Ini syarat kreator kesehatan di Indonesia untuk YouTube Health

Ardi Nugraha

Channel YouTube tidak boleh dioperasikan oleh perusahaan farmasi, perusahaan asuransi kesehatan, atau perusahaan perangkat medis.

foto: Google Indonesia
YouTube menjadi salah satu sumber informasi utama bagi banyak orang. Platform ini menawarkan berbagai jenis konten, termasuk konten kesehatan yang menarik dan bermanfaat. 

Namun, tidak semua konten kesehatan di YouTube memiliki tingkat kepercayaan yang sama. Oleh karena itu, penting semua orang untuk dapat memilih konten kesehatan yang kredibel dan dapat diandalkan. 

Platform berbagi video milik Google itu tidak berhenti berinovasi, program kesehatan kali ini menjadi titik penting di kawasan Asia, YouTube Health memiliki misi membuat informasi kesehatan resmi lebih mudah diakses.

Kepala Petugas Kesehatan Google, Dr. Karen DeSalvo mengutarakan dalam YouTube Health untuk membantu orang lebih mudah menavigasi dan mengevaluasi informasi kesehatan yang kredibel. 
"Misi YouTube Health adalah membuat informasi kesehatan resmi lebih mudah diakses dan menarik. Tahun lalu, kami menambahkan panel informasi sumber kesehatan dan rak konten kesehatan untuk membantu orang lebih mudah menavigasi dan mengevaluasi informasi kesehatan yang kredibel," terang Dr. Karen DeSalvo di laman resmi Google.
Dengan memiliki akses terhadap informasi kesehatan yang akurat dan terverifikasi akan memberikan manfaat besar bagi pengguna dan membantu membuat keputusan yang tepat dalam menjaga kesehatan dan gaya hidup.

"Fitur-fitur ini memudahkan untuk menemukan video yang relevan dari berbagai sumber dalam bahasa setempat, dan tersedia dalam kemitraan dengan organisasi kesehatan setempat di seluruh wilayah, termasuk Jepang , India , Indonesia , dan Korea," jelasnya.

Sementara itu, Director dan Global Head of Healthcare and Public Health/ Head of YouTube Health Garth Graham, MD menjelaskan pihaknya bermitra dengan pakar kesehatan masyarakat dan klinis dari seluruh dunia untuk menyediakan akses yang adil ke pemikiran terbaik dan tercerdas di bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat.

"Informasi dapat membantu mendorong hasil kesehatan. Padahal, informasi merupakan penentu kesehatan. Video adalah format yang sangat efektif untuk berbagi informasi kesehatan dengan cara yang menarik, mudah dicerna, dan mendukung secara emosional. Kami bermitra dengan pakar kesehatan masyarakat dan klinis dari seluruh dunia untuk menyediakan akses yang adil ke pemikiran terbaik dan tercerdas di bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat," jelas Garth Graham, MD di laman resmi health.youtube.

Lanjutnya, YouTube Health ingin memberikan informasi kesehatan masyarakat yang benar-benar bersifat publik.

"Dengan kemitraan Anda, kami dapat menjadikan informasi kesehatan masyarakat benar-benar bersifat publik, dan berdampak positif bagi masyarakat dalam skala besar," jelasnya.
 
Organisasi terakreditasi (yang berasal dari negara-negara di mana fitur kesehatan telah diluncurkan), yang sudah memiliki mekanisme pemeriksaan standar (misalnya, rumah sakit terakreditasi, institusi medis akademik, departemen kesehatan masyarakat, dan organisasi pemerintah) sudah memenuhi syarat untuk fitur kesehatan dan tidak perlu mendaftar. 

"Individu dan organisasi yang memenuhi persyaratan di bawah dapat mendaftar untuk dapat mengakses fitur kesehatan ini. Untuk informasi lebih lanjut, buka Pusat Bantuan kami," keterangan tertulis dalam laman persyaratan YouTube Health.

Lantas, apa syarat kreator kesehatan di Indonesia? Berikut rinciannya sesuai dari laman form pengajuan YouTube Health:
  • Jika Anda mendaftar sebagai individu, Anda harus memiliki lisensi yang terdaftar dan aktif sebagai dokter, perawat, atau psikolog di Indonesia.
  • Jika Anda mendaftar atas nama organisasi, Anda harus memiliki lisensi yang terdaftar dan aktif sebagai dokter, perawat, atau psikolog di Indonesia dan mengawasi serta meninjau semua konten YouTube yang diposting oleh organisasi Anda.
  • Anda harus memastikan kepatuhan pada standar berbagi informasi CMSS/NAM/WHO.
  • Channel YouTube harus memiliki minimal 2.000 jam waktu tonton publik dalam 12 bulan terakhir atau 5 juta penayangan Shorts publik yang valid dalam 90 hari terakhir.
  • Channel YouTube harus berfokus pada informasi kesehatan.
  • Channel YouTube tidak boleh memiliki teguran Pedoman Komunitas yang aktif.
  • Channel YouTube tidak boleh dioperasikan oleh perusahaan farmasi, perusahaan asuransi kesehatan, atau perusahaan perangkat medis.
Profesi yang memenuhi syarat:
  • Dokter Berlisensi (memenuhi syarat untuk praktik kedokteran di Indonesia).
  • Perawat Berlisensi.
  • Psikolog Berlisensi.
Untuk program ini YouTube memberikan catatan sebagai syarat penting untuk pendaftaran akan diverifikasi sebelum penerimaan.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks