Misi Chandrayaan-3 berhasil mendarat di bulan, PM India gembira

Chandrayaan-3 mencapai tonggak penting dengan keberhasilan penyelesaian Lunar Orbit Insertion (LOI).

Ardi Nugraha
A- A+
Tangkapan layar selebaran yang diterima dari siaran langsung situs web Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO)
India menjadi negara keempat yang melakukan pendaratan pesawat luar angkasa di bulan, hal yang dicapai sebelumnya oleh AS, China dan Rusia sebelumnya Uni Soviet. 

Tidak satu pun dari misi ke bulan negara-negara itu yang berhasil mendarat di kutub selatan bulan. Kutub selatan di mana medannya kasar dan terjal dan belum pernah dijelajahi. Namun pesawat luar angkasa India dengan misi Chandrayaan-3 secara mulus mendarat di kutub selatan bulan, Rabu (23/8/2023) waktu setempat.

Dari laman resmin India Space Research Organisation (ISRO) melaporkan saat ini misi Chandrayaan-3 mencapai tonggak penting dengan keberhasilan penyelesaian Lunar Orbit Insertion (LOI). 
"Penyisipan dilakukan dengan cara retro-burning di Perilune selama 1835 detik, dimulai pukul 19.12 WIB. Manuver tersebut menghasilkan orbit 164 km x 18074 km. Ini adalah ketiga kalinya berturut-turut ISRO berhasil memasukkan pesawat ruang angkasanya ke orbit bulan, selain ke orbit Mars," keterangan resmi di laman ISRO.
Seiring berjalannya misi, serangkaian manuver telah direncanakan untuk secara bertahap mengurangi orbit Chandrayaan-3 dan memposisikannya di atas kutub bulan. Setelah beberapa manuver, modul propulsi akan terpisah dari pendarat saat berada di orbit. 

orbit Chandrayaan-3 | foto: ISRO
Setelah itu, serangkaian manuver pengereman yang rumit akan dilakukan untuk memfasilitasi pendaratan lunak di wilayah Kutub Selatan Bulan pada 23 Agustus 2023.

Sepanjang misi, kesehatan pesawat ruang angkasa terus dipantau dari Mission Operations Complex (MOX) di ISRO Telemetry, Tracking, and Command Network (ISTRAC), antena Indian Deep Space Network (IDSN) di Byalalu, dekat Bengaluru, dengan dukungan dari antena luar angkasa ESA dan JPL.

Chandrayaan-3 adalah misi eksplorasi bulan ketiga yang direncanakan oleh Indian Space Research Organization.

Sementara itu Perdana Menteri India Narendra Modi menyaksikan pendaratan bersejarah tersebut dari Afrika Selatan, di mana ia berpartisipasi dalam pertemuan puncak negara-negara BRICS.


"Untuk momen yang luar biasa ini saya ingin mengucapkan selamat dengan sepenuh hati kepada 1,4 miliar rakyat India. Anggota keluarga saya, dengan kerja keras dan bakat para ilmuwan kita, India telah mencapai kutub selatan (bulan) yang belum pernah dicapai oleh negara lain," jelas Modi.

PM Modi juga mengutarakan merasakan semangat sepanjang perjalanan dari Johannesburg untuk Chandrayaan-3.

"Antusiasme diaspora kami di Afrika Selatan terhadap prestasi India di bidang luar angkasa sungguh menggembirakan," ungkapnya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks