Siap-siap! kreator dan UMKM ramaikan TikTok Food Fest 2025

Keterlibatan aktif dari komunitas TikTok menjadikan kuliner salah satu kategori terpopuler di Indonesia.

author photo
A- A+
TikTok Food Fest 2025 | dok: @tiktok

Dari dapur rumah hingga panggung festival, kisah kuliner Indonesia kembali menjadi sorotan lewat TikTok Food Fest 2025. Ajang ini bukan sekadar pesta makanan, melainkan perayaan kreativitas tanpa batas yang mempertemukan kreator, UMKM, dan brand lokal untuk menghidupkan cita rasa nusantara. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi digital, TikTok Food Fest tahun 2025 ini memperkuat posisi kuliner sebagai kekuatan ekonomi sekaligus identitas budaya bangsa di era kreatif.

TikTok kembali menghadirkan TikTok Food Fest 2025, kampanye kuliner yang mempertemukan kreator, UMKM, brand lokal, dan komunitas pencinta kuliner untuk merayakan kekayaan cita rasa nusantara serta mendorong pertumbuhan industri makanan Indonesia bersama-sama.

Selain menjadi bagian dari identitas bangsa, industri kuliner juga berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Tahun lalu, sektor makanan dan minuman menyumbang 42% terhadap PDB ekonomi kreatif¹, sementara UMKM berkontribusi 61% terhadap PDB nasional dan menyerap hampir 97% tenaga kerja, lebih dari separuhnya bergerak di bidang kuliner. Besarnya peranan kuliner terhadap masyarakat juga terlihat di TikTok, di mana setiap harinya, komunitas pencinta kuliner memanfaatkan ekosistem kreatif terpadu TikTok untuk berbagi resep, ulasan, hingga produk makanan kepada komunitas TikTok di Indonesia.

Keterlibatan aktif dari komunitas TikTok menjadikan kuliner salah satu kategori terpopuler di Indonesia, terlihat dari tagar kuliner terpopuler seperti #Kuliner, #JajananTikTok, dan #KulinerIndonesia yang telah mengumpulkan lebih dari 5 juta unggahan dalam setahun terakhir. 

Lebih lanjut, ekosistem kreatif TikTok yang didukung solusi iklan terpadu juga memungkinkan pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk memperkenalkan produk serta menjangkau audiens di TikTok. Hal ini menunjukkan bagaimana konten kuliner di TikTok dapat membuka peluang nyata bagi pelaku usaha di seluruh Indonesia, termasuk melalui gelaran TikTok Food Fest.

"Setiap hari, komunitas dan kreator kuliner datang ke TikTok untuk berbagi kecintaan mereka terhadap kuliner nusantara. Banyak UMKM dan brand lokal juga ikut terangkat dan semakin dikenal berkat partisipasi aktif dari komunitas TikTok. Terinspirasi oleh semangat ini, kami menghadirkan TikTok Food Fest untuk mendorong kolaborasi kreatif antar-kreator, pelaku usaha, dan pencinta kuliner. Kami harap kampanye ini tidak hanya bisa membawa pengalaman penemuan kuliner dari TikTok ke dunia nyata, tapi juga ikut memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan industri kuliner, terutama UMKM di Indonesia," jelas Christopher Junaidi, Client Partnerships Solution Manager, TikTok Indonesia dalam pernyataan persnya, Rabu (8/10/2025).

Tahun ini, TikTok Food Fest menghadirkan dua pengalaman kuliner yang bisa dinikmati secara online dan offline. Mulai 15 September–15 Oktober 2025, pengguna dapat mengikuti tagar #FoodFestOnTikTok di aplikasi untuk menemukan berbagai konten interaktif, seperti resep, tips memasak, hingga tantangan kuliner. 

Selain itu, pada 11–12 Oktober 2025, masyarakat dapat mengunjungi TikTok Food Fest di Hutan Kota GBK, Jakarta untuk mencicipi sajian khas nusantara dari 60 tenant kuliner yang berpartisipasi. Pengunjung juga dapat mencoba menu kolaborasi kreator dan UMKM, mengunjungi 20 zona kuliner imersif, serta menikmati pertunjukan musik dari musisi papan atas. Seluruh rangkaian acara TikTok Food Fest terbuka gratis untuk umum.

Salah satu tenant yang berpartisipasi dalam kampanye ini adalah Mercon Merah Putih (@merconmerahputih), brand makanan pedas khas nusantara yang memanfaatkan solusi iklan di TikTok untuk menjangkau audiens lebih luas. 

"TikTok membuka peluang besar bagi kami untuk lebih dekat dengan pencinta kuliner, mulai dari terpapar melalui konten organik dan interaksi di TikTok LIVE, hingga akhirnya membeli produk kami di TikTok Shop by Tokopedia. Beriklan di TikTok juga memberi dampak langsung pada pertumbuhan bisnis kami, yang turut membawa perubahan positif bagi banyak karyawan, mulai dari peningkatan taraf hidup hingga pendidikan keluarga mereka. Dukungan yang diberikan komunitas TikTok terus memperkuat semangat kami untuk tumbuh, berinovasi, dan tetap relevan di tengah persaingan industri kuliner yang ada," ujar Gracia Monica, Founder, Mercon Merah Putih.

Kreator TikTok juga memainkan peran penting dalam mendukung UMKM melalui konten autentik mereka. Sania Jeny Versari (@versansss), misalnya, memperkenalkan sajian nusantara lewat konten mukbang sambil mempromosikan usaha keluarganya, Dendeng Mamaku

Sementara itu, pasangan kreator Kim & Dea (@kimdea) juga aktif mengangkat jajanan kaki lima (street food) lokal dengan perspektif lintas budaya, membuat kuliner lokal menarik untuk audiens global sekaligus mendorong UMKM agar lebih dikenal. Tahun ini, Kim & Dea akan berkolaborasi dengan Bakso Rusuk Samanhudi (@baksorusuksamanhudi) di TikTok Food Fest 2025, menghadirkan menu spesial yang menggabungkan cita rasa tradisional dengan sentuhan kreatif.

TikTok Food Fest 2025 menjadi bukti nyata bagaimana ekosistem kreatif TikTok, dari komunitas, kreator, hingga solusi periklanan, berperan positif dalam memperkuat industri kuliner, mendukung UMKM, dan turut mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, sekaligus merayakan keberagaman budaya nusantara. Informasi selengkapnya terkait TikTok Food Fest 2025 dapat diakses melalui laman resmi di aplikasi TikTok.

Share:
Premium.
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Update
Indeks