Deal, OpenAI bebas pakai konten berita jaringan News Corp

M. Ihsan

OpenAI akan menerima akses ke konten terkini dan arsip dari publikasi jaringan berita dan informasi utama News Corp.

logo OpenAI dan News Corp | foto: openai.com
OpenAI dan News Corp telah menjalin kolaborasi untuk mendukung standar jurnalistik yang lebih baik. Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat integritas dan keandalan informasi yang disajikan kepada publik.

Dengan menggabungkan keahlian OpenAI dalam teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan pengalaman News Corp dalam industri media.

Hal ini resmi diumumkan di laman openai.com, Rabu (22/5/2024) waktu setempat, mengungkapkan News Corp dan OpenAI telah sepakat dalam kerja sama serta perjanjian bersejarah multi-tahun untuk menghadirkan konten berita News Corp ke OpenAI. 
"Melalui kemitraan ini, OpenAI memiliki izin untuk menampilkan konten dari mastheads News Corp sebagai jawaban atas pertanyaan pengguna dan untuk menyempurnakan produknya, dengan tujuan akhir memberikan kemampuan kepada masyarakat untuk membuat pilihan berdasarkan informasi dan sumber berita yang dapat diandalkan," tulis OpenAI di laman resminya.
Dalam pengumuman itu juga, OpenAI akan menerima akses ke konten terkini dan arsip dari publikasi jaringan berita dan informasi utama News Corp. 

"Termasuk The Wall Street Journal, Barron's, MarketWatch , Investor's Business Daily, FN, dan New York Post; The Times, The Sunday Times dan Matahari; The Australian , news.com.au , The Daily Telegraph, The Courier Mail, Pengiklan, dan Herald Sun; dan lain-lain," beber OpenAI. 

Namun, OpenAI menjelaskan kemitraan ini tidak mencakup akses terhadap konten dari bisnis News Corp lainnya. Selain menyediakan konten, News Corp akan berbagi keahlian jurnalistik untuk membantu memastikan standar jurnalisme tertinggi hadir di seluruh penawaran OpenAI. 

"Kami percaya perjanjian bersejarah ini akan menetapkan standar baru dalam hal kebenaran, kebajikan, dan nilai di era digital," kata Robert Thomson, Chief Executive News Corp. 

"Kami sangat senang telah menemukan mitra berprinsip dalam diri Sam Altman dan orang-orang kepercayaannya, tim berbakat yang memahami signifikansi komersial dan sosial jurnalis dan jurnalisme. Kesepakatan penting ini bukanlah sebuah akhir, namun awal dari persahabatan yang indah dimana kita berkomitmen bersama untuk menciptakan dan memberikan wawasan dan integritas secara instan," tambahnya.

Sementara itu, CEO OpenAI Sam Altman mengutarakan News Corp sebagai pemimpin dalam pelaporan berita terkini di seluruh dunia, dan bersemangat untuk meningkatkan akses pengguna kami terhadap pelaporan berkualitas tinggi. 

“Kemitraan kami dengan News Corp merupakan momen yang membanggakan bagi jurnalisme dan teknologi. Kami sangat menghargai sejarah News Corp sebagai pemimpin dalam pelaporan berita terkini di seluruh dunia, dan bersemangat untuk meningkatkan akses pengguna kami terhadap pelaporan berkualitas tinggi. Bersama-sama, kita menetapkan landasan bagi masa depan di mana AI sangat menghormati, meningkatkan, dan menjunjung tinggi standar jurnalisme kelas dunia," jelas Sam dalam keterangan persnya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks