Google gunakan AI untuk pemasaran, pebisnis RI bisa tambah cuan

Membantu para pebisnis di Indonesia dalam melakukan pemasaran dengan kamajuan teknologi.

Tamara
A- A+
Country Marketing Manager, Google Indonesia Muriel Makarim. | foto: @google
Google kembali membuat terobosan dalam dunia pemasaran digital dengan mengintegrasikan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI) dalam platform iklannya, Google Ads. 

Langkah ini diyakini akan memberikan solusi dan dampak besar bagi para pengiklan di Indonesia, memungkinkan para pebisnis untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dengan efisien dan meningkatkan pendapatan atau keuntungan (cuan).

Gelaran Google Marketing Live Indonesia 2024 di Jakarta, Google dan sejumlah pemimpin industri menunjukkan bagaimana AI akan mengubah lanskap pemasaran. Acara ini menggarisbawahi pentingnya dunia usaha mengadopsi AI agar mampu terus berkembang di lingkungan digital yang kian kompleks. 

Country Marketing Manager, Google Indonesia Muriel Makarim merincikan bagaimana AI bisa membantu para pebisnis di Indonesia dalam melakukan pemasaran dengan kamajuan teknologi.
"AI bukan sekadar kemajuan teknologi, tetapi juga sebuah perubahan besar dalam cara kita melakukan pemasaran," jelas Muriel Makarim, Country Marketing Manager, Google Indonesia, dikutip Selasa (9/7/2024).
Muriel juga menekankan pertumbuhan pesat kapabilitas AI, menyoroti potensinya dalam membuka peluang yang jauh lebih besar bagi bisnis, dan menunjukkan bahwa saat ini AI sudah dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan hasil nyata. 

Selain itu, dia juga mengumumkan peluncuran iklan belanja dalam hasil penelusuran visual. Dengan memungkinkan orang mengunggah foto atau screenshot untuk melakukan penelusuran. 

"Fitur ini akan meningkatkan pengalaman belanja konsumen dan membantu menghubungkan brand dengan audiens yang memiliki minat tinggi," ungkapnya.

Sementara itu, Managing Director, Product Specialist Team, Google, Gaurav Kapoor mengumumkan berbagai fitur menarik dan penyempurnaan baru yang berteknologi AI. 

Dia menjelaskan bagaimana pembuatan aset pemasaran dengan dukungan AI dalam kampanye Performa Maksimal (Performance Max) dapat membantu pemasar menghasilkan aset teks dan gambar untuk kampanye mereka hanya dengan beberapa klik dengan pengalaman percakapan di iklan Search.

"Pemasar dapat memasukkan URL halaman landing mereka dan Google AI akan otomatis membuat deskripsi singkat tentang bisnis terkait dan menyarankan judul, kata kunci, serta gambar yang relevan," terangnya.

Dalam sisi pemasaran tertarget, Video Sales Specialist, Carolyn Fu, dan Head of Search and Shopping Solutions, Shabana Badami, menguraikan sebuah rencana tindakan yang komprehensif bagi bisnis untuk memaksimalkan dampak dengan pemasaran berteknologi AI. 

"Mengambil keputusan berdasarkan data dan bagaimana alat baru kami. Dasar-Dasar AI Google Ads, dapat membantu bisnis besar maupun kecil mengoptimalkan kampanye mereka dengan dukungan AI langsung dari dalam Google Ads," jelasnya.

Di lain sisi, Media and Digital Lead Danone AQUA, Intan Andini membagikan pengalaman dalam memanfaatkan solusi AI Google untuk mencapai hasil bisnis yang signifikan. AQUA menekankan kemampuan transformatif AI dalam mendorong pertumbuhan.

"Kampanye AQUA di bulan Ramadan berhasil mencapai efisiensi dan dampak yang luar biasa dengan memanfaatkan AI. Kampanye ini menciptakan pengalaman yang personal dan menarik bagi konsumen. Kami mentransformasi aset kreatif dari jumlah yang terbatas menjadi sejumlah aset beragam yang masing-masing memainkan peran spesifik dalam strategi pemasaran," beber Intan. 
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks