5 Tanda smartphonemu sudah terjangkit virus

Virus yang dapat meretas data kamu termasuk m-banking

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover | topik.id
Smartphone kini sudah menjadi barang yang wajib kita miliki, Terkhusus generasi milenial smartphone kini sudah merambah keseluruh kalangan baik remaja maupun dewasa. 

Pengguna smartphone dilansir dari laman katadata.co.id bahwa pengguna smartphone di indonesia lebih dari 90 juta pengguna, sudah tentu banyak nya akses internet yang di gunakan oleh smartphone membuat kekhawatiran.

Khawatir nya adalah Virus ponsel sejenis virus komputer yang menyebabkan aplikasi ataupun fitur ponsel tidak dapat digunakan semestinya. Kecanggihan ponsel hampir mendekati teknologi komputer. 

Ponsel juga telah menggunakan sistem operasi terbuka sehingga aplikasi buatan pihak ketiga bisa melengkapi kecanggihan dari fungsi standar pabrikan.

Sistem operasi terbuka inilah yang akhirnya menjadi celah bagi masuknya program jahat seperti virus, worm, dan juga Trojan horse. 

Biasanya virus disamarkan dalam bentuk yang menarik seperti game ataupun gambar. Supaya lebih menarik lagi, permainan ataupun gambar tersebut diselipkan kata-kata yang vulgar.

Meski telah memiliki beberapa pengamanan bawaan, jenis virus Android bisa saja masuk menyerang sistem. Sebut saja sistem Google Play Protect yang memindai semua aplikasi di Play Store untuk melindungi ponsel dari malware. Namun, masih saja banyak aplikasi jahat dengan jenis virus Android di dalamnya.

Kenali dan pahami apa saja tanda-tanda nya agar kita bisa antisipasi terjadi hal yang demikian.

Berikut ulasan 5 Tanda smartphone mu sudah terjangkit virus yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber, Jumat (09/10/2020).

1. Baterai smartphone cepat habis

Adanya Virus bisa menjadi penyebab habisnya baterai ponsel dengan cepat. Sebab ada sistem yang bekerja tak semestinya meski smartphone tidak kita gunakan.

2. Smartphone Jadi Lemot

Biasanya terjadi lemot ini disebabkan karena adanya virus, dimana banyaknya akses internet dan masuk kesembarangan website membuat virus masuk ke dalam data smartphone kamu, sering lakukan scan bawaan smartphone ini akan membuat kamu jadi lebih tenang.

3. Munculnya Iklan Pop-Up

ini disebabkan banyak laman web yang kita kunjungi terdapat jebakan betmen yang membuat kita dari website pertama ke website yang lain , Untuk kasus ini maka disarankan sebaiknya anda browsing ke website yang kredibel (jelas) dan aktifkan fitur block pop up. 

4. Boros kuota internet

Ketika malware menjangkiti sistem operasi smartphone maka kebanyakan dari tipe malware akan bekerja sebagai inang, aplikasi-aplikasi tidak jelas terinstall dengan sendirinya selain menguras kuota anda juga mengganggu kinerja smartphone.

5. Booting Terlalu lama

Terjadi nya hal ini disebut fail atau aplikasi korup yang barangkali Anda instal sembarangan. Aplikasi ilegal ini tak jarang membawa virus atau malware yang dapat melukai sistem ponsel Anda.



Bagikan:
Komentar

Terbaru