Penampakan kota-kota kosong melompong karena virus corona

World Health Organization (WHO) organisasi kesehatan dunia menetapkan virus corona sebagai pandemi.

Editor: Dharma Putra
Bagikan:
kota-kota kosong karena virus corona | @istimewah
World Health Organization (WHO) organisasi kesehatan dunia menetapkan virus corona sebagai pandemi. Maka setidaknya ada tiga kriteria umum sebuah penyakit dikatakan sebagai pandemi, diantaranya:

1. Virus dapat menyebabkan penyakit atau kematian. 

2. Penularan virus dari orang ke orang terus berlanjut tak terkontrol. 

3. Virus telah menyebar ke hampir seluruh dunia. 

Tercatat ada beberapa penyakit pandemi yang paling mematikan sepanjang sejarah seperti cacar, campak, tipus, flu spanyol, black death, HIV/AIDS.

Dari catatan global sebanyak 118 negara telah terinfeksi dengan 131.627 kasus terkonfirmasi di seluruh dunia. Adapun jumlah kematian mencapai sebanyak 4.940 kasus dan total yang sembuh sebanyak 68.529 orang.

Lantas, di beberapa negara dan kota-kota besar di dunia bahkan sudah melarang warganya beraktivitas di luar rumah, Akibat dari merebaknya virus ini membuat jalanan kota-kota besar yang tadinya ramai dilalui kendaraan sekarang menjadi kosong.

Kota Wuhan yang merupakan asal sumber virus corona ini tampak seperti kota mati, Kota Cheongdo dan Daegu di Korea Selatan yang mengalami hal serupa.

Selain itu, Vatikan di Italia dan Mekkah di Arab Saudi, karena virus corona kota-kota itu berubah seperti kota tak berpenghuni. Berikut ulasan foto yang dirangkum topik.id dari berbagai sumberSabtu (14/3/2010):

Seseorang berjalan di lintasan yang tampak kosong.



Jalan jadi terlihat sepi.



Kota Vatikan ditutup sementara.



Venesia sepi pengunjung.



Pusat hiburan di bagian Eropa terlihat sunyi.



Mekkah ditutup sementara oleh Raja Arab.


Makkah atau Makkah al-Mukarramah merupakan sebuah kota utama di Arab Saudi. Kota ini menjadi tujuan utama kaum muslimin dalam menunaikan ibadah haji. Di kota ini terdapat sebuah bangunan utama yang bernama Masjidilharam dengan Ka'bah di dalamnya untuk sementara ditutup untuk mensterilkan dari wabah virus corona.
Bagikan:
Komentar

Terbaru