Gunakan 7 prinsip ini dalam membuat anggaran bulanan

Banyak nya 'kasbon' di kantin maupun perusahaan sendiri menjadi polemik yang memprihatinkan untuk para pekerja

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover | topik.id

Setiap gajian bulanan mungkin hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pekerja, sebab anggaran itu akan anda pakai untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari dan kebutuhan yang tak terduga lainnya.

Hal ini juga tak lepas dari kebiasaan yang terlalu menghabiskan banyak uang ketika di awal bulan pada saat anda sudah menerima gaji dari tempat anda bekerja. tanpa memikirkan anggaran simpanan buat kebutuhan mendesak di saat waktu tertentu.

Banyak nya 'kasbon' di kantin maupun perusahaan sendiri menjadi polemik yang memprihatinkan untuk para pekerja, sebab kian bulan hutang semakin menumpuk dan tak jelas bagaimana membayarnya.

Tahukah anda perencanaan anggaran itu memerlukan prinsip , anda perlu untuk merancang keuangan anda agar supaya anda tidak kebingungan di waktu mendekati gajian bulanan, apalagi disaat kehidupan sulit seperti ini pandemi covid-19 sekarang kian memprihatinkan.

Berikut gunakan tujuh prinsip ini dalam membuat anggaran bulanan yang dirangkum TOPIK.ID, Kamis (24/09/2020).

1. Sesuaikan rencana belanja dengan gaji yang diterima

Jika ada rencana belanja lebih besar dari pemasukan, harus ada yang dihilangkan atau dikurangi sebab ini akan memabantu anda dalam menahan diri untuk membelinya , bisa juga anda  tunda pembelian nya nya di bulan selanjutnya.

2. Pastikan isi anggaran adalah kebutuhan anda

Coba anda lihat kembali anggaran yang anda buat, jangan-jangan hanya memenuhi keinginan saja ? , perlu anda pahami bahwa keinginan dengan kebutuhan tentu jelas berbeda sebab keinginan adalah hasrat sesaat yang harus dipenuhi tanpa perencanaan, sementara kebutuhan ialah sesuatu yang wajib kamu beli dan sudah anda rencanakan sebelum nya untuk kebutuhan sehari-hari. 

3. Buat skala prioritas atas hal-hal yang kamu mau 

Saat budget terbatas dan di akhir bulan, anda haru menentukan, "mana yang penting di bandingkan yang lain" , pola pikir ini harus terus kamu asah dimana membandingkan barang menjadi tips agar memanage keuangan  anda.

4. Buat alokasi khusus berbagi pada yang butuh

Harta bukan tentang apa yang kita pegang dan simpan, tapi apa yang kita bagikan, anda juga harus menyisihkan sedikit pengahasilan kepada yg membutuhkan, berbagi juga diajarkan setiap agama manapun, guna nya memupuk rasa kebahagiaan kepada sesama sehingga timbul rasa syukur kepada tuhan yang maha esa.

5. Pantau Terus besaran utang/cicilan

Idealnya, cicilan utang tidak lebih dari 30% dari penghasilan bulanan yang anda terima, maka dari itu setiap pekerja di indonesia rata-rata memiliki hutan/cicilan, jadi oleh sebab itu idealnya tidak lebih dari 30%.

6. Masukkan pengeluaran yang bersifat finansial

Buat saja rutin, setidaknya 10% dari penghasilan kamu ivestasikan untuk masa depan kamu seperti ingin membuka usaha sampingan atau juga membeli tanah untuk di kelola sedemikian mestinya.

7.  Jangan lupa buat hiburan dan jalan-jalan

Hiburan dan jalan-jalan menjadi solusi refresh untuk menghilangkan penat selepas bekerja, namun ada yang mesti anda perhatikan, sisa budget bulanan bisa di gunakan untuk hiburan. tapi jika budget terbatas, cari hiburan 'semampunya' jangan terlalu memaksakan kondisi keuangan anda.
Bagikan:
Komentar

Terbaru