Madrasah Robotics Competition 2022 dibanjiri pendaftar

Kuota yang terbatas tidak menyurutkan semangat siswa-siswi madrasah di Indonesia untuk mendaftar dan mengikuti seleksi administrasi.

Dharma Putra author photo
Simpan
iklan
Madrasah Robotics Competition 2022

Madrasah Robotics Competition (MRC) 2022 yang akan digelar di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, 22 sampai dengan 23 November 2022, dibanjiri pendaftar. 

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom mengungkapkan sampai batas akhir pendaftaran 26 Oktober 2022, panitia mencatat ada 594 tim yang mendaftar.

Padahal, kuota yang tersedia terbatas, hanya 30 tim untuk masing-masing jenjang madrasah dan masing kategori. "Pendaftar MRC tahun ini mencapai 594 tim, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 490 tim. Ada kenaikan sekitar 18%," terang Isom di Jakarta, Kamis (27/10/2022). 

Menurutnya, kuota yang terbatas tidak menyurutkan semangat siswa-siswi madrasah di Indonesia untuk mendaftar dan mengikuti seleksi administrasi. 

Proposal dan video yang masuk nantinya akan diseleksi dan dipilih yang terbaik sesuai dengan ketersediaan kuota.

"Kenaikan pendaftar ini sempat menaikkan traffic server, sebab pendaftar mengupload makalah dan video di hari terakhir pendaftaran secara bersamaan. Proses upload video sempat lemot," jelasnya.

"Solusinya, panitia memutuskan untuk memperpanjang waktu upload video hingga hari ini, jam 12:00," sambungnya. 

Berikut rincian pendaftar MRC 2022:

Madrasah Ibtidaiyah
1. Robot Inovasi: 52 tim
2. Mobile Robot: 43 tim

Madrasah Tsanawiyah 
1. Robot Inovasi: 143 tim
2. Battle Robot: 76 tim

Madrasah Aliyah 
1. Robot Inovasi: 196 tim
2. Battle Robot: 84 tim

Para peserta yang mendaftar berasal dari 28 provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Sumatera Utara.

Selain itu, Provinsi Sumatera Barat, Bali, Sumatera Selatan, Riau , NTB, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Kalimantan Selatan,  Sulawesi Selatan, Aceh, Gorontalo, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat, NTT, dan Kepulauan Bangka Belitung ikut serta.  

"Pendaftar dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Yogyakarta cukup mendominasi," bebernya.

Ditambahkan Isom, dalam dua sampai tiga hari ke depan, panitia bekerja sama dengan juri akan menilai kelengkapan persyaratan dan juga isi makalah dan video dari para pendaftar. 

"Kita akan umumkan hasil seleksi tersebut pada 1 November 2022 di web Kementerian Agama dan web pendaftaran. Mereka yang lolos seleksi awal ini akan menjadi peserta MRC 2022 di Yogyakarta pada 22-23 November 2022 nanti," terang M. Isom. 

Kompetisi Robotik Madrasah diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa-siswi madrasah di bidang teknologi, robotika dan otomasi sekaligus merangsang siswa-siswi madrasah untuk mempersiapkan diri menghadapi era industri 4.0.
Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini