berkaitan dan mengikuti kesatuan yang konsisten. Ini menciptakan kesan yang terkoordinasi dan menyatu, menghasilkan ruangan yang nyaman dan estetis.
Lantas, tools berbasis AI apa saja yang bisa digunakan sesuai dasar dan prinsip desain interior di atas? Berikut ulasan lima platform desain interior AI terbaik yang dirangkum topik.id
[cut]
cover: topik.id


Decormatters.com adalah platform desain interior berbasis AI yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu arsitek dan desainer menciptakan tata letak dan dekorasi yang menarik. 

Dengan menggunakan teknologi AI, platform ini dapat memberikan saran tentang pemilihan furnitur, skema warna, dan pengaturan ruang yang optimal.

Decormatters.com juga dilengkapi dengan berbagai alat desain yang intuitif, seperti pemuatan gambar ruangan nyata untuk diubah menjadi desain virtual yang memukau.


Foyr.com adalah platform desain interior yang didukung oleh kecerdasan buatan. Dengan AI, platform ini dapat menganalisis preferensi pengguna dan memberikan rekomendasi desain yang sesuai. 

Foyr.com menawarkan berbagai pilihan furnitur, material, dan aksesori dari berbagai merek terkenal. 

Selain itu, platform ini juga dilengkapi dengan fitur rendering real-time yang memungkinkan arsitek dan desainer untuk melihat visualisasi 3D dari desain mereka secara langsung.


Smartdraw.com adalah platform desain interior berbasis AI yang populer di kalangan arsitek. 

Platform ini menawarkan berbagai template dan simbol yang dapat digunakan untuk membuat rencana tata letak ruangan dengan mudah. 

Dengan bantuan teknologi AI, Smartdraw.com dapat menghasilkan tata letak yang efisien dan ergonomis berdasarkan spesifikasi yang diberikan. 

Fitur-fitur seperti integrasi dengan perangkat lunak CAD dan kemampuan untuk membuat presentasi yang interaktif menjadikan Smartdraw.com salah satu pilihan terbaik untuk arsitek yang ingin membuat desain interior yang profesional.


Midjourney.com adalah platform desain interior yang menawarkan pendekatan unik dengan menggunakan teknologi AI. 

Platform ini menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk menganalisis data dan tren terkini dalam desain interior. 

Dengan informasi ini, midjourney.com dapat memberikan saran tentang tren warna, gaya desain, dan konsep ruangan yang populer. 

Para arsitek dan desainer dapat menggunakan platform ini untuk mendapatkan wawasan berharga dan inspirasi dalam menciptakan desain interior yang unik dan menarik.


Homestyler.com adalah platform desain interior berbasis AI yang dirancang untuk membantu pengguna dengan mudah membuat desain ruangan yang menarik.

Dengan antarmuka yang intuitif, pengguna dapat dengan cepat membuat tata letak 2D dan visualisasi 3D yang realistis. 

Homestyler.com juga menawarkan koleksi besar furnitur dan dekorasi yang dapat digunakan dalam desain. 

Dengan bantuan teknologi AI, platform ini dapat memberikan rekomendasi terkait pemilihan furnitur dan mengoptimalkan pengaturan ruangan.

Kesimpulan

Penggunaan teknologi AI telah membantu arsitek dan desainer menciptakan ruang hunian yang menarik dan fungsional. 

Platform desain interior berbasis AI seperti decormatters.com, foyr.com, smartdraw.com, midjourney.com, dan homestyler.com memberikan alat dan fitur yang inovatif untuk mendukung proses desain. 

Dengan menggunakan kecerdasan buatan, arsitek dapat mengoptimalkan tata letak, pemilihan furnitur, dan dekorasi, sehingga menciptakan ruang hunian yang sesuai dengan keinginan klien mereka. 

Ragam pilihan platform desain interior berbasis AI yang tersedia saat ini, para arsitek memiliki sumber daya yang tak ternilai untuk menghasilkan desain interior yang menakjubkan. Selamat mendesain!
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks