Kurangi beban kerja, Alibaba kerahkan kekuatan penuh AI

Alibaba melaporkan konsumen merasakan manfaat dari dukungan berbasis AI.

author photo
A- A+
Kurangi beban kerja, Alibaba kerahkan kekuatan penuh AI
Merek-merek baru dan yang sedang berkembang terus menorehkan prestasi selama 11.11 | dok: Alibaba

Alibaba menghadirkan transformasi besar pada festival belanja 11.11 tahun 2025 dengan penerapan penuh teknologi kecerdasan buatan, artificial intelligence (AI) di seluruh ekosistemnya. 

Untuk pertama kalinya, seluruh lini bisnis mulai dari Taobao hingga Tmall memanfaatkan AI generatif secara luas guna mendukung pengalaman berbelanja, strategi pemasaran, dan operasional para pedagang. Langkah ini menandai era baru di mana otomatisasi dan analitik cerdas menjadi tulang punggung efisiensi bisnis Alibaba.

"Tahun ini menandai 11.11 pertama di mana AI generatif telah diterapkan secara luas di seluruh ekosistem Alibaba. Para pedagang dan konsumen di Taobao dan Tmall telah merasakan manfaat nyata. Alat AI Business Advisor telah menghasilkan lebih dari lima juta laporan analitis sejak Oktober, membantu para pedagang mempersiapkan dan mengelola kampanye," tulis Alibaba dalam laporan resminya, seperti dilansir topik.id, Selasa (11/11/2025).

Perusahaan yang berbasis di Tiongkok itu juga melaporkan, bahwa survei menunjukkan bahwa alat tersebut telah mengurangi beban kerja pedagang hingga 30% dan meningkatkan efisiensi operasional hingga 150%. 

Guna mendukung pemasaran dan produksi kreatif, rangkaian Konten Buatan AI (AIGC) Alibaba telah memungkinkan para pedagang menghasilkan lebih dari 150 juta aset visual sejak Oktober, menghasilkan peningkatan klik dua digit selama pengujian A/B.

"Konsumen juga merasakan manfaat dari dukungan berbasis AI. Dianxiaomi , asisten layanan pelanggan cerdas untuk Taobao dan Tmall, menangani 300 juta pertanyaan selama periode 11.11 ini. Tingkat konversi yang meningkat 30% dari tahun ke tahun dialami oleh para pedagang yang menggunakan layanan berbasis AI," ungkap Alibaba.

Merek baru menarik minat konsumen. 

Merek-merek baru dan yang sedang berkembang terus menorehkan prestasi selama 11.11, menarik minat konsumen dengan produk-produk khas dan personal yang mengubah minat khusus menjadi gaya hidup umum, mulai dari teleskop pintar yang terjangkau bagi penggemar astronomi hingga papan ketik yang dapat disesuaikan bagi pecinta teknologi.

"Sejak awal kampanye, 302 merek yang diluncurkan di Tmall dalam lima tahun terakhir telah memuncaki subkategori mereka. Sektor ibu dan bayi memimpin dengan 37 merek unggulan baru, sementara kategori olahraga & luar ruangan dan perbaikan rumah masing-masing mencatat 31 merek unggulan," jelas dalam laporan itu.

Secara total, 14 pendatang baru telah melampaui penjualan RMB100 juta, sementara 133 merek lainnya melampaui RMB 10 juta. Merek-merek dengan kinerja terbaik antara lain produsen makanan hewan peliharaan ROSY FRESH, merek pengering berkecepatan tinggi Laifen, dan produsen printer 3D Bambu Lab.

Share:
Premium.
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Update
Indeks