4 Platform AI penghasil gambar, mudah dan gratis

Ardi Nugraha

Terlepas dari regulasi dan hak cipta dari gambar yang dihasilkan AI belum memiliki kepastian hukum secara global.

gambar yang dihasilkan dari AI | foto: @ddg
Pertumbuhan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) telah menciptakan peluang tak terbatas dalam berbagai bidang, termasuk desain grafis.

Aspek menarik dari AI adalah kemampuannya untuk menghasilkan gambar dengan cepat dan mudah. Ini bukan lagi domain eksklusif desainer grafis profesional, tetapi bisa diakses oleh siapa saja yang ingin menciptakan gambar dengan cepat dan gratis.

Memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menciptakan gambar yang unik dan artistik tanpa perlu memiliki keterampilan desain yang memadai. 

Namun, terlepas dari regulasi dan hak cipta dari gambar yang dihasilkan AI belum memiliki kepastian hukum, beberapa tahun terakhir platform-platform AI dapat digunakan secara global, termasuk di Indonesia.


Lantas, apa saja platfrom gratis yang bisa menghasilkan gambar dari AI? Berikut daftarnya yang dirangkum topik.id, Selasa (19/9/2023) berdasrkan data forum GenAI:

1. Deep Dream Generator

Deep Dream Generator adalah platform yang menggunakan teknik deep learning untuk menghasilkan gambar-gambar yang sangat artistik dan eksperimental.
  • Cara Kerja: Ini menggunakan teknik yang disebut "deep dream" yang dikembangkan oleh Google. Model deep learning yang telah dilatih pada berbagai gambar digunakan untuk memodifikasi gambar input dengan mengubahnya menjadi representasi yang sangat psikedelik dan abstrak.
  • Cara Penggunaan: Anda dapat mengunggah gambar Anda atau menggunakan gambar yang ada di platform ini. Kemudian, Anda dapat memilih berbagai filter dan efek deep dream untuk menghasilkan gambar yang unik.
2. Runway ML

Runway ML adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai model AI, termasuk yang berhubungan dengan penghasilan gambar.
  • Cara Kerja: Runway ML memiliki antarmuka yang memungkinkan Anda menjalankan berbagai model AI dengan mudah. Misalnya, Anda dapat menggunakan model GAN (Generative Adversarial Network) untuk menghasilkan gambar, atau menjalankan model-model lain yang berkaitan dengan seni dan kreativitas.
  • Cara Penggunaan: Anda memilih model yang ingin Anda jalankan, memasukkan parameter atau input yang diperlukan, dan platform ini akan menghasilkan gambar atau output yang sesuai dengan model tersebut.
3. Artbreeder

Artbreeder adalah platform yang memungkinkan Anda menggabungkan dan memanipulasi gambar-gambar dengan bantuan AI.
  • Cara Kerja: Artbreeder menggunakan model GAN untuk memungkinkan pengguna menggabungkan berbagai elemen gambar, seperti warna, bentuk, dan tekstur, untuk menciptakan gambar yang unik.
  • Cara Penggunaan: Anda dapat mulai dengan gambar yang ada di platform ini atau mengunggah gambar Anda sendiri. Kemudian, Anda dapat bermain-main dengan alat penggabungan gambar dan menghasilkan karya seni yang unik.
4. DALLE-2

DALLE-2 adalah model AI besutan OpenAI yang digunakan untuk menghasilkan gambar berdasarkan deskripsi atau gagasan yang Anda berikan.
  • Cara Kerja: DALLE-2 adalah model generatif yang dilatih untuk menghasilkan gambar dari teks. Anda dapat memberikan deskripsi kepada model, dan itu akan mencoba menghasilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi tersebut.
  • Cara Penggunaan: Anda memasukkan deskripsi atau gagasan Anda, dan model ini akan mencoba menginterpretasikannya ke dalam gambar. Anda dapat bereksperimen dengan berbagai gagasan untuk melihat hasil yang dihasilkan.
Eksplorasi kemampuan AI, dan temukan kreativitas dalam dunia visual memanfaatkan kekuatan AI untuk menciptakan gambar-gambar yang mengesankan secara mudah dan gratis. Selamat mencoba!
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks