Siap dukung Gen AI, MediaTek luncurkan Dimensity 9300+

Dharma Putra

Dimensity 9300+ mengintegrasikan mesin raytracing perangkat keras generasi ke-2 dengan GPU Arm Immortalis-G720.

foto: mediatek
Persaingan dalam pasar market artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan semakin memanas. MediaTek, sebagai salah satu pemain utama dalam industri semikonduktor, tidak tinggal diam. 

MediaTek resmi meluncurkan Dimensity 9300+, chip seluler andalan terbaru dalam portofolio Dimensity MediaTek. Dimensity 9300+ menawarkan peningkatan kecepatan clock dan dirancang untuk mempercepat pemrosesan AI generatif pada perangkat, menawarkan dukungan yang lebih luas untuk LLM, dan peningkatan kinerja lainnya dibandingkan Dimensity 9300.
"Dimensity 9300+ akan membantu kami terus membangun ekosistem aplikasi AI generatif yang kaya berkat dukungan LLM yang luas pada chip tersebut dan LoRA Fusion pada perangkat," jelas JC Hsu, Corporate Senior Vice President di MediaTek dalam keterangan persnya yang dikutip topik.id, Jumat (10/5/2024).
Lanjutnya, Dimensity 9300+ menawarkan kinerja dan penyempurnaan yang mengesankan untuk mempercepat inferensi LLM, menjalankan token lebih cepat untuk pengalaman pengguna.

"Untuk meningkatkan pengalaman AI ini, Dimensity 9300+ menawarkan kinerja dan penyempurnaan yang mengesankan untuk mempercepat inferensi LLM, menjalankan token lebih cepat untuk pengalaman pengguna yang lebih baik," tambahnya.

Memanfaatkan desain All-Big-Core dengan proses TSMC 4nm generasi ke-3, Dimensity 9300+ memiliki satu inti Arm Cortex-X4 yang beroperasi hingga 3,4 GHz, ditambah tiga inti Cortex-X4 dan empat inti Cortex-A720. Dimensity 9300+ juga menawarkan pemrosesan AI dibandingkan generasi sebelumnya berkat teknologi NeuroPilot Speculative Decode Acceleration baru dari MediaTek dalam mesin AI generatif terbaru perusahaan. 

"Mesin APU 790 AI yang bertenaga memungkinkan Dimensity 9300+ tidak hanya mendukung LLM dengan parameter 1B, 7B, dan 13B, dengan skalabilitas hingga 33B, namun juga menjalankan LLM dengan cepat dan efisien. Dengan Akselerasi Dekode Spekulatif NeuroPilot, Dimensity 9300+ dapat menjalankan LLM dengan tujuh miliar parameter dengan 22 token per detik, lebih dari 2X lipat kecepatan solusi pasar massal yang kompetitif," jelasnya.

Perangkat keras generasi ke-2.

MediaTek Dimesity 9300+
Dimensity 9300+ mengintegrasikan mesin raytracing perangkat keras generasi ke-2 dengan GPU Arm Immortalis-G720, memberikan pengalaman raytracing yang cepat kepada para gamer pada 60 FPS yang mulus, bersama dengan efek pencahayaan global tingkat konsol. Chip ini juga memanfaatkan teknologi HyperEngine terbaru dari MediaTek untuk membawa game ke level berikutnya. 

Sementara itu, MediaTek Adaptive Gaming Technology (MAGT) menawarkan peningkatan efisiensi daya ketika diaktifkan pada judul game populer, membantu memperpanjang masa pakai baterai dan menjaga perangkat tetap dingin. Selain itu, chip ini mengintegrasikan Network Observation System (NOS) baru dari HyperEngine untuk meningkatkan konkurensi jaringan ganda Wi-Fi/Seluler dan memanfaatkan teknologi prediksi jaringan yang tepat. Bila diaktifkan, MediaTek NOS menawarkan penghematan daya hingga 10% dan penghematan data seluler hingga 25%.

"Dengan ISP Imagiq 990 MediaTek yang menawarkan pemrosesan RAW 18-bit, Dimensity 9300+ memungkinkan pengguna mengambil foto dan video luar biasa, bahkan di lingkungan dengan cahaya redup. Imagiq 990 memiliki Mesin Video Analisis Semantik AI bawaan untuk mendukung fitur videografi AI tingkat lanjut termasuk segmentasi 16 adegan dengan pengambilan video waktu nyata untuk mengurangi kebisingan, meningkatkan kecerahan, dan menyempurnakan warna. Selain itu, Dimensity 9300+ mengintegrasikan MiraVision 990 dari MediaTek, yang memiliki teknologi mesin kedalaman AI canggih untuk menyempurnakan konten ponsel cerdas," ungkapnya.

Dimensity 9300+ ideal untuk berbagai aplikasi AI, menawarkan:
  • Dukungan untuk LoRA Fusion dan NeuroPilot LoRA Fusion 2.0 pada perangkat sehingga pengembang dapat dengan cepat memasarkan aplikasi AI generatif baru dengan teks, gambar, musik, dan banyak lagi.
  • Dukungan untuk LLM terbaru termasuk 01.AI Yi-Nano, Alibaba Cloud Qwen, Baichuan AI, ERNIE-3.5-SE, Google Gemini Nano, dan Meta Llama 2 dan Llama 3.
  • Delegasi ExecuTorch untuk ekosistem yang menerapkan inferensi pada perangkat.
Seperti diketahui MediaTek juga memberikan konektivitas yang cepat dan andal kepada pengguna dalam berbagai skenario, Dimensity 9300+ menyertakan modem 5G R16 yang dirancang dengan kesadaran situasional AI. Modem ini mendukung 4CC-CA Sub-6GHz dengan downlink hingga 7Gbps.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks