![]() |
Meta AI |
Direktur Kebijakan Monetisasi Meta, Pedro Pavón merincikan memprioritaskan transparansi dan tanggung jawab dalam batasan pengiklan. Mulai tahun lalu pihaknya mulai memberi label pada iklan yang dibuat atau diedit secara signifikan menggunakan fitur kreatif AI generatif.
"Di Meta, kami terus memprioritaskan transparansi dan tanggung jawab dalam batasan pengiklan kami. Mulai tahun lalu, kami mulai memberi label pada iklan yang dibuat atau diedit secara signifikan menggunakan fitur kreatif AI generatif kami , yang tersedia di alat pemasaran pengiklan kami. Saya akan menjelaskan di bawah ini bagaimana kami mengembangkan pendekatan kami dan cara kerja sistem tersebut," tulis Pedro di laman resmi Meta, dikutip (5/2/2025).
Inisiatif ini, yang dikembangkan bekerja sama dengan para ahli, bertujuan untuk memperjelas pengaruh perangkat ini pada iklan, sehingga meningkatkan kepercayaan.
Label akan menunjukkan suntingan yang signifikan atau penyertaan manusia fotorealistik yang dihasilkan AI, dengan rencana untuk memperluas pelabelan ini ke perangkat AI non-Meta seiring dengan berkembangnya ekspektasi.
Meta mengutamakan transparansi dan tanggung jawab dalam praktik periklanannya. Sejak tahun lalu, mereka telah memberi label pada iklan yang dibuat atau diedit secara signifikan menggunakan fitur AI generatif yang tersedia di alat pemasaran pengiklan.
Pendekatan ini didasari oleh kolaborasi berkelanjutan dengan para ahli dan pemangku kepentingan, yang menyadari ekspektasi transparansi yang berubah dengan cepat seputar AI generatif.
"Kami telah bekerja sama dengan para ahli, pemangku kepentingan kebijakan, dan mitra industri di seluruh dunia untuk mengembangkan pendekatan kami. Kami menyadari bahwa ekspektasi transparansi seputar AI generatif berkembang pesat, dan kami berkomitmen untuk memberikan informasi yang jelas tentang bagaimana perangkat AI generatif kami berkontribusi pada iklan yang dilihat orang di layanan kami," jelasnya kembali.
Sistem pelabelan AI.
Sistem pelabelan AI dirancang untuk memberi tahu pengguna saat gambar dan video telah dibuat atau diedit secara signifikan dengan alat AI generatif Meta. Label akan muncul di menu tiga titik atau di samping label "Disponsori" berdasarkan tingkat keterlibatan AI:
Tanpa Label : Jika alat AI generatif tidak menghasilkan suntingan yang signifikan atau menyertakan manusia yang fotorealistik.
Label AI : Jika ada suntingan signifikan yang dibuat atau jika manusia fotorealistik hasil rekayasa AI disertakan, label akan muncul di samping label Disponsori.
Meta berkomitmen untuk menyempurnakan alat transparansi iklannya dan akan membagikan informasi lebih lanjut tentang pelabelan untuk alat AI generatif non-Meta. Upaya ini merupakan bagian dari tujuan yang lebih luas untuk membangun kepercayaan dan akuntabilitas dalam praktik periklanan.
Pengguna masih dapat mengakses informasi tentang alasan mereka melihat iklan tertentu melalui alat "Mengapa saya melihat iklan ini?", menyembunyikan iklan dari pengiklan tertentu, dan mengelola preferensi iklan mereka.
Meta menekankan penggunaan model pembelajaran mesin dan AI generatif yang bertanggung jawab dalam menayangkan iklan.
"Kami tetap berkomitmen untuk meningkatkan alat transparansi iklan kami dan mencari cara baru untuk memberi orang pemahaman yang lebih baik tentang cara kami menggunakan data dan teknologi untuk menampilkan iklan kepada mereka. Memberikan transparansi seputar alat AI generatif buatan kami sendiri adalah langkah pertama dalam perjalanan transparansi AI generatif iklan kami," terangnya.