Cari aman, WhatsApp versi web uji coba fitur screen lock

Fitur Screen Lock memberikan manfaat signifikan dalam hal privasi dan keamanan.

Ardi Nugraha
A- A+
cocer: topik.id
Secara bertahap, fitur screen lock sedang diuji coba kepada pengguna WhatsApp Web beta yang telah memperbarui aplikasi mereka ke versi terbaru. WhatsApp Web beta kini memperkenalkan fitur screen lock sebagai tambahan langkah keamanan.

Seperti yang telah dilaporkan oleh Wabetainfo, WhatsApp Web beta telah memperkenalkan fitur screen lock yang telah dinantikan sejak lama, dengan tujuan meningkatkan privasi dan keamanan para penggunanya. 

Fitur ini, yang sebelumnya sedang dalam tahap pengembangan, kini telah dihadirkan kepada sejumlah peserta dalam program beta yang terpilih.

Sistem ini juga memberikan kemampuan kepada pengguna untuk melindungi aplikasi WhatsApp Desktop beta dengan pengamanan berupa kata sandi, sehingga mencegah akses yang tidak sah.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna diharapkan melakukan pembaruan ke versi terbaru dari WhatsApp Web beta dan bergabung dengan program beta resmi. Setelah aktivasi, obrolan pengguna akan dijaga oleh lapisan keamanan berupa permintaan kata sandi.

Pengaturan terkait fitur ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, termasuk pengaturan kapan permintaan kata sandi akan muncul. Dalam situasi di mana pengguna lupa kata sandi, mereka harus keluar dari sesi WhatsApp Web dan melakukan proses masuk kembali dengan melakukan pemindaian kode QR.

Fitur screen lock ini memberikan manfaat signifikan dalam hal privasi. Bahkan dalam kasus di mana seseorang yang tidak berwenang mendapatkan akses ke komputer pengguna, percakapan dan pesan dalam WhatsApp tetap aman dari akses tanpa izin yang memerlukan kata sandi.

Secara khusus, fitur ini juga mengaktifkan pengaturan di mana pemberitahuan (push notification) tidak akan tampil saat layar terkunci. Langkah ini semakin mempertahankan kerahasiaan percakapan dan menghalangi usaha untuk mengakses informasi pribadi.

Fitur Screen Lock
Fitur screen lock akan diperkenalkan secara bertahap kepada lebih banyak pengguna WhatsApp Web beta yang telah memperbarui aplikasi mereka ke versi terbaru. 

WhatsApp terus mengembangkan sejumlah fitur baru dalam versi beta, termasuk stiker buatan berbasis AI dan opsi untuk memiliki beberapa akun dalam satu perangkat. 

Dalam salah satu pembaruan beta terbaru, pengguna juga mendapati fitur panggilan grup yang dapat dijadwalkan sesuai kebutuhan.

Cara mengaktifkan screen lock di WhatsApp Web Beta: 
  • Buka WhatsApp Web.
  • Klik titik tiga di sebelah ikon pesan baru, pilih Settings > Privacy. 
  • Pada menu tersebut, Anda akan menemukan opsi Screen lock.
Sebelumnya WhatsApp memperkenalkan fitur pesan suara instan, platform perpesanan dibawah kendali Meta itu sepertinya terus berinovasi.

Lantas apakah fitur itu aman dan menggunakan sistem enkripsi end-to-end untuk menjaga keamanan pesan? 

"WhatsApp mengubah cara orang-orang berkomunikasi dengan menyediakan cara berbagi suara dengan cepat dan aman. Kami bersemangat membangun fitur ini dengan pesan video instan baru. Kini, Anda bisa merekam dan membagikan video pendek pribadi langsung di chat," keterangan tertulis di laman resmi WhatsApp.

WhatsApp juga mengutarakan pesan video adalah cara realtime untuk menanggapi chat dengan apa pun yang ingin dikatakan dan tunjukkan dalam 60 detik. 

"Menurut kami, ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang muncul dari video, untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar baik," tulis pihak WhatsApp kembali.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks