Awas dibobol, pahami fungsi fitur Google Password Manager

Tamara

Pastikan data pribadi tetap aman.

cover
Salah satu aspek yang sering kali diabaikan adalah keamanan kata sandi. Banyak orang masih menggunakan kata sandi yang lemah atau menggunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun, sehingga meningkatkan risiko kebocoran data. 

Untungnya, Google Password Manager atau fitur Pengelola Sandi Google hadir sebagai solusi untuk membantu mengelola dan melindungi kata sandi dengan lebih baik.
"Periksa kekuatan dan keamanan sandi tersimpan Anda. Cari tahu apakah sandi telah dibobol, lalu dapatkan saran yang dipersonalisasi kapan pun Anda membutuhkannya," keterangan resmi di laman Google Password Manager, dikutip Minggu (9/10/2024).
Google Password Manager merupakan alat yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna mengelola kata sandi. Alat ini tidak hanya menyimpan kata sandi dengan aman, tetapi juga membantu pengguna dalam menciptakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun yang mereka miliki. 

Selain itu, Google Password Manager dapat memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai akun tanpa harus mengingat setiap kata sandi.

"Kelola sandi Anda yang tersimpan di Android atau Chrome. Sandi Anda disimpan dengan aman di Akun Google Anda dan tersedia di semua perangkat Anda," jelasnya.

Dengan fitur-fitur seperti penyimpanan yang aman, sinkronisasi antar perangkat, pembuatan kata sandi yang kuat, pemeriksaan keamanan, dan dukungan untuk autentikasi dua faktor, pengguna dapat memastikan bahwa data pribadi tetap aman.

"Keamanan kami selalu mencari adanya pelanggaran data. Jika kami menemukan sandi yang telah dibobol, kami akan memberi tahu Anda dan membantu Anda mengubahnya hanya dalam beberapa langkah," terangnya.

Untuk membantu melindungi akun, pengguna dapat menggunakan Pengelola Sandi Google untuk:
  • Menyarankan sandi yang unik dan kuat serta menyimpannya di Akun Google, untuk menghindari penyusupan beberapa akun dari satu sandi yang dicuri.
  • Memberi tahu pengguna tentang sandi yang telah dibobol. Jika seseorang memublikasikan sandi tersimpan di internet, Pengelola Sandi Google dapat membantu pengguna mengubah sandi yang telah dibobol.
  • Membantu memblokir akses yang tidak sah. Sandi pengguna disimpan dengan dukungan keamanan bawaan Google menggunakan enkripsi.
Untuk meningkatkan keamanan sandi tersimpan, pengguna dapat menambahkan info pemulihan dan mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks