iklan - scroll untuk melanjutkan membaca.

YouTube rilis Open Call, hubungkan merek dengan kreator

Konsep panggilan terbuka ini menjembatani kesenjangan antara merek dan kreator dengan cara yang lebih transparan.

author photo
A- A+
cover | @ist
YouTube baru saja meluncurkan fitur terbaru bernama Open Call, sebuah inovasi dari YouTube BrandConnect yang bertujuan untuk memudahkan merek dalam menemukan dan merekrut kreator secara massal. Dengan fitur ini, merek dapat mengajukan panggilan terbuka yang memungkinkan kreator dari Program Mitra YouTube untuk merespon dengan membuat konten video sesuai dengan panduan kreatif yang diberikan. Proses ini membuka peluang kolaborasi yang lebih luas dan efisien antara merek dan kreator.

Konsep panggilan terbuka ini menjembatani kesenjangan antara merek dan kreator dengan cara yang lebih transparan dan terstruktur. Kreator dari berbagai ukuran, mulai dari yang baru memulai hingga yang sudah besar, memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi. Hal ini sangat membantu merek dalam memanfaatkan kepercayaan dan pengaruh kreator yang sudah mereka bangun di komunitas mereka, sehingga strategi pemasaran sosial bisa berjalan lebih efektif.
"Kreator YouTube menyediakan akses langsung ke audiens yang terlibat bagi merek, mendorong pengaruh, dan memberikan hasil bisnis. Di Cannes Lions 2025, kami mengumumkan panggilan terbuka, fitur baru yang didukung oleh YouTube BrandConnect," tulis YouTube dalam pengumuman resminya, dilansir Rabu (18/6/2025).
Melalui panggilan terbuka, merek dapat mempublikasikan ringkasan kreatif yang berisi detail kampanye di dalam hub kemitraan kreator YouTube. Kreator yang tertarik kemudian dapat langsung membuat dan mengirimkan konten video mereka untuk kampanye tersebut. Merek kemudian memiliki kebebasan untuk memilih dan menyetujui video mana yang akan digunakan sebagai iklan kemitraan, sekaligus melacak kinerja setiap konten tersebut secara real-time.

Peluang yang dibuka oleh fitur ini sangat besar, terutama karena kreator bisa menanggapi berbagai panggilan terbuka sekaligus. Dengan demikian, merek bisa mendapatkan berbagai opsi konten yang beragam, dari berbagai gaya dan audiens. Ini tidak hanya meningkatkan variasi konten yang dapat dipilih, tetapi juga memaksimalkan jangkauan dan dampak kampanye di platform YouTube.

YouTube BrandConnect memang sengaja menciptakan fitur ini sebagai solusi atas tantangan perekrutan kreator yang selama ini cukup kompleks. Dengan adanya panggilan terbuka, merek bisa lebih cepat dan mudah menjangkau kreator yang tepat tanpa harus melalui proses seleksi yang panjang dan birokratis. Semua proses bisa dilakukan dalam satu platform yang terintegrasi.

Selain itu, fitur ini memungkinkan pengiklan mengukur hasil kampanye dengan lebih akurat. YouTube menyediakan metrik lengkap untuk melihat performa video kreator, sehingga merek dapat menilai efektivitas konten berdasarkan data yang nyata. Pendekatan berbasis data ini memberi keuntungan strategis bagi pengiklan dalam mengoptimalkan anggaran pemasaran mereka.

Saat ini, panggilan terbuka baru tersedia untuk pengiklan tertentu sebagai tahap awal peluncuran. Namun, YouTube berjanji akan membuka akses fitur ini secara lebih luas dalam waktu dekat. Ini tentu menjadi kabar baik bagi para kreator dan pengiklan yang ingin memperkuat kolaborasi dan meningkatkan hasil pemasaran digital mereka melalui YouTube.

"Panggilan terbuka memberi kesempatan bagi kreator dari berbagai skala untuk menjalin hubungan baru dengan merek. Dan merek dapat mengandalkan relevansi dan kepercayaan kreator YouTube untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari strategi sosial mereka di YouTube," jelasnya.

Keunggulan utama dari panggilan terbuka adalah kemampuannya menghubungkan merek dengan kreator dari berbagai skala secara simultan. Dengan sistem ini, kreator yang sebelumnya mungkin kurang dikenal pun memiliki kesempatan untuk terlibat dalam kampanye besar, sehingga mendemokratisasi akses dan memperkaya ekosistem konten kreatif di YouTube.

Di acara Cannes Lions 2025, YouTube secara resmi memperkenalkan fitur ini sebagai langkah revolusioner dalam dunia pemasaran kreatif. Hadirnya panggilan terbuka diharapkan bisa memperkuat posisi YouTube sebagai platform utama dalam menjembatani kreator dan merek, sekaligus mendorong kolaborasi yang lebih kreatif dan efektif di masa depan.

Secara keseluruhan, Open Call dari YouTube BrandConnect adalah terobosan yang sangat dinantikan. Dengan cara kerja yang simpel namun efektif, fitur ini memudahkan merek dalam merekrut kreator dan memungkinkan kreator untuk lebih aktif menjalin kemitraan baru. Ini adalah langkah maju yang membuka banyak peluang bagi ekosistem kreatif digital di Indonesia dan dunia.

"Panggilan terbuka saat ini tersedia untuk pengiklan terpilih, dan kami akan membagikan detail lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang," ungkapnya.


Share:
Premium.
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Update
Indeks