Menaker: Saya meminta BLK Komunitas sebagai inkubator wirausaha

Hardi Muttaqin

Kemnaker tidak hanya bersinergi dan berkolaborasi di internal kementerian, tetapi juga dengan banyak pihak, mulai dari dunia usaha hingga akademisi.

Manaker, Ida Fauziyah foto bersama peserta BLK Komunitas | foto: @kemnaker
Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas. 

Dengan adanya BLK Komunitas diharapkan masyarakat memiliki ketrampilan yang mampu terserap oleh dunia usaha dan industri.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan terus mendorong BLK Komunitas untuk menjadi inkubator wirausaha. 

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan peran dan manfaat BLK Komunitas, serta sebagai bentuk sinergi pelatihan vokasi dan perluasan kesempatan kerja.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2013 tentang Pengembangan Inkubator Wirausaha, menyatakan bahwa inkubator wirausaha adalah suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan wirausaha.
"Saya meminta BLK Komunitas sebagai inkubator wirausaha menuju lembaga pelatihan yang kredibel, profesional, dan mandiri yang menjadi harapan kita bersama," kata Menaker saat membuka Rapat Koordinasi Inkubasi kewirausahaan bagi BLK Komunitas pada Senin (13/5/2024) di Surabaya, Jawa Timur.
Ia mengatakan bahwa dalam mewujudkan program tersebut, Kemnaker tidak hanya bersinergi dan berkolaborasi di internal kementerian, tetapi juga dengan banyak pihak, mulai dari dunia usaha hingga akademisi.

"Jadi kolaborasi yang kami lakukan tidak hanya internal, tetapi juga melibatkan pihak luar. Hal ini untuk memastikan agar hasil dan manfaat yang diperoleh dari program inkubator wirausaha dan juga program BLK Komunitas bisa maksimal," ucapnya.

Menaker berharap, dengan adanya program inkubator wirausaha, dan juga melalui seleksi inkubator yang dilakukan, BLK Komunitas bisa semakin mendukung perekonomian rakyat dengan mengembangkan kewirausahaan.

"Dengan begitu, BLK Komunitas akan ikut berperan dalam menekan angka pengangguran," harapnya.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks