Menghitung minat warganet terkait Pemilu 2024, provinsi mana tertinggi?

Ardi Nugraha

Google Trends merupakan alat yang memungkinkan untuk memahami minat secara real-time.

cover: topik.id
Seiring dengan perkembangan teknologi, minat warganet Indonesia terkait Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2024 dapat dipantau secara real-time, salah satu alat yang memungkinkan untuk mengukur secara relevan dengan menggunakan Google Trends.

Google Trends merupakan alat yang memungkinkan untuk memahami minat secara real-time. Ini memberikan gambaran tentang apa yang paling menarik perhatian dan seberapa sering topik atau kata kunci tertentu dicari dalam periode waktu tertentu. 

Lantas, bagaimana Google Trends dapat memberikan wawasan mengenai minat masyarakat Indonesia terkait Pemilu 2024 mendatang? 

Dari pantauan topik.id, Rabu (27/9/2023) pukul 13.40 WIB dari laman Google Trends menunjukan peningkatan pencarian topik terkait Pemilu 2024, kategori rakyat dan masyarakat dalam 7 hari terakhir, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tertinggi dengan poin 100.

data Google Trends
"Angka mewakili minat penelusuran berdasarkan poin tertinggi pada diagram untuk wilayah dan waktu tertentu. Nilai 100 menunjukkan istilah berada di puncak popularitas. Nilai 50 menunjukkan istilah dengan popularitas separuhnya. Nilai 0 menunjukkan tidak tersedia cukup data untuk istilah tersebut," keterangan tertulis di laman Google Trends.
Sementara itu, jika difilter menjadi sub wilayah per provinsi maka minat masyarakat terkait Pemilu 2024 akan terlihat nilai tertinggi sesuai daerah masing-masing secara real-time. 

"Nilai dihitung menggunakan skala dari 0 sampai 100, dengan nilai 100 adalah lokasi yang paling populer dari total penelusuran di lokasi tersebut, nilai 50 menunjukkan lokasi dengan popularitas separuhnya. Nilai 0 menunjukkan tidak tersedia cukup data untuk lokasi tersebut," tulis Google Trends dari hasil sub wilayah tersebut.

Berikut data real-time Google Trends terkait minat Pemilu 2024, kategori rakyat dan masyarakat Indonesia dengan sub wilayah per provinsi dan kota, dalam 7 hari terakhir: 



Data ini diterbitkan secara real-time, maka statistik angka dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan sistem Google Trends.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks