![]() |
cover | dok: @alibaba |
Alibaba kembali mencetak tonggak bersejarah lewat Amap, aplikasi peta digital dan layanan gaya hidup miliknya. Pada 1 Oktober, yang bertepatan dengan hari pertama libur Hari Nasional Tiongkok, Amap berhasil menembus lebih dari 360 juta pengguna aktif harian (DAU). Angka ini bukan hanya menjadi rekor baru, tetapi juga menandai pencapaian penting yang menunjukkan besarnya peran Amap dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Tiongkok, terutama dalam momen perjalanan libur panjang.
Keberhasilan ini semakin memperkokoh posisi Amap sebagai salah satu pintu utama layanan gaya hidup lokal di Tiongkok. Aplikasi tersebut tidak hanya digunakan untuk navigasi jalan, tetapi juga membantu pengguna menemukan objek wisata, hotel, restoran, hingga layanan konsumsi lainnya. Pada hari yang sama, tercatat lebih dari sembilan miliar kilometer perjalanan telah dinavigasi melalui Amap, menjadikannya rekor jarak terpanjang dalam sejarah aplikasi ini.
"Rekor kinerja Amap juga dibangun di atas momentum peluncuran produk layanan gaya hidup berbasis AI baru-baru ini. Pada bulan September, platform ini memperkenalkan 'Amap Street Stars', sebuah pemeringkatan berbasis AI yang dirancang untuk membantu bisnis lokal yang autentik mendapatkan visibilitas," tulis Alibaba di laman resminya, dilansir Kamis (2/10/2025).
Puncak rekor tersebut terjadi saat liburan "Minggu Emas" atau Golden Week, yang tahun ini berlangsung selama delapan hari, mulai 1 hingga 8 Oktober. Liburan kali ini istimewa karena bertepatan dengan perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur, sehingga lonjakan arus perjalanan domestik meningkat tajam. Situasi ini menjadi momentum besar bagi Amap dalam menunjukkan skala dan kapabilitas layanannya.
Salah satu faktor pendorong keberhasilan Amap adalah integrasi kecerdasan buatan (AI) terbaru. Asisten AI bernama "Xiaogao" menangani lebih dari 2,6 miliar permintaan pengguna hanya dalam satu hari, mulai dari perencanaan perjalanan hingga rekomendasi layanan lokal. Sementara itu, fitur keselamatan jalan "Eagle Eye Guardian" memberikan lebih dari 290 juta peringatan terhadap perilaku berkendara berisiko, sehingga membuat perjalanan liburan pengguna lebih aman dan efisien.
Tak hanya itu, Amap juga mengembangkan produk berbasis AI untuk memperkaya pengalaman gaya hidup penggunanya. Pada September lalu, platform ini meluncurkan "Amap Street Stars", sebuah sistem peringkat berbasis AI untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal. Menjelang Golden Week, fitur ini diperluas dengan daftar "100 Restoran Terbaik" nasional yang mencakup 45 kota, membantu wisatawan menemukan kuliner lokal paling populer.
"Untuk mendukung mitra pedagang dengan lebih baik, Amap juga baru-baru ini mengumumkan pembebasan biaya tahunan selama satu tahun untuk restoran. Inisiatif ini dan langkah-langkah dukungan lainnya, seperti subsidi belanja offline, telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam jumlah mitra restoran baru yang bergabung," ungkapnya.
Di sisi lain, Amap menunjukkan komitmen dalam mendukung ekosistem bisnis. Salah satu langkahnya adalah dengan memberikan pembebasan biaya tahunan selama satu tahun kepada mitra restoran. Ditambah dengan inisiatif subsidi belanja offline, kebijakan ini mendorong peningkatan signifikan jumlah mitra restoran yang bergabung, sekaligus memperkuat keterhubungan antara layanan digital dan konsumsi offline.
"Rekor pengguna baru ini lebih dari sekadar pencapaian satu hari; ini merupakan validasi nyata atas transformasi dan evolusi Amap yang digerakkan oleh AI terkini menjadi alat penting bagi layanan gaya hidup lokal. Performa yang terbukti ini memperkuat peran Amap sebagai pilar penting dalam strategi Alibaba untuk membangun platform konsumsi komprehensif yang melayani beragam kebutuhan hidup sehari-hari para penggunanyam," jelasnya.