Melongok potret klasik Soeharto yang jarang diketahui publik

Rakyat Indonesia mengenal sosok Presiden Republik Indonesia (RI) ke-2, Soeharto sebagai pemimpin yang tegas. Siapa sangka, pembangunan negara RI tampak mulai tumbuh pada masa pemerintahannya.

Editor: Taufik
Bagikan:

Soeharto, Presiden Republik Indonesia ke-2, menjabat dari tahun 1967 sampai 1998.
Rakyat Indonesia mengenal sosok Presiden Republik Indonesia (RI) ke-2, Soeharto sebagai pemimpin yang tegas. Siapa sangka, pembangunan negara RI tampak mulai tumbuh pada masa pemerintahannya.

Soeharto menjabat presiden RI dari tahun 1967 sampai 1998. Tidak terbantahkan Soeharto masih diperdebatkan sampai saat ini, dalam masa kekuasaannya yang disebut Orde Baru, Soeharto membangun negara yang stabil dan mencapai kemajuan ekonomi dan infrastruktur.

Di mata dunia internasional, terutama di Amerika dan Eropa, Soeharto sering disebutan-sebut sebagai "The Smiling General" (Sang Jenderal yang Tersenyum) karena raut wajahnya yang selalu mudah tersenyum.

Soeharto juga disebut sebagai bapak pembangunan Indonesia, karena yang beliau lakukan untuk pembangunan dan kestabilan negara selama menjabat sebagai presiden dengan programnya yang dikenal 'Repelita' atau Rencana Pembangunan Lima Tahun adalah satuan perencanaan yang dibuat oleh pemerintah Orde Baru.

Kendati begitu mantan jenderal TNI ini juga disebut-sebut sebagai presiden diktator selama kepemimpinannya, bagaimanapun Soeharto tetap pernah menjadi pemimpin negara RI mencatat sejarah sebagai presiden ke-2 RI.

Berikut ini ada bukti-bukti dari beberapa potret klasik Soeharto selama menjabat sebagai presiden ke-2 RI yang jarang diketahui publik dan jauh dari kehidupannya sebagai militer.

Inilah galeri foto yang memperlihatkan bagaimana kehidupan sehari-hari Soeharto yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber.
[cut]

1. Duduk di pinggir jalan.


Seoharto terlihat duduk di pinggir jalan sembari memandang dengan posisi kaki terlentang ke depan.
[cut]

2. Bukti cinta dan kesetian.


Soeharto dikenal sebagai sosok suami yang penyayang terhadap keluarga dan istrinya, Siti Hartinah.
[cut]

3. Naik kuda.


Presiden Soeharto sedang naik kuda
[cut]

4. Jadi kusir.


Soeharto jadi kusir delman saat kunjungan kenegaraan
[cut]

5. Sedang piknik.


Keluarga Presiden Soeharto sedang piknik di Kepulauan Seribu

Bagikan:
Komentar

Terbaru