Biar sulit dibobol, Google perkuat perlindungan sandi lintas akun

Tamara

Kata sandi sering kali menjadi inti masalah keamanan siber utama saat ini.

foto: ilustrasi
Keamanan data menjadi salah satu prioritas utama bagi pengguna internet. Ancaman keamanan seperti peretasan akun atau pencurian data pribadi telah menjadi masalah yang meresahkan bagi banyak individu dan perusahaan. 

Salah satu cara utama untuk melindungi akun dari ancaman ini adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan aman. Mengenali pentingnya ini, Google telah mengambil langkah besar dengan memperkuat perlindungan sandi lintas akun, memberikan lapisan tambahan keamanan bagi jutaan pengguna di seluruh dunia.

Wakil Presiden, Teknik Keamanan Google, Heather Adkins mengungkapkan kata sandi sering kali menjadi inti masalah keamanan siber utama saat ini, itulah sebabnya Google terus menciptakan teknologi autentikasi baru selama bertahun-tahun.
"Pada tahun 2022, dalam rangka Hari Kata Sandi Sedunia , kami meluncurkan kunci sandi. Hari ini, dengan bangga kami mengumumkan bahwa keduanya telah digunakan untuk mengautentikasi pengguna lebih dari 1 miliar kali di lebih dari 400 juta Akun Google. Kami juga dengan gembira mengumumkan perluasan program Perlindungan Lintas Akun dan pembaruan baru pada kunci sandi," tulis Heather Adkins di blog resmi Google.
Heather juga merincikan memperluas perlindungan lintas akun untuk program berbagi pemberitahuan keamanan, dengan cara yang menjaga privasi, dengan perusahaan lain yang menjalankan aplikasi dan layanan non-Google yang digunakan. 

"Hal ini membantu mencegah penjahat dunia maya mendapatkan pijakan di salah satu akun Anda dan menggunakannya untuk menyusup ke akun lain. Saat ini kami melindungi 2,4 miliar akun di 3,4 juta aplikasi dan situs, dan mengembangkan kolaborasi kami di seluruh industri untuk menjaga miliaran pengguna lebih aman saat online. Program ini dibangun berdasarkan Shared Signals Framework , yang kami bantu buat dan luncurkan pada tahun 2019, dan di tahun mendatang kami memperluas kemitraan dan dukungan kami untuk program ini. Nantikan aplikasi dan layanan favorit Anda yang mana yang mulai menggunakan Perlindungan Lintas Akun," ungkapnya.

Selain itu, Google juga memberikan informasi dalam waktu kurang dari setahun, kunci sandi telah digunakan untuk mengautentikasi orang lebih dari 1 miliar kali di lebih dari 400 juta Akun Google. Passkey mudah digunakan dan tahan phishing, hanya mengandalkan sidik jari, scan wajah atau pin membuatnya 50% lebih cepat dibandingkan password. 

"Faktanya, setiap hari kunci sandi sudah lebih sering digunakan untuk autentikasi di Akun Google dibandingkan bentuk 2SV yang lama, seperti gabungan kata sandi satu kali (OTP) SMS dan OTP berbasis aplikasi (seperti aplikasi Authenticator)," jelasnya kembali.

Dalam pembaruan ini, Google membaginya menjadi tiga bagian prioritas, seperti kunci sandi untuk pengguna berisiko tinggi dan lebih banyak menyimpan kunci sandi serta meningkatnya dukungan industri terhadap kunci sandi.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks