Google rilis Chromebook Plus didukung AI, lawan PC Copilot+ Microsoft

Ardi Nugraha

Peluncuran ini menandai langkah signifikan Google dalam bersaing dengan PC Copilot+ besutan Microsoft.

Chromebook Plus | foto: @google
Google mengumumkan peluncuran Chromebook Plus, lini terbaru laptop Chromebook yang diperkuat dengan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI), Rabu (29/5/2024).

Peluncuran ini menandai langkah signifikan Google dalam bersaing dengan Microsoft, yang sebelumnya telah memperkenalkan fitur AI serupa PC Copilot+.

Chromebook Plus ini diharapkan akan menjadi pintu masuk dalam pasar laptop yang terus berkembang, dengan menawarkan kemampuan AI canggih yang diintegrasikan langsung ke dalam sistem operasinya yang sesuai kebutuhan untuk konten kreator dan pendidikan.

Wakil Presiden, ChromeOS & Pendidikan Google, Bryan Lee menjelaskan tahun lalu, Google memperkenalkan Chromebook Plus , kelas baru laptop canggih yang cocok untuk guru dan staf pendidikan. Dengan kinerja, tampilan, memori, dan penyimpanan 2 kali lebih baik serta opsi untuk layar sentuh dan stylus yang dapat dikonversi, semuanya menjadikan papan tulis nirkabel dan pengajaran di mana pun di kelas menjadi lebih mudah dan mudah diakses, mulai dari $350.
"Hari ini, kami mengumumkan rangkaian komputer Chromebook Plus berikutnya dari Acer dengan fitur-fitur baru yang didukung oleh Google AI untuk membantu para pendidik dan pemimpin pendidikan," ungkap Lee dalam keterangan resminya di laman Google dikutip, Rabu (29/5/2024).
Lee juga merincikan banyak fitur Chromebook yang sudah digunakan dan didukung oleh Google AI, termasuk alat aksesibilitas seperti teks langsung dan mode membaca, alat pembuatan konten seperti Screencast dengan kemampuan pengeditan video berbasis teks baru, dan fitur keberlanjutan seperti pengisian daya baterai adaptif. 

"Dengan Chromebook Plus, kami memperkenalkan kemampuan AI generatif baru yang canggih untuk membantu menghemat waktu pendidik, staf, dan admin serta menjadi lebih produktif. Saat ini, jumlah guru sangat terbatas, dan kami tahu Anda membutuhkan semua waktu untuk berinvestasi pada diri mereka sendiri dan siswa Anda, untuk fokus pada bidang akademis dan kesejahteraan. Fitur baru kami siap membantu," ungkapnya.

Beberapa fitur unggulan yang dirangkum dari laman blog.google, di antaranya: 

Bantu saya menulis untuk Chromebook Plus memudahkan untuk menulis umpan balik pada pekerjaan siswa atau mengirim kabar terbaru kepada orang tua. Klik kanan pada kotak teks mana pun dan Bantu saya menulis dapat menyarankan judul pelajaran yang cerdas, menyingkat atau membuat emoji teks Anda, atau bahkan mengubah nada teks Anda menjadi lebih formal.

Integrasi Google Task dan Kalender membantu Anda memeriksa dan memperbarui daftar tugas langsung dari desktop Chromebook Anda. Siswa juga memiliki integrasi sendiri dengan Google Kelas untuk membantu mereka melacak tugas dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Alat video baru untuk Chromebook Plus memungkinkan Anda menyesuaikan latar belakang rapat dengan buram atau ke mana pun imajinasi dan AI generatif akan membawa Anda pada hari-hari pembelajaran jarak jauh, setelah rapat sekolah, dan konferensi orang tua-guru. Terlalu banyak kebisingan latar belakang selama rapat Anda? Kami juga membantu Anda di sana. Alat peredam kebisingan bawaan kami yang baru dapat membantu suara Anda menonjol.

Alat pembuatan konten seperti pembuat GIF dan Screencast hadir untuk membantu pembuatan konten. Dengan alat tangkapan layar bawaan, Anda dapat memilih untuk secara otomatis menyimpan rekaman layar dalam format GIF untuk membuat demo buatan sendiri atau GIF reaksi. Dan dengan Screencast, guru dapat merekam, mengedit, dan membagikan video pelajaran dengan mudah, lalu menetapkan tautan di Kelas dengan salin dan tempel dengan cepat.

Gemini untuk Google Workspace, Baru-baru ini kami mengumumkan bahwa kami akan menghadirkan Gemini ke Google Workspace for Education . Dengan alat ini, para pemimpin pendidikan bisa mendapatkan fitur AI generatif yang lebih menakjubkan yang disertakan dalam Google Workspace for Education untuk membantu perencanaan pembelajaran, pembuatan konten, dan banyak lagi.

Namun, fitur-fitur ini dan fitur lainnya akan diluncurkan, bersama dengan kontrol admin untuk semua fitur AI generatif, dalam beberapa bulan mendatang.

Bersaing dengan PC Copilot+ Microsoft.

Sebelumnya, Microsoft memperkenalkan produk dan fitur kategori baru PC Windows yang dirancang untuk AI, PC Copilot+. pada acara khusus yang diselenggarakan di kampus baru Microsoft, Senin (21/5/2024) waktu setempat.

Merujuk dari laman resmi Newsroom Microsoft, merincikan PC Copilot+ adalah PC Windows tercepat dan tercerdas yang pernah dibuat. 

Dengan silikon baru berkemampuan 40+ TOPS (trillion operations per second), baterai yang tahan sepanjang hari, dan akses ke model AI paling canggih, PC Copilot+ akan memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan di PC lainnya. 

"Temukan dan ingat dengan mudah apa yang telah Anda lihat di PC Anda dengan Recall, buat dan sempurnakan gambar AI dalam sekejap langsung di perangkat menggunakan Cocreator, dan jembatani hambatan bahasa dengan Live Captions, menerjemahkan audio dari 40+ bahasa ke dalam bahasa Inggris," keterangan resmi di laman Newsroom Microsoft.

Lanjutnya, pengalaman ini menjadi nyata melalui serangkaian perangkat tipis, ringan dan indah dari Microsoft Surface dan mitra-mitra OEM.

"Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo dan Samsung, dengan pre-order dimulai hari ini dan ketersediaan mulai 18 Juni. Dimulai dari $999, PC Copilot+ menawarkan nilai yang luar biasa," terangnya

Sementara itu, Microsoft juga mejelaskan gelombang pertama PC Copilot+ ini hanyalah permulaan. Selama setahun terakhir, pihaknya telah melihat kecepatan inovasi AI yang luar biasa di cloud dengan Copilot yang memungkinkan untuk melakukan hal-hal yang dipikir mustahil. 
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks