Microsoft pamer PC Copilot+ bertenaga AI lebih cerdas dan cepat

Dharma Putra

Gelombang pertama PC Copilot+ ini hanyalah permulaan

Copilot+PC | foto: @youtube
Microsoft memperkenalkan produk dan fitur kategori baru PC Windows yang dirancang untuk AI, PC Copilot+. pada acara khusus yang diselenggarakan di kampus baru Microsoft, Senin (21/5/2024) waktu setempat.

Merujuk dari laman resmi Newsroom Microsoft, merincikan PC Copilot+ adalah PC Windows tercepat dan tercerdas yang pernah dibuat. Dengan silikon baru berkemampuan 40+ TOPS (trillion operations per second), baterai yang tahan sepanjang hari, dan akses ke model AI paling canggih, PC Copilot+ akan memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan di PC lainnya. 
"Temukan dan ingat dengan mudah apa yang telah Anda lihat di PC Anda dengan Recall, buat dan sempurnakan gambar AI dalam sekejap langsung di perangkat menggunakan Cocreator, dan jembatani hambatan bahasa dengan Live Captions, menerjemahkan audio dari 40+ bahasa ke dalam bahasa Inggris," keterangan resmi di laman Newsroom Microsoft.

Lanjutnya, pengalaman ini menjadi nyata melalui serangkaian perangkat tipis, ringan dan indah dari Microsoft Surface dan mitra-mitra OEM.

"Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo dan Samsung, dengan pre-order dimulai hari ini dan ketersediaan mulai 18 Juni. Dimulai dari $999, PC Copilot+ menawarkan nilai yang luar biasa," jelasnya

Sementara itu, Microsoft juga mejelaskan gelombang pertama PC Copilot+ ini hanyalah permulaan. Selama setahun terakhir, pihaknya telah melihat kecepatan inovasi AI yang luar biasa di cloud dengan Copilot yang memungkinkan kami untuk melakukan hal-hal yang dipikir mustahil. 

"Sekarang, kami memulai babak baru dengan inovasi AI dalam perangkat. Kami telah sepenuhnya menata ulang PC dari silikon ke sistem operasi, lapisan aplikasi hingga ke cloud – dengan AI di pusatnya, menandai perubahan signifikan pada platform Window dalam beberapa dekade terakhir," ungkap Microsoft.

PC Windows tercepat dan teraman.


Selain itu, Microsoft juga memperkenalkan sistem arsitektur yang baru untuk menyatukan kekuatan CPU, GPU, dan kini Neural Processing Unit (NPU) performa tinggi terbaru. Terhubung ke dan ditingkatkan oleh model bahasa besar (large language models/LLM) di Azure Cloud.

"Bersama dengan model bahasa kecil (small language models/SLM), PC Copilot+ kini dapat meraih tingkat kinerja yang belum pernah dilihat sebelumnya. Mereka 20x lebih kuat dan 100x lebih efisien untuk menjalankan beban kerja AI dan memberikan akselerasi AI terdepan di industri. Mereka mengungguli Apple MacBook Air 15 hinga 58% dalam kinerja multithreaded berkelanjutan, dengan pada saat yang sama memberikan masa pakai baterai sepanjang hari," jelasnya. 

Tidak itu saja, dengan efisiensi luar biasa, PC Copilot+ mampu beroperasi selama 22 jam pemutaran video lokal atau 15 jam penelusuran web dengan sekali pengisian daya. Itu 20% lebih banyak baterai untuk pemutaran video lokal dibandingkan MacBook Air 15.

"Windows kini memiliki implementasi aplikasi terbaik pada chip tercepat, dimulai dari Qualcomm. Kini kami menawarkan lebih banyak pengalaman asli Arm64 daripada sebelumnya, termasuk implementasi aplikasi Microsoft 365 tercepat seperti Teams, PowerPoint, Outlook, Word, Excel, OneDrive dan OneNote. Chrome, Spotify, Zoom, WhatsApp, Blender, Affinity Suite, DaVinci Resolve dan masih banyak lagi yang kini beroperasi di Arm untuk memberikan Anda performa hebat, dengan aplikasi lain, seperti Slack, akan dirilis akhir tahun ini," bebernya.

Faktanya, 87% dari total waktu yang dihabiskan orang di aplikasi saat ini memiliki versi Arm native. Dengan emulator baru yang kuat, Prism, aplikasi Anda berjalan dengan lancar, baik versi native maupun emulated.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks