Partisipasi industri otomotif, mobil listrik ramaikan KTT ASEAN ke-43

Ardi Nugraha

Ketersediaan ratusan kendaraan ramah lingkungan ini merupakan hasil partisipasi industri otomotif Indonesia.

Mobil listrik moda transportasi KTT ASEAN 2023 | foto: asean2023.id
Mobil listrik menjadi moda transportasi utama pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 5—7 September 2023. 

Dalam laporan di laman resmi asean2023.id, Minggu (3/9/2023) ketersediaan ratusan kendaraan ramah lingkungan ini merupakan hasil partisipasi industri otomotif Indonesia.

Penggunaannya sebagai moda transportasi utama untuk acara-acara resmi internasional di Indonesia juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pemerintah Indonesia. Pengembangan kendaraan listrik sendiri merupakan upaya peralihan dari bahan bakar fosil ke sumber energi baru terbarukan.

KTT ASEAN ke -43 tahun 2023 yang berlangsung setelah KTT ASEAN ke-42 tahun 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 9 – 11 Mei 2023, dan KTT G-20 di Nusa Dua Bali, pada tanggal 15 – 16 November 2022 merupakan kali ketiga pabrikan otomotif nasional mengikuti ajang internasional.

Empat produsen mobil nasional yaitu PT BMW Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Wuling Motors—berkolaborasi dan meminjamkan kendaraan roda empatnya dalam rangka penyediaan armada operasional KTT ASEAN ke- 43 . di Jakarta.

BMW Indonesia telah menyerahkan 36 produk terbarunya, BMW i7 xDrive60 Grand Lusso, kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Penyerahan dilakukan oleh Senior Vice President Sales Region untuk Asia-Pasifik, Eropa Timur, Timur Tengah, dan Afrika, Jean-Philippe Parain di Jakarta pada 6 Juni 2023.

Menurut Jodie O'tania dari Corporate Communications Department BMW Indonesia saat dihubungi di Jakarta, Sabtu 2 September 2023, seluruh kendaraan hanya membutuhkan waktu 34 menit untuk pengisian baterai 80 persen. Kendaraan tersebut saat ini berada di Kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan yang akan dijadikan venue utama KTT ASEAN ke-43 tahun 2023 .

Jodie mengatakan, pihaknya juga telah memberikan pelatihan khusus kepada personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan mengoperasikan kendaraan buatan Jerman tersebut.

"Kami memberikan pelatihan khusus kepada Paspampres cara mengemudikannya, termasuk informasi fitur-fitur khusus BMW i7," ujarnya.

Selain itu, HMID juga telah meminjamkan total 74 unit Hyundai IONIQ 6 dan 272 unit IONIQ 5 untuk acara 43rd ASEAN Summit 2023. Penyerahan tersebut dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 di Tangerang, Banten, pada 11 Agustus 2023. 

Unit IONIQ 6 akan digunakan untuk angkutan dinas delegasi VVIP, sedangkan IONIQ 5 akan digunakan sebagai kendaraan protokol, kendaraan pengamanan, kendaraan penyelamat, dan kendaraan operasional panitia nasional.

Setya Utama, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, menyampaikan terima kasih atas dukungan Hyundai Motors Indonesia di KTT ASEAN. 

"Kami berterima kasih atas dukungan Hyundai Motors Indonesia terhadap KTT ASEAN ke-43 tahun 2023, menyusul dukungan mereka sebelumnya pada KTT ASEAN di Labuan Bajo dan KTT G-20 di Bali," kata Setya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks