Google: Konten tidak pantas bagi anak-anak meningkat di Asia Pasifik

Survei tahun ini menunjukkan bahwa masalah keamanan online yang paling umum bagi anak-anak adalah melihat konten online yang tidak pantas.

Tamara
A- A+
cover: topik.id
Akses anak-anak terhadap berbagai jenis konten semakin mudah di era digital saat ini. Namun, dengan mudahnya akses tersebut juga muncul risiko bahwa anak-anak bisa terpapar oleh konten yang tidak pantas untuk usia mereka. 

Fenomena ini semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan teknologi dan penggunaan internet yang semakin meluas di seluruh dunia. 

Survei tahun ini menunjukkan bahwa masalah keamanan online yang paling umum bagi anak-anak adalah melihat konten online yang tidak pantas.

Hal itu diungkapkan oleh Pemimpin Operasi Regional Keterlibatan Global Kepercayaan & Keamanan Google di Asia-Pasifik, Norman Ng.
"Survei tahun ini menunjukkan bahwa masalah keamanan online yang paling umum bagi anak-anak adalah melihat konten online yang tidak pantas, yang terjadi setidaknya sekali pada 61% anak-anak (dibandingkan dengan 54% tahun lalu); diikuti dengan melihat misinformasi, iklan atau spam yang menipu, dan konten kekerasan," ungkap Norman seperti dilansir topik.id dari laman resmi Google, Jumat (1/9/2023).
Norman juga mengutarakan orang tua di Asia Pasifik, khawatir terhadap anak-anak mereka yang menyebarkan informasi secara berlebihan di media sosial (45% setidaknya sekali) dan menerima perhatian yang tidak diinginkan dari orang asing ( 38% setidaknya sekali). 

"Orang tua di Asia Pasifik juga menyatakan kekhawatirannya terhadap anak-anak mereka yang menyebarkan informasi secara berlebihan di media sosial ( 45% setidaknya sekali) dan menerima perhatian yang tidak diinginkan dari orang asing ( 38% setidaknya sekali). Oleh karena itu, selain menggunakan teknologi dengan perlindungan bawaan, mendidik anak melalui sumber daya seperti kurikulum literasi digital gratis, Tangkas Berinternet, juga penting," terangnya.

Selain itu, Norman juga mengajak untuk merangkul teknologi dengan pembatas untuk konten yang aman dan andal dalam sistem Platform FamilyLink Google.

"Membuat keputusan yang tepat sangatlah penting dalam pola asuh digital saat ini. Bersama-sama, kita dapat membantu anak-anak kita tetap aman dan berkembang di dunia online," jelasnya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks