10 PTN terbaik di Indonesia versi lembaga QS WUR 2024

Ardi Nugraha

Indikator diambil dari analisis 17,5 juta makalah akademik dan pendapat ahli dari lebih dari 240.000 fakultas akademik dan pemberi kerja.

cover: topik.id
Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memegang peranan yang sangat penting dalam memajukan sumber daya manusia di Indonesia dengan pendidikan. 

Di Indonesia, terdapat beberapa PTN yang telah diakui secara internasional karena prestasinya dalam pendidikan dan penelitian berdasarkan peringkat dunia menurut lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) pada tahun 2024.

Edisi ke-20 dari QS World University Rankings (WUR) menampilkan 1.500 institusi di 104 lokasi dan merupakan satu-satunya peringkat dari jenisnya yang menekankan kemampuan kerja dan keberlanjutan.

"Tahun ini, kami telah menerapkan peningkatan metodologi terbesar kami, memperkenalkan tiga metrik baru: Keberlanjutan, Hasil Ketenagakerjaan, dan Jaringan Riset Internasional," keterangan tertulis di laman resmi topuniversities.com sebagai indikator statistik.

Hasilnya diambil dari analisis 17,5 juta makalah akademik dan pendapat ahli dari lebih dari 240.000 fakultas akademik dan pemberi kerja. Institut Teknologi Massachusetts merayakan dua belas tahun di puncak, Universitas Cambridge mempertahankan posisi ke-2 sementara Universitas Oxford (ke-3) naik satu posisi. 

Sementara itu, sedikitnya ada 10 PTN terbaik di Indonesia berdasarkan peringkat dunia menurut lembaga pemeringkatan QS WUR 2024.

Berikut statistiknya


  • Universitas Indonesia (UI) - Peringkat Dunia: 237, Skor: 40,9: Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat pertama dalam daftar ini. Dengan peringkat dunia 237 dan skor 40,9, UI telah memperoleh pengakuan internasional atas kualitas pendidikan dan penelitiannya. UI terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan berkontribusi pada kemajuan akademik dan sosial di Indonesia.
  • Universitas Gadjah Mada (UGM) - Peringkat Dunia: 263, Skor: 38: Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di peringkat kedua dengan peringkat dunia 263 dan skor 38. UGM telah lama dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Dengan fokus pada penelitian dan pendidikan yang berkualitas, UGM terus mencetak lulusan yang berkualitas dan memberikan kontribusi signifikan dalam berbagai bidang.
  • Institut Teknologi Bandung (ITB) - Peringkat Dunia: 281, Skor: 36,6: Institut Teknologi Bandung (ITB) menduduki peringkat ketiga dalam daftar ini. Dikenal sebagai institut teknologi terkemuka di Indonesia, ITB memiliki peringkat dunia 281 dan skor 36,6. ITB telah berhasil menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkontribusi dalam pengembangan sains dan teknologi di Indonesia.
  • Universitas Airlangga (Unair) - Peringkat Dunia: 345, Skor: 31,5: Universitas Airlangga (Unair) berada di peringkat keempat dengan peringkat dunia 345 dan skor 31,5. Unair telah menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dengan fokus pada penelitian dan pendidikan dalam berbagai disiplin ilmu. Unair terus berupaya untuk menjadi pusat unggulan dalam bidang kesehatan, sains, dan humaniora.
  • Institut Pertanian Bogor (IPB University) - Peringkat Dunia: 489, Skor: 23,6: Institut Pertanian Bogor (IPB University) menempati peringkat kelima dalam daftar ini dengan peringkat dunia 489 dan skor 23,6. Sebagai institut pertanian terkemuka di Indonesia, IPB University telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pertanian, kehutanan, dan ilmu pangan di Indonesia.
  • Institut Teknologi Sepuluh November (ITS Surabaya) - Peringkat Dunia: 621-630: Institut Teknologi Sepuluh November (ITS Surabaya) berada di peringkat keenam dengan peringkat dunia antara 621-630. ITS Surabaya telah menjadi institut teknologi terkemuka di Indonesia dengan fokus pada pengembangan sains dan teknologi yang inovatif.
  • Universitas Padjadjaran (Unpad) - Peringkat Dunia: 661-670: Universitas Padjadjaran (Unpad) menempati peringkat ketujuh dengan peringkat dunia antara 661-670. Unpad telah berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
  • Universitas Diponegoro (Undip) - Peringkat Dunia: 791-800: Universitas Diponegoro (Undip) berada di peringkat kedelapan dengan peringkat dunia antara 791-800. Undip telah berhasil mencetak lulusan yang berkualitas dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
  • Universitas Brawijaya (UB) - Peringkat Dunia: 801-850: Universitas Brawijaya (UB) menduduki peringkat kesembilan dengan peringkat dunia antara 801-850. UB telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang pertanian dan teknik.
  • Universitas Hasanuddin (Unhas) - Peringkat Dunia: 1001-1200:  Universitas Hasanuddin (Unhas) menempati peringkat kesepuluh dengan peringkat dunia antara 1001-1200. Unhas telah berhasil mencetak lulusan yang berkualitas dan berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, khususnya di bidang kesehatan dan ilmu sosial.
Perguruan tinggi memegang peran penting dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas dan berkontribusi pada pembangunan suatu negara. 

Melalui upaya pendidikan dan penelitian yang berkualitas, 10 perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial di Indonesia. 
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks