Sesuai UU, Meta stop total berbagi konten berita di Kanada

Tautan dan konten yang diposting oleh penerbit dan penyiar berita di Kanada tidak akan terlihat lagi oleh orang-orang di Kanada.

Ardi Nugraha
A- A+
logo Meta | cover: topik.id
Mematuhi Undang-Undang (UU) Berita Online, pihak Meta telah mulai menghentikan akses ke berita di Kanada baik di Facebook (FB) dan Instagram (IG). 

Perubahan ini mulai berlaku dan akan diluncurkan ke semua pengguna yang mengakses Facebook dan Instagram di Kanada dalam beberapa minggu mendatang ketentuan ini telah diperbarui pihak Meta pada hari Selasa (1/8/2023) waktu setempat.

"Tautan dan konten yang diposting oleh penerbit dan penyiar berita di Kanada tidak akan terlihat lagi oleh orang-orang di Kanada. Kami mengandalkan definisi legislatif dan panduan dari Undang-Undang Berita Online untuk menentukan organisasi mana yang merupakan media berita," ungkap pihak Meta dalam keterangan resminya yang diperbarui, Selesa (1/8/2023).

Untuk penerbit berita internasional, penerbit dan penyiar berita di luar Kanada masih dapat memposting tautan ke berita dan konten, namun konten ini tidak lagi tersedia untuk pengguna di Kanada. 

Namun pengguna di Kanada tidak lagi dapat melihat dan berbagi konten berita di Facebook dan Instagram, termasuk artikel berita dan konten audio visual yang diterbitkan oleh media berita. 

Pihak Meta juga menekankan tidak akan ada perubahan pada layanan Meta untuk orang yang menggunakan platform di luar Kanada. 

"Tidak akan ada perubahan pada layanan kami untuk orang yang menggunakan platform kami di luar Kanada," tulis Meta dalam blog resminya.

Berikut keterangan resmi dari Meta yang telah diperbarui Selasa (1/8/2023): 

Keputusan bisnis untuk mematuhi Undang-Undang Berita Online 

Hampir setahun yang lalu, kami menyuarakan ketakutan kamibahwa Undang-Undang Berita Online memaksa kami untuk berpikir tentang mempertahankan berbagi berita di platform kami. 

Kami telah bersikap transparan dan menjelaskan kepada Pemerintah Kanada bahwa undang-undang tersebut salah mengartikan nilai yang didapat media ketika mereka memilih untuk menggunakan platform kami. 

Undang-undang tersebut didasarkan pada kesalahpahaman bahwa Meta mendapat manfaat secara tidak adil dari konten berita yang dibagikan di platformnya, padahal yang benar adalah sebaliknya. 

Media berita secara sukarela menerbitkan konten di Facebook dan Instagram untuk meningkatkan jumlah pembaca dan meningkatkan keuntungan mereka. Di sisi lain, kami tahu bahwa bukan berita yang mendorong orang untuk menggunakan platform kami. 

Sementara proses regulasi sedang berjalan, sayangnya tidak memungkinkan adanya perubahan pada unsur-unsur fundamental hukum yang selama ini tidak realistis. 

Satu-satunya solusi kami untuk kepatuhan yang wajar terhadap undang-undang ini adalah menghentikan akses ke berita untuk pengguna Kanada. 

Kami mengumumkan perubahan ini, yang mulai berlaku hari ini, untuk memberikan jawaban yang jelas kepada jutaan warga Kanada dan bisnis yang menggunakan platform kami.

Warga Kanada masih dapat menggunakan platform kami untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan grup, serta untuk terlibat dengan komunitas lokal mereka dan membuat penemuan.

Berkolaborasi untuk memfasilitasi akses informasi secara online

Warga Kanada masih akan memiliki akses ke berita online dengan membuka langsung situs media berita, mengunduh aplikasi berita seluler, dan berlangganan outlet favorit mereka. 

Meta berkolaborasi dengan spesialis media digital Quebec Nellie Brière untuk mengedukasi masyarakat tentang cara terus memiliki akses ke berita dan informasi lokal. Klik di sini untuk melihat panduannya . 

Kami bangga dengan peran yang kami mainkan dalam mendukung ekosistem berita yang sehat dan beragam. 

Alat dan layanan gratis kami telah memungkinkan media lokal untuk terhubung dengan komunitas mereka dan media yang mapan untuk terus mengembangkan pemasaran bebas pemirsa mereka yang menghasilkan perkiraan nilai C$230 juta selama periode 12 bulan . 

Ke depannya, kami berharap Pemerintah Kanada akan mengakui nilai yang telah kami berikan kepada sektor informasi dan merefleksikan kebijakan yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip internet yang bebas dan terbuka, yang mendorong keragaman dan inovasi, serta mempertimbangkan kepentingan masyarakat. semua media berita dan penerbit pers yang membentuk lanskap media Kanada.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks