Pengguna medsos milik Elon Musk meroket, Threads nyungsep

Hardi Muttaqin

Elon Musk membagikan grafik peningkatan pengguna di media sosial X dan Mark mengakui pengguna Threads menurun.

logo threads dan x | foto: topik
Orang terkaya di dunia Elon Musk mengungkapkan jumlah pengguna bulanan platform media sosial (Medsos) X miliknya yang dulu dikenal sebagai Twitter, mencapai angka tertinggi dengan lebih dari 540 juta pengguna.

Analisis angka pengguna ini muncul saat perusahaan sedang mengalami perubahan nama perusahaan dan platform dari Twitter ke X.

Elon Musk terus berupaya meningkatkan pendapatan dari iklan yang mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir dengan memberikan program bagi hasil ke konten kreator secara global.

Dalam tweetnya Elon Musk membagikan grafik peningkatan pengguna di media sosial X. 

"𝕏 pengguna bulanan mencapai titik tertinggi baru di tahun 2023," bebernya. 


Sementara itu, big bos Meta Mark Zuckerberg mengatakan platform media sosial barunya, Threads, telah kehilangan banyak pengguna lebih dari separuh penggunanya. 

Saingan media sosial Twitter yang kini berganti nama X, meroket menjadi lebih dari 100 juta pengguna dalam waktu lima hari setelah peluncuran awal.

Namun, Mark Zuckerberg mengakui jumlah tersebut telah merosot tajam dari 100 juta orang yang mendaftar untuk menggunakan media sosialnya. 

"Jika Anda memiliki lebih dari 100 juta orang yang mendaftar, idealnya akan luar biasa jika mereka semua atau bahkan setengahnya bertahan. Kami belum sampai di sana," cetus Zuckerberg seperti dilansir dari BBC, Sabtu (29/7/2023).

Media sosial Threads juga dikritik karena fungsionalitas terbatas saat diluncurkan. 

Lantas, Meta telah menambahkan fitur baru ke Threads, seperti feed Following dan For You terpisah dan meningkatkan cakupan untuk menerjemahkan postingan ke dalam bahasa yang berbeda.

Threads trending di Google Indonesia.

Google Trends
Dalam waktu singkat, Threads telah mendapatkan popularitas yang besar di kalangan pengguna Indonesia dan menjadi trending pencarian pertama di halaman Google Trending.

Berikut daftar Trending Google, Kamis (6/7/2023) yang dilansir topik.id dari laman resmi Google: 

"Tren Penelusuran Harian menandai penelusuran yang melonjak secara signifikan dalam traffic di antara semua penelusuran selama 24 jam terakhir dan diperbarui setiap jam. Tren penelusuran ini menunjukkan kueri tertentu yang ditelusuri, serta jumlah absolut dari penelusuran yang dilakukan," keterangan tertulis di laman resmi Trending Google, Kamis (6/7/2023).

Keberhasilan Threads juga dapat dikaitkan dengan tren penggunaan media sosial di Indonesia. 

Pengguna media sosial di Indonesia semakin memilih platform yang memungkinkan mereka untuk berbagi cerita secara visual dan lebih terstruktur. 
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks